13/11/2017

Arti tanda Centang di WA yang wajib diketahui!

DetikInfo.com - Maksud dan arti Tanda centang di WhatsApp. banyak pengguna aplikasi messenger populer seperti WhatsApp belum begitu mengerti apa arti tanda centang satu, centang dua, dan tanda lainnya ketika berkirim pesan. Bahkan ada yang mengira ketika menyentuh tombol kirim walau masih centang satu dianggapnya sudah terkirim di ponsel penerima dan sudah dibaca walau sebelumnya tidaklah demikian. Nah untuk sobat pembaca Detik Info yang belum mengerti arti dari tanda centang di WA akan admin bahas khusus untuk pembaca tercinta.

arti tanda centang di pesan wa

Di dalam aplikasi WhatsApp dan BBM maupun aplikasi messenger sejenis lainnya memang memberi kemudahan bagi penggunanya untuk melihat apakah pesan yang mereka kirim sudah sampai ke ponsel yang dituju ataukah belum, begitu juga bagi si pengirim juga bisa melihat apakah message yang dikirim masih 'nyantol' di server aplikasi maupun sudah masuk ke ponsel penerima namun belum dibaca, itupun juga bisa dilihat dengan mudah.

Bentuk ikon yang berbeda antara BBM dan WA dalam memberitahukan apakah pesan sudah terkirim, dibaca maupun belum sampai ke target, dimana untuk Aplikasi BBM menggunakan tanda berupa Huruf 'D' yang berarti Delivered (terkirim) maupun Huruf 'R' yang berarti Read (terbaca).

Berbeda dengan BBM, bentuk tanda pesan terdiri dari 4 tanda diantaranya : Tanda jam, centang satu (warna abu-abu), centang dua (abu-abu) dan centang dua (warna biru/hijau)

Arti tanda Centang di WhatsApp


Nah, untuk sobat Detik Info yang belum mengerti apa arti dari tanda-tanda pesan yang ada di whatsApp bisa menyimak ulasannya di bawah ini:

1. Tanda jam

Ketika anda baru saja menekan tombol kirim sesaat setelah mengetik pesan untuk teman anda, maka akan terlihat tanda Jam di bagian pojok bawah inbox yang anda tuliskan sesaat sebelum berubah menjadi tanda centang satu, apa maksudnya ?

Baca Juga


Ketika ada tanda jam di pesan yang sudah anda kirimkan masih ada mempunyai arti bahwa Pesan tersebut belum terkirim ke server whatsApp sebagai Pusat Data seluruh pengguna aplikasi WA.

Pertanyaannya, bagaimana kalau tanda jam di pesan belum juga berubah ke centang satu maupun centang dua ?, cobalah melakukan cek koneksi data internet di HP, siapa tahu koneksi data internet masih belum nyala atau terputus.

Sebenarnya ketika anda sudah menghubungkan HP dengan koneksi internet dan melakukan kirim pesan via WA maka tanda jam tersebut akan terlihat sangat singkat dan cepat berubah menjadi tanda ccentang, itu tergantung dari kecepatan koneksi internet yang anda punya.



2. Tanda Centang Satu

Setelah proses mengirim message dan berhasil terkirim ke pusat data (server) WA maka akan terlihat di layar adanya centang satu.

Dimana centang satu di inbox pengirim menandakan bahwa inbox yang dikirim berhasiil sampai ke server WhatsApp dan siap untuk ditransmisikan (dikirim) ke ponsel penerima yang dituju.

Jadi bila tanda di dasbaoard inbox anda sudah berubah dari tanda jam menjadi tanda centang satu berarti pesan belum terkirim ke penerima, untuk berubah menjadi centang dua tentu tergantung dari kecepatan data internet anda menerima respon balik dari server WA dan juga tergantung pula pada sibuk tidaknya server mengolah dan mengirim data anda ke tujuan.

3. Tanda centang dua (abu-abu)

Setelah tanda berubah menjadi centang dua maka sudah dipastikan isi pesan yang anda kirim dari WA sudah diterima di ponsel penerima namun belum dibaca.

Proses belum dibaca disini yang dimaksud adalah ketika server WA mengirim message ke tujuan dan penerima belum membuka aplikasi WA dan mengetuk inbox anda alias membukanya maka tanda centang dua di ponsel pengirim belum akan berubah menjadi warna biru.

Jadi jangan mengira kalau centang dua yang warnanya masih abu-abu itu sudah dibaca padahal belum sama sekali walau si penerima melakukan aktifitas membuka aplikasi Whatsapp, mungkin saja si penerima pesan anda belum ingin membukanya atau memang masih sibuk dengan inbox yang lainnya.

4. Tanda centang dua warna biru

Nah, kalau tanda yang ini berarti pesan yang anda kirim sudah dibaca si penerima. Cepat tidaknya tanda centang dua warna biru juga tergantung respon dan kecepatan dari koneksi data internet anda.

Jadi jangan berprasangka dulu kepada teman yang diinbox semisal anda marah-marah karena belum dibacanya isi pesan anda padahal teman yang anda kirimi pesan sudah membacanya gara-gara tanda centangnya belum berwarna biru, harap bersabar dan cek koneksi data anda untuk memastikan internet lancar untuk menerima notifikasi tanda dari WA.

Itulah beberapa fungsi dan arti tanda centang yang ada di aplikasi whatsApp, semoga bermanfaat untuk pembaca Detik Info semua, terima kasih.


Emoticon Emoticon