27/09/2017

Cara mengatasi 'Sayangnya, Layanan Google Play Store Telah Berhenti'

DetikInfo.com - Tips mengatasi Play Store Error keluar tulisan 'Sayangnya, Layanan Google Play Store Telah Berhenti' di HP Android. Market Aplikasi milik google ini memang tidak terlepas dari smartphone android, bisa dipastikan semua HP android sudah terinstall Play store di dalamnya, kecuali untuk smartphone yang beredar di daratan China, Karena di China sudah ada semacam pengecualian untuk tidak menggunakan produk google dalam setiap produksi smartphone yang beredar di Negaranya serta menggunakan aplikasi Buatan Negeri sendiri dengan dalih ingin lepas dari monopoli market google selama ini.

Cara mengatasi 'Sayangnya, Layanan Google Play Store Telah Berhenti'

Terlepas dari itu semua, Pengguna smartphone android yang sudah secara default diharuskan menggunakan layanan Play store dan seluruh aplikasinya secara otomatis harus diunduh via google play store secara tidak langsung akan 'setia' dengan produk google yang satu ini.

Untuk pengguna yang masih awam sekalipun dengan android bisa dipastikan dipermudah dengan adanya aplikasi play store di android yang sudah terintegrasi dengan akun GMAIL yang juga milik google.

Permasalahan terhadap aplikasi, yang dalam hal ini adalah play store memang tidak bisa dihindari oleh pengguna android. salah satu contoh yang akan admin bahas kali ini adalah munculnya error aplikasi google play store yang tiba-tiba terhenti dan keluar dengan sendirinya dibarengi munculnya tulisan peringatan 'Sayangnya, Layanan Google Play Store telah berhenti', tentu akan sangat membosankan dan bikin jengkel bila ingin mengunduh, melakukan update atau ingin searching aplikasi malah yang terjadi play store macet tidak bisa digunakan.

Cara mengatasi Play Store Bermasalah

Baca Juga


Dibawah ini akan admin berikan tips mudah mengembalikan fungsi aplikasi play store agar terlepas dari error dan tidak lagi keluar tulisan tanda aplikasi berhenti dan keluar dengan sendirinya, yuk disimak tipsnya.

1. Cek Space Internal Memory

Untuk langkah pertama silahkan cek dahulu space memori Internal ponsel android, lihat apakah ruang penyimpanan masih banyak atau sudah menipis. Untuk menjalankan sebuah aplikasi, mendownload atau melakukan update aplikasi dari play store ruang penyimpanan harus tidak kurang dari 400 MB, bila di bawah itu dipastikan akan terjadi kegagalan dan sistem cenderung melambat.

2. Hapus Cache dan Temporary File

Silahkan hapus file sampah seperti cache, temporary file, residu data dan berkas yang tidak terpakai secara keseluruhan. Namun kali ini khusus akan kita bersihkan cache fille yang ada di aplikasi play store.



Cara membersihkan cache file aplikasi play store yaitu masuk ke pengaturan > Aplikasi > kemudian cari aplikasi play store, setelah ketemu silahkan klik tombol Hapus cache

Untuk setiap versi android bisa berbeda dalam penerapan letak pengaturan, anda bisa menggunakan alat pengoptimal perangkat yang biasanya sudah ada dalam bawaan smartphone, bisa sekali klik langsung menghapus semua file sampah dan mengoptimalkan seluruh kinerja perangkat.

3. Hapus data Play store

hapus data aplikasi play store

Cara berikutnya bila tips nomor 2 tidak mengatasi masalah play store yaitu dengan melakukan penghapusan data aplikasi.

Caranya : Sama seperti waktu ingin menghapus cache data yaitu masuk ke meu pengaturan ponsel > aplikasi > kemudian masuk ke aplikasi play store dan tap 'hapus data'

4. Ganti Versi Aplikasi

Bilamana cara diatas yang tergolong mudah dan manjur untuk memperbaiki masalah error di play store namun tetap tidak bisa, silahkan lakukan uninstall atau pencopotan aplikasi kemudian cari file APK aplikasi dengan versi sebelumnya yang bisa didapat dari beberapa market aplikasi yang menyediakan kumpulan versi APK aplikasi.. silahkan googling.

Biasanya untuk cara terakhir ini bisa memperbaiki masalah trouble play store yang disebabkan tidak kompatible-nya aplikasi versi tertentu dengan tipe ponsel maupun versi sistem android.

Demikianlah tips yang bisa admin bagikan ke pembaca DetikInfo, semoga tips 'cara memperbaiki masalah error play store yang keluar tulisan 'sayangnya, Play store telah berhenti' diatas bermanfaat, terima kasih.


Emoticon Emoticon