20/10/2017

Inilah Tantangan Menuju Sukses yang Wajib Dijalani Seorang Pengusaha

DetikInfo.com - Tantangan Menuju Sukses yang Wajib Dijalani Seorang Pengusaha. Menjadi seorang pengusaha memang bukanlah hal yang mudah. Banyak sekali yang harus kita hadapi. Tapi jika Anda memang memiliki jiwa bisnis, Anda tak mungkin menyerah begitu saja dengan berbagai persoalan bisnis yang datang. Setidaknya Anda harus sanggup menjalani 9 tantangan berikut ini agar bisnis Anda sukses. 

1. Berbisnislah sesuai Potensi dan Kemampuan Diri


Berbisnislah sesuai dengan potensi dan kemampuan diri Anda. Sebaiknya Anda tak boleh mengikuti bisnis dengan asal-asalan dan hanya mengikuti tren. Padahal diri Anda tak punya kemampuan apapun dalam bidang tersebut. 

Pebisnis yang membuka usaha dengan hanya mengikuti tren biasanya akan berhenti di tengah jalan jika tren tersebut sudah ditinggalkan oleh konsumen. Mereka pun tak bisa berfikir kreatif untuk memperbarui tren tersebut. 

Tantangan Menuju Sukses yang Wajib Dijalani Seorang Pengusaha

2. Pastikan Anda selalu Menjadi Konsumen Pertama


Pengusaha yang baik adalah mereka yang mampu menganalisa apakah produknya bisa diterima baik oleh konsumen. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui kualitas produknya. Anda bisa mencoba sendiri produk Anda dan cobalah untuk memahami apa kelebihan dan kelemahan produk Anda seolah-olah Anda adalah seorang konsumen. 

3. Prioritaskan Kepentingan Bisnis


Saat Anda sudah mantab untuk memulai sebuah usaha, maka Anda harus memprioritaskan usaha tersebut. Anda wajib menyediakan waktu, tenaga, dan pikiran yang lebih besar pada bisnis Anda. 

Selain itu, Anda juga dituntut untuk bisa mandiri dan mampu memberikan keputusan secara tegas dan obyektif. Tapi ada kalanya juga sebelum mengambil keputusan Anda harus mendapatkan berbagai pertimbangan dari pihak lain misalnya keluarga, orang tua, atau bahkan orang yang Anda anggap sebagai mentor dalam bisnis tersebut. 

Baca Juga


4. Pengorbanan Lebih Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa pebisnis sukses akan punya banyak waktu luang. Mereka memang kerap kali melihat pengusaha sukses yang kemudian menghabiskan waktunya untuk jalan-jalan santai dan sebagainya.

Tapi karena Anda masih memulai sebuah bisnis, maka Anda tidak boleh langsung berekspektasi bahwa Anda bisa bersantai sesuka hati. Justru karena Anda masih merintis bisnis, maka Anda harus siap untuk mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga yang jauh lebih besar untuk bisnis Anda. Ada kalanya Anda akan merasa bahwa pengorbanan ini sudah di luar batas kewajaran. Tapi jika Anda berhasil melaluinya, maka bisnis Anda akan berkembang. 

5. Selalu Bangkit saat Ide Pertama Gagal



Tak sedikit pengusaha yang mengaku bahwa ide bisnis pertama mereka tak sesuai ekspektasi. Semua orang yang akan terjun ke dunia bisnis pasti selalu menginginkan dan berekspektasi bahwa ide bisnis pertamanya akan membawa kesuksesan.

Tapi Anda tak boleh terlena dengan semua itu. Karena sebaik apapun ide yang bisa Anda temukan takkan menjamin 100% Anda akan berhasil. Ada kemungkinan Anda akan gagal dengan berbagai penyebab. Karena itulah moment kegagalan pertama ini sebaiknya Anda jadikan sebagai sebuah pelajaran berharga, dimana Anda kemudian bisa mengevaluasi diri dan menciptakan ide-ide lain yang lebih sempurna. 

6. Tegas Bertindak

Pebisnis yang besar adalah mereka yang tegas dalam bertindak. Memiliki prinsip bisnis yang jelas, dipatuhi dalam pelaksanaannya, dan juga pandai dalam mengambil langkah bisnis. 

Kesampingkan hubungan kerabat, pertemanan, dan kenalan dalam bisnis Anda. Bekerjasamalah dengan orang-orang yang benar-benar kompeten di bidangnya. 

7. Resiko Kehilangan Teman

Karena Anda akan mencurahkan waktu dan perhatian sepenuhnya pada bisnis, tak jarang para pengusaha ini akan kehilangan teman-teman sepermainan mereka. Tapi ini bukanlah hal yang buruk bagi Anda selama Anda memang sungguh-sungguh ingin fokus pada bisnis. 

8. Tidak Semua Orang Suka Bisnis Anda

Saat menjadi seorang pengusaha, Anda wajib memahami bahwa tidak semua orang akan menyukai kehadiran Anda dalam dunia bisnis ini. Terlebih lagi jika mereka memiliki jenis usaha yang sama dengan Anda. Selain itu, Anda juga tak boleh silau dengan keberhasilan orang lain yang lapangan usahanya berbeda dengan Anda. 

9. Cintai Bisnis Anda

Jika Anda tak ingin menyerah di tengah jalan, maka Anda wajib mencintai bisnis sepenuh hati. Ingatlah bahwa semua pengorbanan Anda akan terbayar suatu saat nanti dengan kesuksesan.

Itulah diatas 9 tantangan yang wajib dilalui seorang pengusaha agar bisnisnya bisa sukses.


Emoticon Emoticon