13/10/2017

Cara Mengatasi ASI yang Belum Keluar Pasca Melahirkan

DetikInfo.com - Cara Mengatasi ASI yang Belum Keluar Pasca Melahirkan. Jika seorang wanita sudah melahirkan maka normalnya mereka akan memproduksi asi pada tiga sampai empat hari pasca melahirkan. Namun, untuk beberapa wanita bisa juga ASI tidak kunjung keluar setelah menunggu beberapa hari pasca melahirkan tersebut. Hal ini memang sedikit langka, dan pastinya bisa membuat para bunda khawatir.

Cara Mengatasi ASI yang Belum Keluar Pasca Melahirkan

Dan biasanya, kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa hal; salah satunya kelahiran bayi yang prematur atau ibu yang mengalami stres. Nah. untuk dapat mengatasi ASI yang belum keluar pasca melahirkan tersebut, berikut ini kami akan bagikan beberapa solusinya.

Tips Mengatasi ASI yang Belum Keluar Pasca Melahirkan


1. Pijatan pada payudara

Jika ASI tak kunjung keluar setelah Anda melahihrkan, maka jangan panik. Anda bisa melakukan pijatan pada payudara untuk memperlancar peredaran darah dan produksi ASI untuk si bayi. Lewat pijatan pada payudara Anda, kelenjar susu yang mungkin saja tersumbat atau pun menggumpal akan terurai. Dengan kata lain pijatan pada payudara membantu menguraikan saluran susu yang kurang berfungsi dengan baik.

Anda bisa melakukan pijat payudara ini di rumah setiap hari. Carilah waktu-waktu senggang agar tidak terburu-buru dan Anda bisa menjadi rileks. Memijat payudara juga bisa dilakukan sebelum Anda menyusui buah hati.

Baca Juga


Berikut adalah langkah-langkah memijat payudara yang bisa Anda lakukan:

a. Berdiri di depan cermin dan angkat satu sisi payudara Anda dengan tangan kiri dan tahan bagian atas payudaran menggunakan tangan kanan.

b. Gerakan kedua tangan maju dan mundur dengan lembut sampai dua puluh kali, kemudian ganti pada payudara yang lain.


c. Posisikan kedua telapak tangan Anda pada salah satu payudara dan gerakan kedua tangan ke atas dan bawah, jika tangan kanan ke atas maka tangan kiri ke bawah. Ulangi sampai 20 kali kemudian pindah pada payudara yang satunya.

d. Angkat satu sisi payudara dengan tangan kiri, gunakan jari Anda untuk membuat gerakan melingkar pada puting payudara sebanyak dua puluh kali, lakukan pada payudara yang lainnya.

e. Urut payudara perlahan-lahan dari bagian luar menggunakan jari-jari Anda. 

f. Setelah air susu keluar, Anda bisa langsung memompa ASI atau memilih untuk membersihkan payudara lebih dulu dari sisa-sisa minyak pijat yang Anda gunakan saat memijat payudara. 

2. Memompa payudara dengan tangan

Pompa payudara dengan tangan selama kurang lebih 10 sampai 20 menit, setiap dua jam sampai bayi Anda mulai menyusu. Memompa payudara dengan tangan dapat mengatasi ASI yang belum keluar pasca melahirkan, sehingga membantu memaksimalkan reseptor produksi prolaktin serta meminimalisir dampak dari ASI yang tidak keluar.

3. Kontak kulit ibu dan bayi

Sudah sewajarnya bila ibu dan bayi melakukan kontak kulit, lebih lagi hal itu membantu untuk merangsang oksitosin dan prolaktin atau yang diketahui sebagai hormon yang terlibat dalam produksi ASI. Anda bisa melakukannya dengan cara mendekap bayi Anda dan menawarkan payudara Anda untuk mengikuti seberapa seringkah bayi Anda untuk makan pada beberapa hari pertama. Biasanya ketika Anda menawarkan payudara kepada bayi Anda, dengan sendirinya mereka akan mencari di mana puting Anda berada untuk kemudian menghisapnya dan menunggu ASI keluar dari sana.

Jika ASI tidak keluar, Anda tidak perlu panik berlebihan, karena seperti yang sudah disinggung di awal bahwa ada beberapa orang yang mengalami hal serupa. Jadi, untuk langkah awal Anda bisa melakukan tips di atas untuk membantu merangsang produksi ASI.


Emoticon Emoticon