14/10/2017

Inilah Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Benar

DetikInfo.com - Cara Tepat Menentukan Harga Jual Produk yang Benar. Persaingan pasar yang semakin ketat membuat Anda tidak bisa begitu saja menentukan harga jual dari produk yang dipasarkan. Apabila harga yang ditawarkan terlalu mahal maka kemungkinan besar pembeli tidak akan membelinya ditempat Anda, namun sebaliknya jika Anda menjualnya dengan harga yang murah banyak hal yang harus diperhitungkan, jika sembarangan tentu resikonya anda akan mengalami kerugian.

Inilah Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Benar

Nah, bagi Anda yang masih bingung untuk menentukan harga jual dari produk yang akan dipasarkan berikut beberapa tips yang dapat dilakukan guna menentukan harga terbaik dari produk yang akan dijual. 

Cara Menentukan Harga Produk



Menyesuaikan Dengan Daya Beli Masyarakat


Meskipun produk yang ditawarkan adalah barang kebutuhan sehari-hari, namun Anda tidak boleh melupakan jika tidak semua masyarakat mampu membeli produk tersebut berdasarkan harga yang Anda tawarkan. Oleh sebab itu, memperhitungkan kemampuan atau daya beli masyarakat terhadap harga dari produk yang ditawarkan menjadi faktor terpenting yang tidak boleh dilupakan. 


Menghitung Biaya Produksi


Biaya produksi bisa disebut juga sebagai modal awal yang harus dikeluarkan untuk memproduksi sebuah barang dimana mencatat semua biaya yang dikeluarkan selama proses produksi berlangsug mulai dari pembelian bahan baku, upah tenaga kerja, biaya listrik dan yang lainnya menjadi hal yang harus dilakukan. 

Baca Juga


Dengan mengetahui biaya produksi yang dikeluarkan selama proses produksi akan mempermudah Anda untuk menetapkan harga jual dari produk tersebut dan keuntungan yang akan diperoleh dari setiap unit yang berhasil dijual.




Menentukan Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Mengembalikan Modal Awal


Harga jual dari sebuah produk akan mempengaruhi waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan modal awal yang dikeluarkan untuk memproduksi barang tersebut. Semakin murah harga jual yang Anda buat maka semakin sedikit juga keuntungan yang diperoleh sehingga akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengembalikan modal awal. 


Mengenal dan Mempelajari dengan Baik Kompetitor


Kompetitor adalah pesaing terberat yang harus dikalahkan dengan berbagai macam strategi pemasaran dan penjualan yang Anda miliki. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan pasar adalah dengan mengenal dengan baik siapa yang menjadi kompetitor Anda, cari tahu mengenai kelebihan serta kekurangan mereka.

Manfaatkan apa yang menjadi kekurangan mereka menjadi sebuah kelebihan dari produk yang akan Anda pasarkan. Apabila kompetitor Anda terkenal dengan produknya yang memiliki kualitas yang bagus namun dijual dengan harga yang cukup mahal maka Anda bisa menjual barang yag sama dengan apa yang dijual oleh kompetitor Anda dengan harga yang lebih murah. Namun Anda juga tidak boleh melupakan untuk mempertahankan bahkan terus meningkatkan kualitas dari produk yang Anda pasarkan. 


Memonitor Harga 


Anda harus menyadari jika tren dimasyarakat cepat berubah dimana akan mempengaruhi harga jual yang telah Anda ditetapkan. Ketika muncul barang baru yang lebih canggih maka harga jual dari produk yang Anda pasarkan akan mengalami penurunan. Ditambah lagi masuknya produk atau barang dari China dengan harga yang jauh lebih murah.

Sehingga penting bagi Anda untuk selalu memonitor harga dan tren yang sedang ada ditengah masyarakat karena tidak selamanya Anda bisa menjual barang tersebut dengan harga yang sama. Akan ada saat dimana Anda terpaksa harus menurunkan harga barang tersebut karena berbagai macam alasan salah satunya adalah karena banyak kompetitor yang menjual barang sejenis dengan harga yang jauh lebih murah.


Menentukan Tujuan yang Ingin Dicapai


Sebelum memproduksi sebuah barang yang akan dipasarkan dan menentukan harga jual dari barang tersebut, sebaiknya Anda terlebih dahulu harus menentukan tujuan mengapa barang tersebut sengaja diproduksi. Apakah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan atau barang tersebut sengaja diproduksi untuk memperluas segmen pasar. 

Dengan mengetahui tujuan yang ingin dicapai akan mempermudah Anda untuk menentukan harga jual dari produksi barang tersebut. Namun satu hal yang perlu dipertahankan adalah kualitas dari setiap barang yang diproduksi serta selalu berusaha untuk meningkatkam mutu serta kualitasnya. 

Untuk dapat menentukan harga jual produk harus dilakukan dengan berbagai macam pertimbangan dengan memikirkan berbagai macam aspek agar bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Semoga ulasan diatas bermanfaat.


Emoticon Emoticon