10/07/2017

Cara merubah resolusi Layar Youtube agar streaming lancar



Youtube saat ini masih menduduki rating pertama untuk penyedia konten video gratis di Dunia, Namun banyak diantara penggunanya yang tidak bisa menikmati konten video tersebut dengan lancar, Bukan karena server youtube yang buruk namun ada beberapa sebab dari perangkat smartphone maupun PC yang digunakan.

cara merubah resolusi layar yooutube

Kali ini admin DetikInfo akan memberikan tips khusus bagi pengguna HP Android agar lancar dalam menonton konten video yang ada di Youtube. Dan untuk lebih fokusnya, admin akan memberikan tips bagaimana cara merubah resousi video dari konten yang kita tonton, tentunya tujuan utamanya agar proses menonton youtube tidak macet-macet.

Mengapa admin memfokuskan pada pembahasan mengubah resolusi layar video di youtube?, karena pada proses defaultnya bila pengguna masih belum pernah melakukan pengaturan resolusi video di layar smartphone akan menampilkan opsi resolusi otomatis yang berarti ketika setiap membuka konten yang ada selalu tergantung pada kualitas video yang diunggah oleh channel pemilik video.

Sebelum membahas tentang cara merubah opsi resolusi layar video youtube, ada beberapa sebab yang bisa menjadikan konten yang kita tonton menjadi tersendat atau sering terjadi buffering sehingga proses menonton jadi tidak lancar dan harus menunggu proses loading data.

1. Tangkapan sinyal

Kuat lemahnya sinyal smartphone juga mempengaruhi kualitas transfer data internet sehingga menyebabkan proses upload dan download data dari server youtube tidak lancar.

Silahkan cek dahulu seberapa kuat sinyal di layar, walaupun anda berada di jaringan 3G ataupun 4G namun bila signal posel jelek maka transfer rate data internet tidak akan bisa stabil dan maksimal.

2. Banyak aplikasi Terbuka

Banyaknya aplikasi Sosial media yang belum tertutup sempurna bisa menyebabkan asupan data internet terbagi ketika menonton video di Youtube.

Silahkan cek dan tutup aplikasi yang berjalan sebelum menonton konten yang ada di youtube agar seluruh bandwidth internet tercurah untuk koneksi youtube dan tidak terbagi dengan aplikasi yang lainnya.

3. Resolusi Tinggi

Bila anda merasa menonton youtube sering buffering alias tersendat-sendat cobalah untuk menurunkan kualitas resolusi video agar data yang dibutuhkan untuk mengunduh dari server youtube lebih sedikit dan lancar.

Nah, di bawah ini ada tips mudah untuk mengubah kualitas resolusi video di youtube agar proses menonton film jadi lancar dan tidak tersendat-sendat.

1. Buka aplikasi youtube di smartphone android sobat

cara merubah resolusi layar youtube

2. Kemudian silahkan buka salah satu video favorit anda

3. Setelah terbuka, pause dahulu videonya dan sentuh opsi pada pojok layar (icon titik tiga)

4. Selanjutnya klik ikon gerigi atau tulisan Kualitas (Quality)

5. Pilih resolusi yang anda inginkan, bila ingin cepat mengakses video tanpa buffering yang lama silahkan pilih nilai resolusi yang paling rendah

Nah, dengan cara mengubah Quality di layar youtube nantinya konten video yang anda tonton semakin lancar tanpa adanya buffering yang terlalu lama, bahkkan dengan merendahkan resolusi layar akan membuat konten video terbuka lebih cepat tanpa loading yang terlalu lama.


Emoticon Emoticon