21/10/2017

Cara Ubah Wallpaper Layar Terkunci dan Beranda Android Samsung

DetikInfo.com - cara mengubah tampilan Layar Depan dan Layar terkunci HP Android Samsung. Banyak sekali pengguna Smartphone android yang masih awam dengan teknologi si Robot Ijo merasa bingung cara mengubah tampilan layar dengan gambar dari galeri. Hal tersebut wajar dikarenakan menu untuk mengubah tampilan wallpaper memang sedikit tersembunyi dan mencarinyapun harus melalui beberapa tahapan.

Tampilan layar di smartphone android, yang dalam pembahasan ini admin fokus pada HP samsung disebut juga sebagai wallpaper, dimana setiap image yang bisa digunakan sebagai tampilan wallpaper bisa menggunakan format gambar JPG, PNG, GIF maupun file movie seperti MP4, 3GP dan format lain yang didukung oleh setiap versi android yang ada.

Mengubah wallpaper di Android umumnya mempunyai 3 opsi yaitu pilihan untuk mengganti tampilan layar depan (beranda) maupun tampilan ketika layar sedang terkunci. Jadi layar ketika masih terkunci bisa dibuat lain gambar (wallpaper-nya) dengan layar ketika kunci sudah terbuka.

Cara mengganti Wallpaper HP Samsung


Langsung saja disini admin akan memberikan tips bagaimana cara mengubah wallpaper di HP Android samsung. dan untuk praktek kali ini admin menggunakan smartphone android versi Marshmallow Galaxy J2 Prime, yuk disimak.

1. Pertama kali buka menu Galeri di smartphone kemudian pilih gambar atau foto mana yang ingin anda gunakan sebagai wallpaper

cara ganti tampilan layar samsung galaxy

2. Langkah selanjutnya, setelah membuka gambar yang diinginkan silahkan sentuh satu kali pada gambar sampai muncul opsi menu image yang berupa ikon tanda titik 3, silahkan sentuh untuk masuk ke opsi selanjutnya

3. Pilih opsi 'Atur sebagai wallpaper', nantinya akan muncul 3 opsi untuk dipilih, dimana ada opsi 'Layar depan' yang berarti gambar yang anda pilih hanya dgunakan untuk tampilan layar beranda saja. Kemudian 'kunci layar' yang artinya tampilan wallpaper hanya tampak ketika layar posisi masih terkunci, dan pilihan ketiga yaitu 'beranda dan kunci layar' yang artinya gambar tersebut digunakan di semua tempat layar depan dan layar terkunci.

mengubah wallpaper android samsung

4. Silahkan pilih opsi mana yang ingin anda pilih. Bila anda ingin image yang sudah dipilih hanya digunakan untuk layar depan saja silahkan tap opsi 'layar depan', dan bila ingin mengubah wallpaper layar kunci silahkan pilih ulang image lain dan sentuh opsi 'kunci layar'.

Tips Mengganti Wallpaper agar tidak memberatkan sistem

Tampilan layar ternyata juga bisa menyebabkan sistem menjadi berat bila tidak jeli memilih jenis gambar maupun Video yang akan digunakan, diantaranya :

1. Pilih image yang mempunyai ukuran file yang seminimal mungkin, karena semakin besar ukuran file gambar maka akan memberatkan kinerja sistem dan merupakan hal yang sia-sia kalau hanya karena memajang foto namun secara keseluruhan RAM berkurang karena ukuran file gambar yang besar.

2. Hindari penggunaan Wallpaper dengan format Video yang berukuran besar apalagi yang berdurasi panjang, apalagi ponsel android milik anda hanya mempunyai ukuran RAM dan Kecepatan prosesor yang pas-pasan, pastinya bikin lemot.

Itulah tips singkat cara mengganti wallpaper HP Samsung Galaxy yang bisa admin bagikan kali ini, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon