05/08/2017

Cara Membuat Antivirus Avast di USB Flashdisk

Membuat Antivirus di media Flashdisk mugkin jarang sekali terfikirkan oleh sebagian pengguna perangkat PC atau Laptop, Mereka seringkali menyerahkan urusan keamanan sistem Komputer dari serangan Virus atau Malware hanya mengandalkan antivirus yang terpasang di Drive default sistem Operasi Windows.

Cara Membuat Antivirus Avast di USB Flashdisk

Ketika ada ancaman Virus di Komputer dan ternyata database Antivirus tidak dapat mendeteksi dan lolos, yang akhirnya membuat masalah tersendiri dengan bersarangnya virus di PC tanpa bisa dikendalikan maka sebagian besar orang memilih untuk melakukan install ulang sistem Windows miliknya.

Padahal bila anda lebih teliti untuk masuk ke dalam setiap menu yang ada di sebuah antivirus, yang dalam hal ini kita bahas AVAST, ada tool yang saya yakin jarang sekali dimanfaatkan oleh pengguna komputer bersistem operasi Windows.

Tool di Antivirus avast yang bernama 'Recue Disk' itulah yang bisa menjadi penyelamat sistem PC ketika antivirus yang terinstall terbobol oleh malware atau virus.

Recue Disk di avast berfungsi untuk berjaga-jaga agar suatu saat ketika siste di PC sudah terserang virus, entah karena penggunanya ceroboh menonaktifkan salah satu fitur keamanan atau memang ada virus jenis baru yang mampu menembus pertahanan database Antivirus tentunya akan membuat runyam masalah.

Ketika Windows dengan sebuah antivirus terpasang dan nyatanya sudah tidak mempan membendung serangan Virus tertentu maka untuk menyelamatkan sistem dan menghilangkan malware tersebut dari PC bisa dengan menjalankan Rescue Disk.

Di program antivirus AVAST, Tool Rescue disk memungkinkan penggunanya tidak hanya menjalankan pemindaian virus melalui Media CD namun juga bisa dengan menggunakan USB Flashdisk.

Dengan membuat antivirus yang bisa dijalankan melalui sebuah flashdisk dan dapat dijalankan dalam mode Booting maka pemindaian Virus akan lebih Optimal dibanding Melakukan scan Virus dari dalam sistem yang sudah berjalan.

Kelebihan menggunakan Rescue Disk Avast Antivirus

Ada beberapa kelebihan yang bisa bermanfaat bagi pemilik komputer dengan sistem Windows didalamnya, yaitu :




1. Dijalankan melalui proses booting, maksudnya adalah ketika PC sudah terserang virus dan misalnya anda tidak bisa mengakses beberapa program tak terkecuali antivirus avast itu sendiri maka langkah paling tepat adalah melakukan scan Malware di awal proses Booting

Dimana ketika proses booting tersebut berjalan dan belum masuk ke sistem Windows nantinya antivirus akan bisa berjalan dan melakukan pembasmian virus sampai ke root sekalipun.

Sebagian besar virus yang tidak mudah diberantas dalam kondisi windows sudah menyala adalah virus jenis rootkit, bisa diberantas dengan sempurna sebelum windows berjalan.

2. Lebih sempurna memberantas setiap Virus yang menyerang di Komputer sampai keakarnya yang tidak dapat dilakukan Antivirus ketika scanning saat sistem berjalan

3. Anda bisa menggunakan antivirus dari rescue disk tersebut ketika memang diperlukan dan tidak membebani sistem karena proses pemindaian dan penghapusan virus berlangsung ketika proses booting

4. Rescue disk tidak perlu diinstall di PC, jadi lebih aman tidak terkontaminasi virus yang berjalan tidak terdeteksi sekalipun. Syaratnya, ketika anda nantinya menggunakan media Flashdisk sebagai rescue disk antivirus maka jangan pernah menggunakan Flashdisk tersebut di PC manapun yang akan menyebabkan Flashdisk terinfeksi sebelum digunakan.

Cara membuat Rescue Disk Antivirus Avast


Nah, saatnya pada inti pembahasan yaitu cara membuat disk pertolongan yang berisikan program antivirus. Dimana dalam tips ini nantinya kita menggunakan flashdisk sebagai media penyimpanannya, yuk disimak.

1. Siapkan Flashdisk minimal ukuran 1 GB dan tancapkan ke PC, dan silahkan buka program antivirus AVAST di PC anda

2. Admin anggap program Antivirus avast anda berbahasa Indonesia, silahkan ganti bahasa Antarmuka Antivirus yang sebelumnya inggris ke Indonesia agar mudah memahami triknya ( tidak juga tidak mengapa..hehe). Setelah terbuka, silahkan masuk ke Tab Perlindungan kemudian Pilih Opsi Rescue Disk

tips membuat flashdisk rescue antivirus

3. Nantinya akan ada 2 Opsi yaitu membuat disk pertolongan melalui media CD ataukah dengan menggunakan USB Media seperti Flashdisk, Memori card ataupun Hardisk eksternal.

4. Silahkan pilih opsi Disk USB, lalu pilih drive FD milik anda

proses pembuatan flashdisk antivirus

5. Akan ada notifikasi bahwa nantinya semua data di flshdisk akan tehapus dan hilang, silahkan klik saja tombol 'Ya, setuju'.

6. Tunggu sampai proses selesai dan Flshdisk sudah siap anda simpan dan gunakan sewaktu-waktu dalam keadaan darurat PC terkena Virus yang membandel

Untuk menjalankan proses pemindaian dan penghapusan virus melalui Flashdisk rescue antivirus Avast mudah sekali, anda tinggal melakukan booting dari flashdisk dengan terlebih dahulu mensetting boot utama di PC diarahkan ke media USB.

Semoga tips singkat tentang cara membuat rescue disk antivirus Avast di media flashdisk diatas bermanfaat.


Emoticon Emoticon