31/10/2017

Cara Membersihkan RAM HP Samsung J2 Prime, J3 dan J5 PRO (2017)

DetikInfo.com - Cara Cek dan bersihkan RAM Samsung J2 Prime, J3 dan J5 PRO. Kali ini admin akan membahas khusus tentang Optimasi RAM dari smartphone Samsung, Dimana RAM merupakan peripheral yang penting untuk proses komputasi sistem agar berjalan lancar. Sudah bukan rahasia lagi kalau kita beli ponsel juga ditentukan oleh besarnya RAM karena berpengaruh padda kecepatan dan kelancaran multitasking berbagai aplikasi yang berjalan.

Cara Membersihkan RAM HP Samsung J2 Prime, J3 dan J5 PRO (2017)

RAM (Random Access Memory) dalam artian sederhana adalah perangkat CPU yang berfungsi untuk menyimpan memori sementara dan hilang ketika sistem dimatikan. RAM merupakan alat penunjang dari Prosesor untuk kinerjanya, yang mana setiap perintah yang masuk ke prosesor terlebih dahulu akan disiapkan oleh RAM kemudian diproses sesuai urutan alurnya sehingga semakin banyak user dan aplikasi melakukan aksi semakin besar pula kebutuhan RAM yang diperlukan untuk diproses oleh prosesor.

Jadi semakin besar kapasitas RAM maka daya ingat dan daya tampung setiap perintah dari sistem akan semakin berjalan mulus tanpa proses antrian panjang di Prosesornya. Bila diistilahkan, proses multitasking atau menjalankan berbagai aplikasi dalam satu waktu semakin ringan bila RAM kapasitasnya Besar sehingga tidak membebani kinerja prosesor sebagai pengolah datanya.

Cara cek dan membersihkan RAM di HP Samsung


Baca Juga


Saat ini bagi pengguna android Marshmallow, Nougat dan diatasnya akan semakin dimudahkan untuk melakukan pengecekan serta pembersihan RAM tanpa menginstall aplikasi cleaner khusus. Melakukan instalasi khusus cleaner yang saat ini banyak ditemui di play store terkadang malah bisa membuat sistem menjadi berat dikarenakan aplikasi tersebut berjalan di background secara terus-menerus dan kita tidak tahu apa saja script yang dijalankan oleh si pembuat aplikasi pembersih RAM.

Mengapa harus membersihkan dan Cek RAM?


Mungkin banyak pengguna smartphone android yang tidak tahu apa itu RAM dan mengapa pula harus dibersihkan, tahunya hanya menggunakan ponselnya sehari-hari dan bila sudah lemot maka prasangkanya ponsel mulai rusak, padahal lemotnya sistem untuk menjalankan aplikasi sering terjadi karena adanya RAM yang kekurangan ruang Kosong sehingga harus bergantian alur proses di sistemnya.



Walaupun saat ini banyak smartphone yang sudah menawarkan kapasitas RAM besar diatas 2 GB namun yang namanya pemakai tentunya ingin menginstall berbagai aplikasi berat semisal game HD yang terkenal rakus akan asupan RAM. Oleh sebab itu adakalanya pemilik smartphone android bila sudah merasakan ponselnya melambat alias lemot maka harus dilakukan pengecekan berapa kapasitas RAM tersisa ddan bagaimana pula cara membersihkan file sampah yang memenuhi RAM agar bersih kembali.

Nah, bagi anda pemilik smartphone Samsung J2 Prime, J3 PRO dan J5 PRO (2017) bisa mengikuti tips dibawah ini untuk melakukan cek kapasitas memori serta cara membersihkannya.

1. Masuk ke menu pengaturan, kemudian masuk ke opsi Pemeliharaan perangkat

Cara cek dan membersihkan RAM di HP Samsung

2. Nah, di halaman pemeliharaan perangkat tersebut akan tampak di deretan paling bawah ada ikon IC dengan tulisan RAM, disana anda bisa melihat berapa Nilai RAM tersisa pada saat itu.

3. Untuk membersihkan RAM ada dua cara, untuk langkah paling mudah ayaitu langsung dengan menekan tombol 'Optimalkan sekarang' atau bisa dengan masuk ke icon RAM dan klik tombol 'hapus sekarang'

4. Nantinya proses pembersihan akan berlangsung dan coba lihat perbedaan sebelum dan sesudah proses

Itulah tips singkat membersihkan RAM HP Samsung J2 Prime, J3 Pro dan juga J5 PRO semoga bermanfaat untuk pembaca detikInfo semua.


Emoticon Emoticon