20/07/2017

Cara Ubah sandi WiFi dan SSID Router Tenda dari HP Android

Mungkin saja sobat Pembaca mempunyai Router WiFi di Rumah sebagai Hotspot pribadi namun tidak bisa merubah password WiFi miliknya?, Hal tersebut biasa dialami oleh beberapa pengguna layanan Internet dari ISP atau penyedia jaringan Internet tanpa menanyakan dahulu bagaimana cara mengubah sandinya, tahu-tahu sandi WiFi yang diminta sudah jadi dan ketika suatu saat ingin menggantinya malah bingung bagaimana cara melakukannya.

cara ubah password wifi router tenda dari HP Android

Banyaknya produk router saat ini sebenarnya semakin mudah dalam penggunaannya, Sebut saja produk TP-Link, D-Link, Netis, Tnda dan lain sebagainya bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko penjual perangkat komputer dan jaringan Internet. Namun dibalik kemudahan cara setting dan penggunaannya masih banyak yang awam dengan perangkat yang biasa difungsikan sebagai Hotspot Rumahan ini dan salah satunya yang ingin admin bahas kali ini adalah merek Router Tenda.

Dalam pembahasan kali ini admin akan mengulas cara mengganti Security Wireless atau password WiFi dari router bermerek Tenda, yang mana penggantian password atau kata sandi WiFi secara berkala memang diperlukan untuk menjamin tidak adanya penyusup jaringan atau pengguna ayng tidak kita inginkan ada di jaringan WiFi milik pribadi.

Penggantian password WiFi umum dilakukan di beberapa tempat penyedia koneksi WiFi gratisan, bisa tiap beberapa hari sekali diganti, setiap minggu atau sekehendak si empunya jaringan. Dengan jarang atau bahkan tidak pernah mengganti password WiFi di router miliknya tentunya akan beresiko dimasuki oleh pengguna lain tanpa sepengetahuan kita dan hal tersebut bisa mempengaruhi bandwidth dan kecepatan data internet, bahkan bisa berpotensi rawan celah keamanan jaringan bisa diotak-atik oleh si penyusup dan bisa pula dengan mudah mengambil data pribadi via jaringan.


Cara mengganti Password WiFi Router


Mari simak cara mengubah sandi WiFi dari router bermerek Tenda yang kita akses melalui smartphone android di bawah ini:

1. Buka Ponsel android dan pastikan anda sudah terhubung ke jaringan WiFi milik anda, Di dalam pembahasan ini menggunakan router WiFi menggunakan merek Tenda

2. Setelah WiFi terhubung silahkan buka aplikasi Browser, terserah peramban apa yang ada, bisa melalui Chrome, FireFox, Opera atau browser bawaan android juga bisa

cara ganti sandi wifi router dari android

3. Masukkan IP Address router Tenda yaitu 192.168.0.1 Kemudian masuk, Notes: admin mengasumsikan IP address dari perangkat router belum diubah sama sekali, jadi nilai defaulet alamat IP-nya seperti yang admin sebutkan. Bila tidak bisa masuk ke alamat IP terrsebut maka hubungi siapa yang pernah melakukan setting router itu sebelumnya dan minta alamat IP serta sandi routernya.

Catatan: sandi router tidak sama dengan sandi Wifi walau dalam satu perangkat.

4. Setelah masuk ke halaman login router Tenda, masukkan Nama pengguna : admin, dan password : admin (huruf kecil) lalu tekan tombol oke





5. Bila password dan username betul maka akan tampil halaman utama router, lihat pada bagian wireless security setup ada kotak inputan sandi, silahkan ganti password WiFi sesuai selera anda dan tekan tombol Oke

6. Ada juga cara lain yaitu masuk dahulu ke opsi 'advanced' (tulisan warna merah) yang masih dari halaman yang sama, Kemudian masuk ke Tab Wireless dan menu Wireless security, nah disitu pula anda bisa mengganti password WiFi router Tenda milik anda.

cara mengganti kata sandi Wifi router dari android

Cara Mengganti Nama WiFi atau SSID router Tenda


SSID merupakan nama yang biasa muncul sebagai identitas dari Jaringan Hotspot yang dipancarkan dari router, dimana nama tersebut biasanya bisa di-search oleh perangkat seperti Laptop, PC, maupun smartphone.

Nah untuk mengganti nama jaringan WiFi dari router bermerek Tenda dari HP Android sebenarnya cukup mudah yaitu dari halaman yang sama disaat anda mengganti password diatas, ada opsi 'wireless basic setting' silahkan isi dan ganti nama di kolom 'primary SSID' dengan nama WiFi hotspot yang anda inginkan kemudian tekan tombol Oke.

Dengan mengganti nama jaringan WiFi (SSID) maka seketika itu pula anda dan jaringan yang terhubung ke perangkat router akan terputus dan diharuskan mengakses ulang nama SSID dari menu WiFi perangkat yang ingin dihubungkan semisal Ponsel atau laptop, hal tersebut dikarenakan nama jaringan WiFi yang lama sudah tidak terpakai dan diputus seccara otomatis oleh router.

semoga ulasan singkat tentang tips mengubah password WiFi router bermerek Tenda dan mengganti SSID WiFi diatas bermanfaat untuk pembaca DetikInfo semua, terima kasih.


Emoticon Emoticon