03/08/2017

Cara Bayar BPJS Kesehatan melalui BNI SMS Banking

DetikInfo kali ini akan membahas tentang cara mudah melakukan pembayaran BPJS Kesehatan melalui SMS Banking BNI. Dimana saat ini kemudahan melakukan transaksi Elektronik Perbankan sudah mulai merambah ke berbagai aspek kehidupan seperti Pembayaran Asuransi, Pembayaran Zakat, Pembayaran Pinjaman, Pembelian Token Listrik PLN dan lain sebagainya.

Cara Bayar BPJS Kesehatan via BNI SMS Banking

Jika anda masuk ke dalam keanggotaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan maka bisa melakukan metode pembayaran melalui Loket-loket PPOB, Mesin ATM, Datang langsung ke Bank, Via SMS Banking, Mobile Banking maupun Internet Banking, yang mana semua kemudahan transaksi finansial pembayaran Asuransi BPJS bisa anda pilih mana yang menurut anda paling mudah dilakukan.

Walau sudah banyak sekali Nasabah Bank yang juga sebagai anggota BPJS namun jarang sekali melakukan pembayaran premi asuransinya melalui sistem Online seperti SMS Banking maupun via internet banking.

Banyak yang beranggapan walaupun sudah menjadi Nasabah Bank namun sulit sekali memanfaatkan fitur pembayaran melalui SMS, Padahal kebalikannya, dengan hanya menggunakan sebuah Ponsel maka anda tidak perlu lagi untuk berjalan ke kios atau loket PPOB hanya karena ingin membayar asuransi BPJS, Cukup mengetik beberapa perintah dan pembayaran akan diproses dalam hitungan detik.

Baca : Syarat Pendaftaran BPJS Kesehatan Terbaru 2017

Cara membayar BPJS dengan BNI SMS Banking


Bagi anda Nasabah Bank BNI yang sudah menjadi keanggotaan BPJS Kesehatan dan ingin sekali setiap saat melakukan pembayaran asuransi kesehatan hanya dengan berbekal Ponsel ditangan, maka simak caranya di bawah ini.

Melalui Menu SMS

format sms banking BNI baar BPJS

1. Pertama kali tentunya Nomor ponsel yang anda gunakan harus sudah terdaftar dan teregistrasi oleh pihak Bank BNI. Bila belum pernah sama sekali melakukan yang namanya SMS Banking silahkan datang dahulu ke kantor Bank BNI ddan mintalah untuk mengaktifkan nomor kartu selular anda agar nantinya bisa digunakan untuk SMS Banking di kemudian hari.

2. Sesudah yakin Nomor bisa untuk melakukan proses SMS Banking maka untuk melakukan pembayaran BPJS sangatlah mudah, Silahkan masuk ke menu SMS, Format penulisannya adalah : PAY(spasi)BPJSKES(spasi)NomorID BPJS(spasi)Jumlah Bulan Pembayaran

Contoh : Bila anda ingin melakukan pembayaran BPJS untuk satu bulan dan Nomor ID yang tertera di kartu adalah 0001234567890 maka formatnya menjadi > PAY BPJSKES 8888801234567890 1

Catatan : Bila anda lihat nomor Kartu BPJS diatas depannya dirubah menjadi 5 angka 8, mengapa demikian?, Karena memang untuk format pembayaran via Online Bank BNI seperti di ATM, Internet Banking maupun SMS Banking Dua angka Nol (0) paling depan sendiri dirubah menjadi angka 8 berjumlah 5 Digit.



Untuk Nasabah Bank mandiri juga demikian, Dua angka paling depan diganti dengan angka delapan berjumlah 5 digit.

3. Sesudah mengetik dengan format diatas maka kirim ke nomor SMS Banking BNI yaitu 3346 lalu kirim

4. Akan ada notifikasi bahwa SMS tersebut berbayar, klik saja tombol Oke, karena memang untuk melakukan transaksi SMS bangking dikenai biaya per SMS senilai Rp 500

5. Tunggu sampai ada balasan di ponsel dai pihak Bank berupa keterangan detail Atas nama siapa Nomor kartu tersebut, Jumlah total pembayaran beserta jumlah peserta yang ada, Lalu anda akan dituntun untuk mengetikkan 2 PIN BNI anda sesuai yang diperintahkan di layar (lihat contoh gambar)

6. Sesudah memasukkan 2 PIN yang diperintahkan maka kirim kembali (reply) SMS ke Nomor tersebut (3346) dan tunggu sampai ada balasan transaksi sukses tidaknya.

7. Bila transaksi pembayaran BPJS sukses maka di layar ponsel akan ada detail pembayaran dan nomor referensi transaksi.

Bila anda sering lupa dengan beberapa kode dan format dari SMS maka install saja aplikasi SMS Banking BNI di ponsel android. Dengan menggunakan aplikasi tersebut nantinya tampilan dan pencarian apa yang mau anda transaksikan akan mudah dilakukan.

Melalui APLIKASI Android

Bagaimana cara menggunakan aplikasi SMS Banking BNI untuk melakukan pembayaran premi BPJS kesehatan?, simak caranya di bawah ini:

bayar BPJS melalui aplikasi bni SMS BANKING

1. Install aplikasi SMS banking BNI di ponsel android, bisa anda dapatkan melalui playstore

2. Setelah terinstall silahkan jalankan aplikasinya dan pilih menu 'Pembayaran'

3. Kemudian pilih lagi opsi 'Asuransi'

4. Setelah itu masukkan kode peserta dengan mengubah 2 digit nomor depan dengan angka 88888 (delapan 5 kali)

5. Masukkan pula jumlah Bulan yang ingin dibayar, kalau anda selalu rutin membayar tiap bulannya maka biarkan saja angkanya tetap 1, lalu klik tombol Proses.

6. Nantinya di layar android akan ada pemberitahuan pengalihan ke aplikasi perpesanan, klik saja ok dan tampilan di layar akan menuju format si menu SMS perses seperti format penulisan yang admin jelaskan diatas.

Intinya aplikasi SMS Banking untuk android bisa digunakan untuk anda yang suka lupa akan format transaksi perbankan.

Nah, cukup sekian dulu tutorial tentang cara melakukan pembayaran asuransi kesehatan BPJS melalui BNI SMS banking, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon