13/10/2017

Waktu Terbaik untuk Menjemur Bayi yang Baru Lahir dan Manfaatnya

DetikInfo.com - Waktu Terbaik untuk Menjemur Bayi yang Baru Lahir dan Manfaatnya. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari menjemur bayi, diantaranya yaitu dapat menstimulasi vitamin D serta mencegah bayi dari bahaya penyakit kuning. Namun, terkadang para Ibu yang baru melahirkan anak pertama masih bingung terkait waktu yang terbaik untuk menjemur sang buah hatinya tersebut. Nah untuk itu, berikut ini kami akan bagikan tipsnya.

Waktu Terbaik untuk Menjemur Bayi yang Baru Lahir dan Manfaatnya

Umumnya para Ibu melakukan kebiasaan menjemur buah hatinya berdasarkan dari kebiasaan dan tradisi turun temurun orang Tua mereka, walau pada dasarnya secara pasti belum tahu kapan waktu yang tepat menjemur bayi dan apa pula manfaatnya mengapa bayi harus dijemur di paparan sinar matahari ditilik dari Ilmu kesehatan.

Tips Memilih Waktu Terbaik untuk Menjemur Bayi Baru Lahir


1. Waktu untuk Memulai Menjemur Bayi

Jika Anda masih bertanya kapan sih kira-kira waktu untuk memulai menjemur bayi? Nah perlu diketahui, berdasarkan informasi dari salah satu pakar dibidang ini, yaitu dr.Margareta,Sp.A, mengatakan bahwa waktu terbaik untuk menjemur bayi baru lahir adalah sebelum jam 8 pagi.

Mengapa begitu? Hal ini berhubungan dengan kekuatan intensitas cahaya matahari yang memancar di pagi hari. Ketika intensitas cahaya tersebut terlalu tinggi, maka akan membahayakan kulit sang bayi dan dapat menyebabkan kulit bayi tersebut terbakar.

Baca Juga


Nah, adapun ciri-ciri dari kulit bayi yang terbakar adalah, adanya rasa nyeri, perih, serta gatal- gatal pada kulit. Untuk itu, hindarilah penjemuran bayi di atas pukul 8 agar intensitas cahaya matahari yang mengenai tidak terlalu tinggi.

2. Lama Menjemur Bayi

Nah, ini juga yang perlu Anda perhatikan, yaitu berapa lama waktu penjemuran bayi. Anda tidak perlu berlama-lama menjemur bayi, waktu yang ideal untuk digunakan adalah hanya 5-15 menit saja.

Atau Anda juga bisa mengira-ngira berapa lama waktunya dengan cara memperhatikan kulit sang bayi. Jika kulit bayi sudah terlihat kemerah-merahan, itu adalah pertanda bahwa waktu penjemuran sudah cukup. Dan segeralah Anda mengangkat bayi tersebut dari penjemuran.

Manfaat Menjemur Bayi untuk kesehatan

Untuk Anda yang belum tahu apa saja manfaat dari menjemur bayi, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.



1. Menormalkan Fungsi Hati

Pasca bayi dilahirkan, keadaan fungsi hati masih belum normal. Sehingga mengakibatkan kadar pada bilirubin terlalu tinggi dan menyebabkan bayi terlihat kuning. Kadar bilirubin biasanya akan menurun setelah hari ke-7 sampai hari ke-10 pasca kelahiran. Untuk itu, dalam keadaan seperti ini dibutuhkanlah sinar matahari yang berfungsi sebagai pemecah bilirubin dalam darah agar kadarnya kembali normal. Sehingga bayi tidak lagi terlihat kuning.

2. Menghindari Sress pada Bayi

Tanda bayi yang stress adalah seringnya menangis pasca kelahiran. Hal ini disebabkan hormon endorphin sedang bereaksi. Untuk itu diperlukanlah sinar matahari agar hormon tersebut bisa lepas dan bayi dapat terhindar dari stress.

Cara Tepat Menjemur Bayi

Untuk selanjutnya adalah cara yang tepat dalam menjemur bayi. Diantara adalah:

1. Menjemur dalam Keadaan Telanjang

Menjemur bayi dalam keadaan telanjang bertujuan agar dada si bayi terkena sinar matahari dan juga berfungsi untuk melonggarkan pernapasan pada dada. Untuk itu jemurlah bayi Anda dalam keadaan telanjang.

2. Membolak-balik Bayi

Mengapa bayi harus dibolak-balik ketika dijemur? Hal ini bertujuan agar sinar yang mengenai bayi dapat merata keseluruh tubuh. Bukan hanya bagian depan saja, namun bagian belakang juga bisa terkena sinar matahari terutama di bagian punggung bayi.

3. Menghindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Sebaiknya Anda melakukan penjemuran bayi di tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Carilah tempat yang terlindung dari sinar matahari namun sinar tersebut masih tetap biasa masuk, seperti tempat dengan pelindung yang terbuat dari kaca.

Hal tersebut dilarang karena paparan sinar matahari yang mengenai langsung ke mata, akan menyebabkan kerusakan pada retina maupun lensa mata bayi.

Nah, itulah diantara tips memilih waktu yang tepat untuk mejemur bayi beserta manfaat dan cara dalam penjemurannya. Selamat mengerjakan, dan semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon