22/10/2017

Cara Ubah Nama file foto dan Video di Galeri HP Android

DetikInfo.com - Cara mengubah Nama file Foto/Video di Galeri HP Android. Umumnya setiap tipe smartphone secara otomatis setelah melakukan jepretan foto secara otomatis filenya diberi nama secara otomatis oleh sistem dengan penamaan yang tidak mudah diingat, rata-rata menggunakan penamaan file abjad digabung dengan angka yang panjang dan jarang untuk diingat pemiliknya. Dengan alasan tertentu pula pemilik HP Android ingin menamai file gambar maupun video yang ada di galeri sesuai keinginan agar nantinya mudah untuk dicari.

Cara Ubah Nama file foto dan Video di Galeri HP Android

Seperti kebiasaan pada umumnya pengguna perangkat Komputer maupun smartphone, pencarian file bisa dnegan mudah dilakukan hanya dengan mengetik kata yang yang mudah diingat dan mencirikan file, seperti misal gambar ketika berenang maka dinamai filenya dengan nama yang mengandung kata renang dan lain sebagainya.

Yang menjadi masalah, ketika setiap hasil bidikan foto dan rekaman video yang diambil dari smartphone penamaan file secara otomatis harus ikut aturan sistem yang saya yakin anda tidak akan bisa mengingatnya dengan mudah nama filenya.

Solusi agar mempermudah pencarian file agar terlihat rapi dan mudah diingat yaitu dengan mengubah nama file gambar, foto maupun video yang ada di galeri dengan nama file yang mudah diingat.

Cara mengubah Nama File gambar / Video di Galeri




Baca Juga


Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengubah nama file yang ada di dalam galeri, salah satunya dengan masuk ke menu File manajer dan juga cara paling mudah yang akan admin bahas kali ini yaitu mengubahnya langsung dari galeri. Jadi bisa langsung memilih gambar dan melakukan editing penamaan file dan info terkait file yang ada seperti info Lokasi pemotretan sekaligus bisa melihat ukuran file.

Di tutorial ini admin menggunakan contoh cara mengubah nama file gambar di galeri HP Android Samsung Galaxy versi android Marshmallow, untuk tipe android lain admin kira sama saja langkahnya, yuk disimak tipsnya di bawah ini.

1. Masuk ke menu Galeri dan pilih file gambar atau video mana yang ingin diubah namanya

cara ubah nama file gambar/video di galeri android

2. Setelah ketemu, tap satu kali pada gambar samapi muncul opsi lain di atas dan bawah gambar, tap ikon tanda titik 3 kemudian masuk ke opsi 'rincian' lalu pilih 'ubah' atau anda bisa langsung melakukan klik di ikon gambar pensil di tampilan yang ada.

3. Untuk mengubah nama file, silahkan tap pada 'judul', tepatnya di nama filenya, kemudian ubah namanya sesuai keinginan dan setelah selesai klik opsi Simpan.

4. Anda juga bisa mengubah informasi Foto tentang lokasi, dimana info lokasi tersebut nantinya akan digunakan sebagai penanda dimana gambar tersebut diambil. Untuk mengubahnya silahkan tap tanda Plus di bagian 'lokasi', kemudian pilih dari daerah mana gambar tersebut diambil, jangan upa setelahnya klik tombol simpan.

Itulah tips singkat cara mengubah nama file gambar maupun video di Galeri HP android yang bisa admin bagikan kali ini, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon