11/10/2017

Cara Aktifkan Verifikasi 2 Langkah di WhatsApp

Detikinfo.com - Apa arti dan cara mengaktifkan Verifikasi 2 langkah di aplikasi WhatsApp. Fitur keamanan yang ada di WhatsApp (WA) memang tidak diragukan lagi, Selain nomor ponsel serta adanya enkripsi end-to-end juga ada lagi fitur pengaan akun tambahan untuk WA yang bernama 'Verifikasi 2 langkah'. Apa fungsinya dan bagaimana cara mengaktifkan fitur keamanan 2 tahap yang ada di WA tersebut?, simak ulasan DetiInfo di bawah ini.

cara mengaktifkan fungsi fitur 2 langkah keamanan WA

Seperti halnya produk Online lainnya, seperti Email, Aplikasi Sosial media Facebook, Instagram, BBM dan sebagainya ada opsi untuk memberikan keamanan tambahan untuk akun yang bersangkutan. Dimana fungsi fitur keamanan jelas agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan akun, lupa kata sandi, akun dicuri orang lain dan lain sebagainya.

Fungsi Verifikasi 2 langkah WhatsApp

Adapun aplikasi WA telah memberikan berbagai kemudahan dalam melakukan manajemen keamanan agar suatu saat nanti tidak ada pembobol akun atau kasus kehilangan akun WhatsApp tanpa ada solusi lebih lanjut.

Adapun fungsi utama dari Verifikasi 2 langkah whatsApp adalah untuk menambah kuat akses masuk ke akun. Maksudnya, walaupun nomor ponsel telah terhubung dengan aplikasi WhatsApp tentunya masih ada orang lain yang bisa mengintip isi pesan masuk atau menggunakan aplikasi WA ketika anda lupa atau sengaja meletakkan ponsel tanpa pengawasan dan akhirnya orang lain bisa mengaksesnya tanpa anda ketahui.

Ketika Verifikasi dua langkah diaktifkan, nantinya akan ada popup atau jendela munculan yang mengharuskan penggunanya untuk memasukkan PIN yang telah dibuat sebelumnya. Jadi tidak semua orang bisa masuk tanpa mengetahui PIN Verifikasi terlebih dahulu.

Baca Juga


Tidak setiap waktu Permintaan mengisi PIN muncul di layar, waktunya acak, jadi suatu saat anda membuka akun WhatsApp bisa muncul permintaan PIN dan terkadang juga tidak muncul, itu tergantung dari aplikasi dalam mengetahui seberapa sering aktifitas penggunanya di dalam aplikasi.

Cara mengaktifkan Verifikasi 2 langkah WhatsApp


Di bawah ini tips mudah mengaktifkan keamanan akun WA dengan metode Verifikasi 2 tahap agar tidak ada orang lain yang dapat mengakses akun anda seenaknya, silahkan disimak.

1. Buka WA dan masuk ke menu pengaturan kemudian masuk ke opsi 'Setelan', letak pengaturan WhatsApp ada di pojok kanan atas.

masuk menu setting dan akun untuk fitur keamanan WA

2. Kemudian masuk ke opsi 'Akun' lalu masuk ke 'Verifikasi dua langkah'



3. silahkan ketuk tombol 'aktifkan' dan anda disuruh untuk memasukkan 6 digit angka sebagai PIN, lalu masukkan ulang PIN yang telah anda ketik kemudian tekan lanjut

memasukkan PIN untuk verifikasi 2 langkah WhatsApp

4. Masukkan alamat email juga ada dan bila tidak bisa melewatinya dengan menekan tulisan 'lewati'

5. Sampai langkah terakhir silahkan ketuk tombol 'selesai' dan fitur keamanan 2 langkah sudah aktif

cara aktifkan dan nonaktifkan verifikasi 2 langkah whatsapp

6. Bila ingin menonaktifkan fitur, maka caranya seperti tersebut diatas dan tinggal pilih opsi 'nonaktifkan'

Itulah tips mudah tentang cara mengaktifkan dan menghentikan fitur keamanan Verifikasi dua langkah yang ada di aplikasi whatsApp, semoga bermanfaat untuk pembaca semua.


Emoticon Emoticon