04/09/2017

Inilah Beberapa Fitur Canggih Android OREO terbaru

Fitur Android terbaru OREO versi 8.0 terbaru - Pada penghujung Agustus 2017 pihak developer android yaitu Google telah resmi mengumumkan kedatangan android versi terbarunya yaitu OREO versi 8.0. Untuk tahap awal memang penerus android Nougat ini dikeluarkan dalam tahap Beta yang diperuntukkan untuk para developer. Untuk produsen smartphone sendiri kemungkinan akan menanam versi Oreo pada akhir tahun 2017 atau awal tahun 2018.

Inilah Beberapa Fitur Canggih Android OREO terbaru

Sudah menjadi rahasia Umum bahwa pihak google selaku pengembang android selalu menamakan beberapa versi android dengan jajanan manis, tentunya penamaan tersebut sebagai strategi jitu agar mudah dikenal masyarakat Dunia. Apalagi kalau nama OREO, tentu masyarakat indonesia sudah sangat familiar dengan biskuit satu ini.

Fitur dan kelebihan Android OREO v8.0

1. Menu Setting Sederhana

Android dari waktu ke waktu sering menyederhanakan bebrapa fiturnya agar lebih maksimal dalam pemakaian namun powerfull dalam kinerjanya. Begitu juga untuk menu settingan di android Oreo ini, pihak developer sudah menyederhanakan menu settingan, misal dihilangkannya Slide Out.

setiitngan di android oreo

Mungkin nantinya pengguna android yang sudah terbiasa dengan versi sebelumnya seperti Nougat, Marshmallow atau bahkan versi dibawahnya akan kebingungan menggunakannya, namun tidak lama anda akan terbiasa dengan settingan terbaru dari android OREO ini.

2. Fitur AutoFill API


Fungsi fitur AutoFill API ini akan memudahkan para penggunanya untuk menyimpan data masuk (login) pada berbagai akun yang memang membutuhkan adnya input data user dan password untuk login.

Dengan autofill API juga memudahkan anda memanage dan menyimpan kata sandi akun dengan aman karena bisa terintegrasi dengan metode keamanan fingerprint untuk proses verifikasinya.

Jadi nantinya anda tidak perlu memasukkan username dan password ketika ingin masuk ke halaman akun medsos serta aplikasi lainnya karena fitur Oreo ini yang akan mengisinya dan mem-verifikasinya seccara otomatis.

Fitur Autofill API ini ada di dalam menu settings kemudian masuk ke pengaturan bahasa dan input, disana anda bisa memilih beberapa penyedia autofill.

3. Background Limits

background limit di android oreo

Baca Juga



Untuk lebih memaksimalkan penggunaan data, daya serta pemakaian resource hardware di sistem android maka di versi android Oreo ini fitur Background Limits diadakan.

Seperti diketahui bahwa aplikasi yang berjalan di balik layar dan tidak terpakai akan memboroskan penggunaan daya baterai. Oleh sebab itu google telah bekerja keras untuk membuat pemindaian cerdas terhadap aplikasi yang berjalan di balik layer untuk dilakukan limiter atau pembatasan.

Di dalam kinerjanya, Pembatasan yang dilakukan oleh android Oreo ada 3 kriteria seperti Background service, Implicit broadcast dan Location Update. Intinya, dengan Background limiter ini nantinya para pengguna android Oreo akan lebih merasakan performa Ponselnya lebih hemat, irit daya serta lebih cepat kinerjanya.

4. Picture in Picture Mode (PIP)

Android Oreo sudah dilengkapi dengan fitur PIP ayng akan memudahkan penggua untuk menjalankan video atau streaming bebarengan menjalankan aktifitas multitasking lainnya.

Jadi dengan fitur Picture-in-picture Mode anda bisa melakukan chatting di whatsapp, BBM, Facebook, berkirim Email atau hal lainnya sambil menonton streaming / video kesukaan tanpa menutup salah satu aplikasinya.

Untuk saat ini beberapa aplikasi yang masih mensupport fitur PIP salah satunya Youtube, Chrome serta VLC Media Player.

5. Google Play Protect

google protect play store

Menurut pihak google, bahwa google telah melakukan pemindaian terhadap lebih dari 50 milyar aplikasi perharinya. Nah untuk membuat aman pengguna android, hadirnya Google protect bisa meminimalisir adanya ancaman celah keamanan terhadap sistem.

Dengan mengaktifkan fitur google protect anda bisa mengunduh aplikasi di play store dengan aman dan terbebas dari malware atau virus.

6. Fitur Notification Dots

Fitur pemberitahuan di android Oreo ini bisa bermanfaat bagi pengguna yang sering kelewatan dalam membaca suatu notifikasi.

Notification Dots merupakan fitur terbaru berupa titik kecil yang muncul di atas aplikasi yang fungsinya untuk menandakan bahwa ada pemberitahuan yang belum dibaca penggunanya.

7. Fitur Snooze Notifikasi

Fitur terbaru Oreo 8.0 ini berfungsi untuk melakukan penundaan pemberitahuan atau notifikasi yang masuk. Anda bisa menunda pemberitahuan di layar 15 menit, 30 menit atau bahkan sampai 1 jam

Fitur ini akan bermanfaat bila pengguna tidak ingin diganggu dengan berbagai notifikasi yang masuk karena sedang melakukan tugas atau pekerjaan yang penting namun tetap dapat menerima pemberitahuan.

8. Fitur Channel Notifikasi


fitur channel notifikasi oreo

Dengan Cahnnel notifikasi maka pengguna android Oreo akan dimudahkan mengatur pemberitahuan yang ada di masing-masing aplikasi. Jadi pemberitahuan yang masuk bisa dienable atau didisable menurut keinginan di setiap aplikasi yang dijalankan.

Begitupun dengan channel Notifikasi ini anda juga bisa melakukan Block atau penghentian notifikasi sesuai dengan aplikasi yang anda pilih.

9. Android Instant APPS

Ini merupakan fitur terbaru dibanding android versi sebelumnya, dimana fungsi instant Apps ini pengguna OREO bisa menjalankan aplikasi dari playstore tanpa mengunduhnya terebih dahulu.

Intinya, anda bisa mencoba dahulu aplikasi yang ingin di unduh dan menjalankannya, setelah tahu fungsi dan fiturnya maka pengguna bisa mengunduh atau membatalkan pengunduhan.

10. Fitur Emoji Baru



Android Oreo menghadirkan berbagai emoji yang fresh untuk kebutuhan chatting penggunanya, dimana ada lebih dari 60 penambahan emoji yang unik dan tentunya keren.

11. Bisa Ubah ikon Aplikasi

Dengan fitur ini maka pengguna smartphone dengan sistem OREO android bisa melakukan perubahan pada setiap ikon aplikasi yang ada tanpa terlebih dahulu mengganti launcher.

Ada beberapa pilihan yang bisa digunakan seperti square, Rounded, Squircle serta Teardrop. Untuk mengaktifkannya anda bisa menekan tombol Home untuk beberapa saat kemudian pilih setting.

12. Button Accessibility

Hadirnya tombol accessibility ini bisa mempermudah pengguna android Oreo untuk mengaksesnya di panel navigasi seperti fitur pembesaran, select to speak dan lainnya.

13. Smart Text Selection

Fitur ini akan mempermudah melakukan copy dan paste dengan mudah tanpa terlebih dahulu melakukan blocking perkata di sebuah text yang tampil seperti umumnya.

14. Fitur Neighborhood Aware Networking

Dengan adanya fitur NAN ini pengguna smartphone bersistem OREO sudah bisa melakukan koneksi ke perangkat lain tanpa peru access point.

Anda bisa berbagi image, data, video, file dan lainnya dengan cepat dan mudah. Namun untuk menggunakan fitur NAN di oreo maka perangkat yang lainnya juga harus mendukung fitur ini juga.

15. Mendukung Codec Audio-Bluetooth HQ

Codec High Quality Bluetooth yang adda di sistem android Oreo bisa dikatakan sekelas codec milik sony yaitu LDAC. dengan kualitas APTX dan menggunakan protokol streaming ekslusif maka penggunanya akan dapat menikmati kualitas suara yang High Bitrate.

Itulah beberapa kelebihan dan fitur yang ada di android OREO, semoga ulasan diatas bermanfaat untuk pembaca DetikInfo semuanya.


Emoticon Emoticon