29/07/2017

Cara Mengatur Facebook Lite agar Lebih Hemat Data Internet

Bagi pengguna Aplikasi Facebook tentunya sudah tidak asing lagi dengan Nama Facebook Lite, Yang mana di dalam aplikasi Bertipe Lite ini hanya membutuhkan ruang instalasi sebesar 1MB dan penggunaan sedikit Data Internet ketika dijalankan. Untuk sesi kali ini Admin detikInfo akan membahas tentang cara agar lebih menghemat data di Facebook Lite, Lho kok agar lebih hemat? kan sudah hemat data itu FB Lite?, Maklum banyak teman kita yang memang inginnya selalu irit dalam hal kuota..hehe, makanya simak yuk tipsnya.

Cara Mengatur Facebook Lite agar Lebih Hemat Data Internet

Seperti diketahui bahwa ada dua versi aplikasi facebook resmi dari pengembangnya yang bisa dipilih di Play store yaitu FB versi standar dan FB versi Lite. Untuk menggunakan semua fitur FB secara maksimal tentunya pilihan umum facebook standart yang direkomendasikan untuk digunakan, namun versi Lite juga tidak mengurangi beberapa fitur penting yang biasa digunakan penggunanya.

Mengapa disebut versi Lite?, dalam bahasa software umumnya penamaan Lite diartiken sebagai aplikasi yang paling ringan daripada versi standarnya tanpa mengurangi fitur-fitur Pokok yang ada di sebuah software atau aplikasi.

Namun begitu, yang namanya Lite dan berukuran file kecil tentunya akan ada beberapa fitur lain yang tidak ditemukan layaknya di versi Facebook standar. Namun pihak pengembang pasti sudah melakukan riset publik dan pengguna tentnag fitur dan menu apa saja yang bisa dihilangkan tanpa mengurangi 'rasa' aplikasi itu sendiri.

Nah, Bagi anda yang sudah menginstall aplikasi FB Lite mungkin sudah merasakan dampaknya terhadap kuota data Internet, dimana dengan versi Lite akan semakin sedikit data internet yang tersedot daripada FB standarnya.



Tips irit Data Internet Facebook Lite


Namun bagi sobat semua yang memang serba ingin irit dan super hemat kuota Internet walau sudah menggunakan aplikasi FB Lite admin akan memberikan tipsnya, silahkan disimak.

1. Silahkan masuk ke aplikasi FB Lite dari ponsel android sobat

2. Kemudian masuk ke opsi Menu, letaknya di pojok kanan atas, lalu pilih Opsi 'Pengaturan' yang ada icon roda gigi

pengaturan penghematan data internet fb

3. Disini kita akan melakukan penghematan data dengan mereduksi kualitas gambar di facebook dan juga mengatur opsi Pemberitahuan Otomatis, Pertama masuk ke Opsi 'Kualitas gambar'

4. Silahkan pilih kualitas image dengan ukuran pixel 'rendah' agar nantinya data internet yang tersedot semakin hemat, walaupun dengan kualitas gambar yang rendah tapi admin yakin masih bisa tampil dengan bagus di FB lite.

mengatur kualitas foto dan notifikasi FB lite

5. Langkah kedua masuk ke opsi 'pemberitahuan otomatis', di opsi ini anda bisa mensetting pilihan notifikasi mana saja yang akan tampil di layar, seperti Pemberitahuan kiriman kronologi, Pesan, Komentar, notifikasi permintaan pertemanan dan lain sebagainya.

Perlu diketahui bahwa semua notifikasi yang tampil di layar juga membutuhkan data internet untuk sampai ke ponsel, jadi untuk lebih menghemat data silahkan nonaktifkan beberapa opsi yang memang jarang anda manfaatkan dari fitur pemberitahuan tersebut.

Sekian dulu sesi tutorial tentang cara menghemat data dari facebook versi Lite, semoga bermanfaat dan untuk pertanyaan silahkan layangkan komentar di kolom bawah artikel ini, terima kasih.


Emoticon Emoticon