01/07/2017

Cara mengatasi Low Space Memori Internal HP Android



Seiring waktu yang berjalan Penggunaan Ponsel Android akan semakin memakan ruang memori bila jarang diperhatikan, Bahkan walau anda mempunyai ponsel dengan space memori besar 16GB atau mungkin 32GB tetap saja bisa kehabisan ruang memori Internal karena banyaknya file, cache memori serta beberapa file temporary yang sudah sekian waktu bercokol di ponsel kesayangan anda.

Cara mengatasi Low Space Memori Internal HP Android

Apalagi sekarang sudah jamannya aplikasi berkapasitas Besar, belum lagi berbagai aksi selfie dan rekaman video ketika mengadakan suatu acara maupun liburan tentunya bisa mempercepat habisnya ruang memori Internal.

Walaupun ada Slot tambahan berupa tempat untuk menambah memori eksternal seperti MicroSD namun sudah jarang sekali pemilik smartphone high-end yang sudah dibekali memori internal sebesar 16GB keatas memasang yang namanya external memory.

Efek Memori internal Penuh

Di bawah ini ada beberapa efek yang bisa dirasakan ketika internal memori ponsel android sudah penuh diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ponsel Lemot

Bila anda merasakan sistem di ponsel android jalannya sudah tidak responsif dan cenderung lemot cobalah melihat space internal memory apakah tinggal tersisa beberapa MB ataukah masih banyak, Bila Low Space silahkan legakan kembali internal memory

2. Aplikasi Macet

Baca : Mengatasi Game tiba-tiba berhenti ketika dijalankan

Selain bikin ponsel Lemot, kehabisan memori internal juga bisa membikin aplikasi yang berjalan macet ketika dijalankan karena ada file cache atau temporary file yang dibutuhkan aplikasi tidak bisa ditulis sehingga tidak dapat menjalankan aplikasi dengan sempurna

3. Boros Baterai



Mungkin anda mengira apa ada hubungannya memori dengan daya baterai?, pastinya ada, ketika space memory internal low berarti ada banyak file yang harus diindex secara terus menerus oleh sistem selama HP aktif sehingga kinerja Prosesor maupun RAM akan meningkat dan berefek pada asupan daya baterai

4. Gagal Update Aplikasi

Pernahkah anda mengalami kegagalan update atau mengunduh aplikasi dari playstore dengan meunculnya popup peringatan kegagalan?, itu salah satunya disebabkan memori internal kurang memadai untuk melakukan update atau unduhan

5. Ponsel cepat panas

Sama halnya dengan nomor 3 diatas, selain memboroskan daya baterai, kekurangan ruang memori juga menyebabkan HP panas disebabkan kinerja RAM dan Prosesor yang tinggi untuk melakukan index seluruh file sistem yang ada.

Cara Mengatasi Internal Memory Android Penuh


Nah, bagi anda pengguna smartphone android yang kehabisan ruang penyimpanan internal sehingga masih menyisakan beberapa MB saja, simak beberapa tips di bawah ini untuk melegakan kembali ruang memori yang ada.

1. Hapus Aplikasi



Silahkan Hapus beberapa aplikasi yang tidak anda gunakan atau minimal jarang sekali anda memanfaatkan aplikasi tersebut, toh nantinya ketika anda ingin menjalankan aplikasi tersebut tinggal mengunduh dan menjalankannya kembali.

Jadi, lebih baik uninstall saja aplikasi usang tidak terpakai untuk melegakan ruang penyimpanan internal.

2. Pindah Data

Opsi yang paling tepat menurut pendapat admin untuk membuat memori internal lega adalah memindah data yang ada ke perangkat penyimpanan lain seperti PC, Laptop, Flashdrive dan lain sebagainya.

Pindah data yang mempunyai ukuran file besar seperti File Video, Foto beresolusi tinggi, atau bahkan foto yang sudah beberapa bulan tersimpan di ponsel juga disarankan untuk segera dipindah daripada membikin penuh ruang penyimpanan

3. Hapus Cache Aplikasi

hapus cache aplikasi

Menghapus cache aplikasi tidak sama dengan menghapus Data aplikasi, dimana kalau anda menghapus data maka seluruh settingan aplikasi dan data login di aplikasi akan terhapus, namun bila hanya menghapus cache maka file-file yang tidak digunakan atau sampah yang akan terhapus.

Jadi menghapus file cache tidak membahayakan aplikasi malah akan membuat space memori ponsel anda lega kembali.

4. Fungsikan Cloud Storage


cloud storage aplikasi

Baca : Apa itu cache data dan apa pengaruhnya bila menghapusnya?

Dengan memanfaatkan penyimpanan awan atau cloud storage anda bisa memindah data dari ponsel tanpa memiliki bentuk fisik penyimpanan data. Beberapa cloud storage yang sudah terkenal bisa digunakan untuk melakukan backup maupun penyimpanan file secara online seperti Google drive, MiCloud dan lain sebagainya.

5. Pindah aplikasi ke Eksternal Memory


Cara yang juga tergolong mudah untuk melegakan memori internal adalah memindahkan aplikasi ke eksternal memory. Namun ada beberapa aplikasi tertentu dan juga bawaan ponsel yang tidak bisa dipindah, bisa saja untuk dipindah semua namun harus dilakukan rooting terlebih dahulu.


Emoticon Emoticon