28/10/2017

Cara Foto Kode QR di HP Samsung Tanpa Aplikasi

DetikInfo.com - Cara memindai kode QR di Android Samsung tanpa install Aplikasi khusus. Saat ini penggunaan QR Code sebagai format terbaru dari kode batang (Bar code) menjadi trend untuk keperluan berbagai aktifitas karena di dalam kode QR tersebut bisa tersimpan banyak informasi yang bisa diakses melalui smartphone android setelah dilakukan pemindaian (pembacaan) melalui kamera HP yang ada.

Cara Foto Kode QR di HP Samsung Tanpa Aplikasi

Pengertian Kode QR

Sebelum beranjak ke sesi tutorial tentang cara scan QR code di HP samsung tanpa menggunakan aplikasi khusus, terlebih dahulu bagi yang belum tahu apa itu QR kode bisa admin jelaskan secara singkat di bawah ini.

Kode QR merupakan format terbaru dari kode matriks dan kode batang dua dimensi yang dikembangkan dan dipublikasikan pada tahun 1994 oleh Denso Wave, sebuah perusahaan dari Jepang dan sampai saat ini penggunaan Kode QR sudah menjadi kebiasaan setiap aktifitas transaksi di Jepang.

Kode QR singkatan dari Quick Response atau respon cepat, dimana sangat berbeda sekali dengan kode batang (bar kode) berupa garis tegak berbaris yang saat ini masih sering kita lihat di berbagai pusat perbelanjaan untuk mempermudah transaksi.

Perbedaan yang mencolok untuk fungsional dan kemudahan kode QR karena kode ini menyimpan informasi secara vertikal dan hotisontal, berarti informasi yang dapat disimpan di kode matrik QR bisa sangat banyak daripada kode batang yang hanya menyimpan informasi secara horisontal saja.

Baca Juga


Fungsi umum QR Code saat ini adalah untuk menyimpan informasi Hipertaut URL, Noor telepone, teks serta SMS dan lain sebagainya. Jadi jangan heran apabila di beberapa negara maju saat ini sudah banyak majalah, Bus Umum, kartu Nama, Baliho dan berbagai media lainnya sudah menerapkan Kode QR agar bisa diakses melalui Selular dan bersifat rahasia.

Cara Pindai QR Kode di Samsung Android tanpa Aplikasi


Masuk ke poin utama, Bagi anda yang menggunakan smartphone Android Samsung Galaxy dan didalamnya ada Samsung Browser maka bisa digunakan untuk melakukan foto kode QR tanpa menginstall aplikasi khusus untuk memindai kode matrik QR, Bisa Hemat memori dan juga tidak memberatkan ponsel bukan?. Nah bagaimana cara mengaktifkan dan memindai kode QR tanpa aplikasi tambahan di HP samsung android, silahkan simak tipsnya di bawah ini.



( catatan: admin menggunakan Ponsel samsung Galaxy dengan sistem versi marshmallow, untuk pembaca yang menggunakan versi lain silahkan menyesuaikan tata letak menu dan opsinya)

1. Buka Browser Samsung di ponsel anda dan tap opsi menu yang ada di pojok kanan atas

cara aktifkan pemindai qr di samsung browser

2. Kemudian pilih Opsi 'Ekstensi', dan aktifkan opsi 'Pembaca kode QR'

3. Setelah itu, coba masuk lagi ke menu di Samsung Browser, nantinya anda akan melihat ada fitur menu baru yang bertulisakan 'pindai kode QR', nah untuk menggunakannya silahkan klik saja opsi tersebut

Menggunakan sccan QR di HP samsung

4. Ketika pertama kali anda membuka fitur Pindai Kode QR maka akan keluar notifikasi yang menyatakan persetujuan aplikasi browser menggunakan akses kamera, setujui saja dengan klik 'izinkan' agar bisa digunakan.

5. Nah, untuk memindai atau foto kode QR bisa dengan mengarahkan kamera dan fokuskan QR kode yang akan dipindai tepat berada ditengah area margin kotak yang tersedia.

Itulah tips mengaktifkan Pemindai kode QR (Quick response) di HP samsung Galaxy tanpa install aplikasi khusus scan QR. Hanya berbekal samsung Browser sudah bisa men-jepret QR kode yang anda inginkan untuk dilihat info didalamnya, Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon