07/10/2017

Mengapa Android Sinyal 4G tapi Internet Lemot?, Tips dan Solusinya!

DetikInfo.com - Apa sebabnya HP android sinyal 4G tapi Internet Maasih lemot. Jaringan data yang sekarang sudah mulai populer dan banyak penggunanya yaitu 4G-LTE. Operator selular juga berlomba-lomba untuk menggoda konsumen dengan iming-iming kecepatan data internet yang luar biasa. Tidak jarang pula konsumen menjadi ingin coba-coba membandingkan kualitas operator selular 4G seperti Telkomsel, iM3 Ooredoo, Smartfren, tri dan XL.

Mengapa Android Sinyal 4G tapi Internet Lemot

Kenyataan di lapangan tidak akan seperti yang pengguna Smartphone bayangkan, bahwa ketika ponsel sudah disetting dengan kualitas jaringan LTE 4G namun saat dipakai untuk browsing, menonton video streaming, Download Film dan aktifitas online lain ternyata kecepatannya tidak stabil bahkan cenderung terputus-putus koneksinya.

Walau di beberapa daerah tertentu pengguna smartphone 4G bisa menikmati kecepatan luar biasa namun di daerah yang lain dengan kartu selular serupa tidak bisa menikmati transfer data seperti yang dijanjikan. apa gerangan yang salah, apakah operator selular ataukah memang perangkat Smartphonenya yang error?.

Syarat Jaringan 4G-LTE yang cepat dan stabil

ada beberapa sebab yang bisa dijadikan acuan tentang kecepatan dan kestabilan jaringan 4G dari sebuah operator selular, dan tidak bisa kesalahan ditimpakan ke salah satu pemicunya seperti salah operator selular atau salah pemilik smartphone. Ada beberapa syarat yang menentukan kualitas dan kelancaran Jaringan LTE diataranya :

  • Kualitas hardware smartphone, Beberapa tipe dan merek ponsel dengan fitur 4G-LTE tidaklah sama antara satu dengan yang lain, adakalanya ketika Sim Card yang sama dan dicoba di dua smartphone yang berbeda dengan fitur 4G nantinya tidak akan sama hasilnya. Semakin baik class, komponen dan chipset yang mendukung kinerja jaringan maka semakin baik pula kualitas data transfer yang dihasilkan. Sebaliknya bila kualitas hardware pas-pasan hasilnyapun tidak akan sesuai harapan meskipun anda dekat dengan BTS (antena) operator selular.

Baca Juga


  • Sistem smartphone, Banyak sekali problem Jaringan disebabkan adanya sistem yang bermasalah. Walaupun sinyal bagus berkualitas LTE namun bila pada sistem android bermasalah maka bisa menyebabkan koneksi jaringan terhambat.
  • Banyaknya Aplikasi, Tidak dipungkiri kalau market aplikasi seperti play store sangat menggoda pengguna smartphone android untuk mencoba mengunduh sebanyak mungkin aplikasi ke dalam ponselnya, dan akibatnya tentu akan benyak menyita koneksi data internet di background sehingga kecepatan internet terbagi ke dalam beberapa aplikasi yang berjalan.
  • Kualitas Jaringan Operator selular, Setiap penyedia layanan selular di Indonesia seperti Telkomsel, iM3, XL, Smartfren maupun Tri yang menyediakan layanan jaringan 4G LTE memang menjanjikan kualitas lintas data yang cepat. Namun di lapangan akan berbeda kenyataannya, dimana setiap daerah akan berbeda satu dengan lainnya karena tergantung aspek ekonomi, contohnya dikota dnegan di daerah pedesaan tentunya perangkat di setiap BTS akan berbeda Kuota dalam penyediaan kualitas jaringan 4G. Begitu pula banyaknya pengguna di suatu wilayah juga sangat menentukan bandwidth yang diterima masing-masing konsumennya.

Mengapa Sinyal sudah 4G tapi internet tetap lemot?




Bagi anda pengguna smartphone android yang sudah berlangganan kuota data LTE dan juga kualitas signal juga bagus namun masih saja terasa lemot untuk melakukan aktifitas online seperti Browsing, Download, Streaming video Youtube, lihat TV online dan lainnya, maka bisa melakukan tips di bawah ini.

1. Bila lemotnya jaringan Internet tidak terlalu sering terjadi, coba restart Ponsel. Dengan melakukan reboot maka sistem yang bermasalah atau hardware yang bermasalah bisa kembali ke fungsinya semula.

2. Coba lakukan speed test pada koneksi internet jaringan 4G di ponsel, caranya mudah, cukup gunakan aplikasi Speedtest yang bisa di unduh dari play store.

Cara mendeteksi kecepatan internet 4G

  • Nilai PING, Jika terlalu besar lebih dari 400ms misalnya maka itu bisa jadi penyebab koneksi yang tidak responsif dan cenderung lambat. Ping bisa dijadikan patokan hubungan antara perangkat smartphone dengan pusat data Internet, Semakin kecil nilai PING semakin baik koneksi antara ponsel dengan BTS penyedia layanan selular yang anda punya.
  • Nilai Download, Bila setelah dilakukan Test ternyata Nilai Download tidak lebih dari 1 Mbps bisa dipastikan kualitas jaringan internet tidak bagus. Seharusnya dengan Kualitas 4G-LTE kecepatan yang didapat setidaknya minimal harus mendapat nilai download di speedtest 3-5 Mbps. Bila anda suka melihat Youtube, melakukan streaming tv Online, melakukan download file dan lainnya bisa bermanfaat bila nilai speed test menunjukkan angka yang tinggi.
  • Nilau Upload, Nilai unggahan yang harus didapat juga menentukan cepat tidaknya koneksi data internet yang ada. Fungsi Upload bila digunakan untuk aktifitas Online sangat berguna untuk melakukan lalulintas upload seperti mengunggah video ke youtube, bernyayi dengan aplikasi Smule dan lainnya.

3. Bila setelah reboot/restart tidak juga mengatasi problem jaringan yang lemot, coba matikan beberapa aplikasi yang terbuka di background.

4. Bila hanya satu aplikasi saja yang bermasalah dengan jaringan internet 4G yang lemot coba copot aplikasinya dan pasang kembali dengan mengunduh file aplikasi yang masih fresh

5. Bila semua aplikasi online seperti Browser, WhatsApp, BBM, Facebook, Youtube dan sebagainya tidak bisa melakukan koneksi internet dengan lancar walau sinyal sudah 4G bisa melakukan Opsi Reset Pengaturan Sistem android.

6. Lakukan langkah recovery sistem (Hard Reset) bila soft reset tidak mengatasi masalah. Begitupun bila sesudah melakukan hard reset ternyata tidak bermasalah maka lakukan langkah terakhir yaitu Flashing ulang firmware ponsel agar semua fungsi sistem kembali normal.

7. Bila setelah proses flashing tidak juga bisa mengatasi masalah, bisa ditebak kalau hardware yang menjadi pemicunya, silahkan bawa ke service center untuk dilakukan pemeriksaan/sevice.

Itulah ulasan tentang mengapa Internet Lemot padahal sinyal sudah 4G, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon