04/08/2017

Cara Ganti Password dan SSID WiFi router Netis dari HP Android

Setelah sebelumnya admin Detikinfo pernah membahas tentang cara mengganti Password dan SSID WiFi Router merek Tenda, Untuk saat ini admin kembali membahas hal serupa namun dengan merek Router WiFi NETIS.

Cara Ganti Password dan SSID WiFi router Netis dari HP Android

Penggunaan router sebagai jaringan Pusat Hotspot rumahan memang menjadi hal yang sudah lumrah dilakukan, dimana dengan sebuah router WiFi maka seluruh isi rumah bisa mendapat manfaat akses Jaringan data Internet.

Dengan sebuah router WiFi pula anda sudah membangun sebuah access point atau bahasa kerennya Hotspot dengan nama SSID yang anda kehendaki beserta kode keamanan yang tidak semua orang bisa mengaksesnya.

Keamanan sebuah jaringan Hotspot memang wajib dilakukan dengan memasang password WiFi yang tidak mudah ditebak orang lain yang ingin numpang gratis di jaringan WiFi.

Ketika jaringan Hotspot dari sebuah router milik anda signalnya sudah mampu menjangkau sampai keluar rumah maka seyogyanya selalu rutin untuk mengganti kata sandi Hotspot sesering mungkin, bisa setiap 3 hari sekali atau seminggu sekali.

Penggantian password hotspot di router rumahan secara berkala ditujukan untuk menjaga kualitas jaringan, jangan sampai ada orang lain yang tidak kita beri ijin menumpang begitu saja memanfaatkan Internet gratisan yang nantinya akan membebani bandwidth serta kecepatan jaringan internet anda.

Begitu pula dengan Nama jaringan atau yang lebih keren disebut SSID, Anda bisa juga menggantinya suatu saat agar tidak dikenali orang lain, atau mungkin anda mempunyai brand tertentu seperti nama hotspot didasarkan nama toko, nama depan anda atau lain sebagainya bisa tidak mengubahnya sama sekali dan hanya mengganti kata sandinya saja.

Semua Produk Router WiFi pasti ada pengaturan keamanan Wireless di dalamnya, tidak terkecuali yang akan admin bahas kali ini yaitu router dengan merek NETIS.

Seperti di router merek tenda, Netis juga mudah dalam melakukan penggantian Password serta nama Hotspot/SSID tanpa masuk lebih dalam ke dalam tab-tab yang banyak membingungkan pemula perihal settingan router.

Saya yakin pembaca semua yang mempunyai Router merek Netis bisa dengan mudah melakukan penggantian passowrd WiFi sekaligus mengganti nama SSID jaringan dengan ponsel android sekalipun.



Cara mengganti SSID dan Password WiFi Netis


Nah, dibawah ini adalah cara mudah mengganti nama hotspot dan kata sandi WiFi Hotspot dari Router merek NETIS dengan menggunakan ponsel android, silahkan disimak.

1. Siapkan Ponsel android dan juga pastikan anda sudah terhubung ke jaringan internet dari router milik anda

2. Silahkan buka Browser, bisa menggunakan peramban bawaan android atau bisa juga menggunakan aplikasi browser lain seperti Chrome, Firefox, Opera, Safari atau lainnya terserah yang anda suka

3. Di address bar silahkan ketik alamat IP Router default Netis yaitu : 192.168.1.13 atau bisa juga dengan menuliskan : netis.cc kemudian tekan enter

mengubah sandi dan SSID router netis

catatan: bila anda tidak bisa mengakses alamat tersebut maka coba diingat-ingat apakah alamat IP sudah diganti sebelumnya?

4. Sesudah bisa masuk ke halaman muka Netis anda akan mendapati di bagian bawah ada pengaturan 'Wireless setup'

5. Silahkan ganti kata sandi menurut kehendak anda, bisa juga mengganti nama SSID-nya juga (lihat contoh gambar), kemudian klik tombol save

6. Setelah itu jaringan di ponsel anda akan terputus dari Router karena perubahan yang telah terjadi, silahkan anda masuk kembali ke jaringan hotspot Netis dengan settingan password atau SSID yang baru saja anda ganti.

Mudah banget kan cara mengganti password sserta nama jaringan Hotspot di router merek Netis?, semoga bermanfaat, bila ada pertanyaan silahkan corat-coret di kolom komentar di bawah postingan ini, terima kasih.


Emoticon Emoticon