14/10/2017

Cara Atasi Aplikasi Android sering macet dan keluar sendiri

DetikInfo.com - Cara mengatasi Aplikasi ANDROID sering macet dan keluar sendiri. Sudah maklum kalau saat ini ribuan aplikasi di play Store dan beberapa market aplikasi yang ada sangat menggoda pemilik smartphone Android ingin mencoba-coba dan sebanyak mungkin menginstallnya di ponsel. dibalik itu semua tentu juga ada beberapa masalah aplikasi yang sering dialami pengguna android, diantaranya aplikasi sering macet, Hang, tersendat-sendat jalannya atau juga sering keluar sendiri, tentunya membikin jengkel bukan?

Cara Atasi Aplikasi Android sering macet dan keluar sendiri

Dari beberapa problem aplikasi yang berjalan di HP android, terkadang penggunanya mengira kalau ponsel akan rusak dan beberapa kekhawatiran lain padahal gadget belum lama membelinya. Kekhawatiran pemilik android tentu beralasan karena belum mengetahui bagaimana cara kerja sistem serta aplikasi ketika dijalankan.

Cara Mengatasi Aplikasi sering macet dan keluar sendiri


Di bawah ini ada beberapa sebab dan tips untuk mengatasi masalah aplikasi android yang sering keluar sendiri, terjadi lag atau bahkan tidak merespon sama sekali sehingga pemilik HP harus mematikan ponsel secara paksa dengan mencopot baterai HP.

Baca Juga


1. Banyak File sampah dan cache

Sebab yang sering terjadi ketika smartphone lemot menjalankan aplikasi berasal dari banyaknya tumpukan file temporary, file sampah, junkies file dan cache file.

Walaupun file cache mempunyai fungsi tersendiri untuk meringankan kinerja RAM karena akan tercipta file berdasar riwayat pengguna.

Namun banyaknya file yang sudah tidak diperlukan lagi dan tidak terakses bisa memperberat sistem dan juga menghabisakan ruang penyimpanan Internal (ROM). Oleh karena itu, lebih baik menghapus file cache dari berbagai aplikasi yang ada agar kinerja sistem dan aplikasi juga semakin lancar tidak macet lagi.



Cara untuk menghapus cache file yaitu masuk ke menu pengaturan, kemudian masuk ke opsi Aplikasi atau Manager aplication. Kemudian pilih aplikasi dan tekan tombol 'hapus cache', bila ada konfirmasi tekan tombol OK

2. Update Aplikasi

Seringkali keluhan macetnya aplikasi terjadi karena versi dari beberapa aplikasi yang ada di android sudah kadaluarsa alias out-date.

Seringlah melakukan update atau pembaruan aplikasi agar kinerjanya semakin meningkat. Apa hubungan update dengan kinerja aplikasi ?, tentu saja ada dong.

Developer aplikasi melakukan penyempurnaan aplikasi tentu ada tujuannya seperti menambal Bug atau kesalahan program yang ada, menambal celah keamanan untuk aplikasi Online, meringankan asupan resource penggunaan RAM dan beberapa kebaikan lainnya.

Untuk melakukan cek apakah aplikasi sudah up to date atau belum silahkan masuk ke aplikasi Play Store dan masuk ke menu 'aplikasi saya', disana akan tertera tombol update apakah menyala ataukah tidak, bila tombol update tertera maka aplikasi perlu dilakukan pembaruan.

3. Lakukan Reset Pengaturan

Cara paling mudah dan instant untuk mengatasi aplikasi yang sering macet dan keluar sendiri silahkan lakukan factory reset terhadap sistem.

Fungsi Reset sistem yaitu mengembalikan semua pengaturan yang telah dilakukan pengguna smartphone ke setelan default pabrikan.

Namun sebalum melakukan reset sistem sebaiknya backup dahulu data penting yang ada di memori Internal agar bisa direstore setelah facctory reset dilakukan.

Itulah beberapa tips Mengatasi Aplikasi sering macet yang bisa admin berikan untuk pembaca semua, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon