16/09/2017

Sebab dan Solusi HP android di charge malah mati dan tidak Terisi

kali ini admin DetikInfo.com akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi ponsel android yang ketika di Ces (diisi daya) malah mati atau bahkan tidak bisa mengisi baterai walau indikator baterai di layar tampak berjalan. Tentunya segala persoalan mengenai hardware yang dalam hal ini adalah baterai harus diselidiki apa penyebabnya dan bagaimana solusi terbaiknya karena kita tidak bisa hanya mengira satu penyebab terjadinya problem di perangkat elektronik yang kinerjanya kompleks terkait satu komponen dengan yang lainnya.

Sebab dan Solusi HP android di charge malah mati dan tidak Terisi

Permasalahan terkain baterai yang tidak bisa terisi bisa dialami oleh setiap tipe ponsel, entah itu baterai milik samsung, Xiaomi, OPPO, baterai Lenovo, ASUS ZenFone dan beberapa tipe smartphone lainnya.

Dalam kinerjanya, Baterai smartphone sekarang sudah canggih dan didalamnya ada sirkuit khusus yang bisa memutus arus setelah daya Full, begitu pula ketika digunakan untuk mengaliri daya di perangkat ponsel pintar, Indikator baterai akan menandakan seberapa persen daya yang sudah masuk apakah sudah penuh atau belum yang bisa dilihat dari layar.

Namun yang perlu diingat, perangkat keras baterai tidaklah bisa sinkron dengan sistem tanpa ada kalibrasi yang tepat agar sistem bisa mengenali perkiraan prosentase daya yang ada. Tanpa adanya adanya proses kalibrasi dari sistem tentunya daya yang masuk tidak akan bisa dideteksi secara presisi karena logikanya tidak akan bisa sistem mengetahui berapa besaran daya yang masuk tanpa sensor dan perangkat tambahan khusus didalamnya. Walaupun ada sekarang ini ponsel-ponsel yang kerap kita temui di pasaran tidak menyediakan fitur dari teknologi tersebut.

Baca Juga



Problem dan Solusi Baterai Smartphone

Nah, bagi anda yang mempunyai problem terhadap pembacaan indikator daya baterai di smartphone jangan pesimis terlebih dahulu, karena pada kenyataannya misal anda sudah melakukan charging lama tapi indikator tetap sekian persen tidak full-full padahal bila diukur dengan multimeter ternyata kondisi baterai sudah full daya, begitu pula sebaliknya.

Untuk beberapa permasalahan baterai smartphone android beserta solusinya bisa anda simak berikut ini.

1. HP di charge tapi tidak bisa Terisi

charge baterai namun tidak terisi daya

Bila smartphone dilakukan pengisian daya namun pada indikator prosentase pengisian di layar tidak berjalan maka solusinya sebagai berikut

- pastikan menggunakan alat charge yang original atau bawaan ponsel

- coba gunakan charger yang mempunyai Nilai ampere lebih besar atau sama dengan yang anda gunakan saat ini, bisa pinjam dulu ke teman.

- bila jenis baterai REMOVABLE, Coba lepas dahulu baterai dan kemudian tancapkan lagi, pastikan juga tidak longgar ketika ditancapkan agar koneksi antar kaki konektor kutub baterai bisa berfungsi secara maksimal.

- Pastikan juga baterai kondisinya bisa diperkirakan masih bagus atau layak pakai, dan bila memungkinkan pinjam dahulu baterai milik teman yang mempunyai tipe sejenis dan coba pasang di smartphone anda kemudian lakukan pengisian daya, bila ternyata tetap tidak bisa masuk tatkala di charge cek lobang konektor charge di ponsel.

- Bila tidak bisa melakukan bongkar pasang dan takut terjadi kesalahan silahkan bawa ke service center untuk problem ponsel tidak bisa di charge ini.

2. HP di charge ada Indikator tapi tidak terisi




Bila smartphone bisa di charge dan ada indikator di layar bergerak namun setelah dilepas alat chargingnya ternyata tidak terisi dengan ditandai indikator baterai tetap pada kondisi semula maka solusinya sebagai berikut.

- Pastikan menurut perkiraan anda' baterai masih fit atau tidak

- Bila ditengarai baterai masih bagus, lakukan pengosongan daya baterai sampai benar-benar habis, caranya buat aktifitas sperti biasanya seperti membuka aplikasi, game dan sebagainya. Biarkan sampai ponsel mati sendiri walau ada peringatan baterai Low.

- Setelah ponsel mati, lakukan charging tanpa menyalakan ponsel, Setelah beberapa menit coba lepas dan pasang lagi konektor charge apakah prosentase indikator daya di layar sudah naik ataukan tetap minim seperti semula.

- Bila dengan cara diatas tidak juga mengatasi masalah, coba lakukan charge menggunakan alat desktop portable (jawa:ces catok) dan sesudah full silahkan pasang dan jalankan smartphone seperti biasanya sampai indikator kira-kira menunjukkan 50 persen. Kemudian colokkan charger dan tunggu beberapa menit, lihat apakah sudah ada penaikan daya atau belum.

- Bila dengan cara diatas tidak juga bisa teratasi, silahkan cek kondisi baterai atau pinjam baterai milik teman dan coba di ponsel anda. Bila ternyata problem tetap sama bisa jadi ada hardware yang bermasalah, silahkan bawa ke service center terdekat.

3. HP Di Charge malah Kehabisan daya dan mati

Nah, ini topik intinya, ketika anda melakukan charging smartphone dan bukannya terisi namun malah dayanya di indikator layar terlihat berkurang dan akhirnya smartphone mati karena kekurangan daya silahkan simak solusinya di bawah ini.

- Coba cek kondisi baterai, bila ternyata baterai sudah diperkirakan terpakai lama dan sudah lebih dari satu tahun (tergantung durasi pemakaian) dan ada perubahan pada fisiknya seperti melembung maka ada kemungkinan baterai sudah menurun kinerjanya dan saatnya minta ganti yang baru.

- Bila baterai masih tergolong baru, coba matikan smartphone dan lakukan kalibrasi manual, caranya habisakan seluruh daya di baterai sampai benar-benar habis dan mati sendiri. Kemudian diamkan smartphone sampai tidak terasa panas lalu charge dalam kondisi ponsel mati. lihat apakah ada perubahan kenaikan prosentase daya atau tidak di layar, bila iya silahkan lanjut melakukan charging sampai penuh. Kemudian nyalakan ponsel dan habiskan lagi dayanya dengan melakukan aktifitas membuka aplikasi seperti biasanya sampai benar-benar mati sendiri ponselnya. lalu charging lagi sampai full dan coba setelah itu nyalakan.

- Setelah melakukan hal diatas dan ternyata dilakukan charge sewaktu ponsel mati bisa masuk dayanya dan tidak bisa masuk ketika ponsel kondisi menyala silahkan lakukan reset sistem melalui recovery menu.

- namun bila ponsel kondisi mati dan nyala tetap tidak bisa dicharge walau indikator bergerak dan cenderung semakin habis dayanya silahkan ganti dengan alat ces yang mempunyai ampere lebih besar atau sama dengan milik anda, dan bila tetap gagal silahkan coba mengganti baterai dahulu (siapa tahu baterai yang rusak cell dalamnya menjadi penyebab yang kasat mata), bisa pinjam teman. Dan bila tidak juga mengatasi masalah, silahkan bawa ke service center untuk dilakukan pengecekan hardware.

Semoga dengan tips singkat diatas anda pengguna smartphone android atau iPhone yang mengalami masalah pada saat melakukan charging baterai bisa diatasi dengan cepat dan tepat.


Emoticon Emoticon