19/11/2017

Arti tanda Rating di Aplikasi dan Game Play Store, wajib diketahui !

DetikInfo.com - Arti kode Rating di Aplikasi dan Game Play store. Saat ini sudah Ribuan Aplikasi bisa kita temui di market Aplikasi paling populer untuk android yaitu Google Play, yang mana pihak google sebagai pemilik market tentunya mempunyai kriteria khusus untuk setiap aplikasi yang masuk dan memang tidak semua aplikasi lolos dan bisa dipajang di gogle play.

Arti tanda Rating di Aplikasi dan Game Play Store

Berbicara mengenai aplikasi dan game android tentunya tidak terlepas dari yang namanya Rating, dimana dengan menampilkan rating di setiap beranda aplikasi maka maka pengunjung yang ingin menginstall aplikasi bisa melihat apakah Aplikasi tersebut cocok untuk seusianya atau tidak.

Selain itu, Rating yang disematkan di setiap game dan aplikasi di play store bisa berisikn deskripsi selain hanya menunjukkan umur, seperti aktivitas seksual, tingkat kedewasaan, tingkat kekerasan dan beberapa kriteria lainnya.

Pada Umumnya, di setiap rating yang disematkan selalu disertai kode atau ikon berupa tulisan angka yang mudah dipahami untuk beberapa Negara tertentu. Namun kebanyakan anda akan melihat kde Rating aplikasi dan game di play store adalah berupa angka yang menunjukkan batasan Umur.

Salah satu keuntungan melihat terlebih dahulu rating aplikasi sebelum menginstallnya adalah agar tidak salah dalam memasang aplikasi, contoh ada anak seusia sepuluh tahun kebawah, tentunya tidak akan cocok memainkan aplikasi atau game dengan Rating diatas 3+

Rating di setiap game dan Aplikasi harus mematuhi standar IARC (International Age Rating Coalition) dan juga termasuk tanggung jawab Developer aplikasi terhadap penggunanya untuk memahami tingkat kedewasaan konten.

Arti Tanda Rating aplikasi dan Game


Di bawah ini adalah beberapa tanda umum yang sering kita lihat di google play dalam memahami rating di setiap aplikasi dan game yang beredar, yuk disimak.

1. Tanda Rating 3+

Arti rating 3+ yaitu cocok untuk semua umur dan aman untuk dijalankan serta dimainkan oleh anak Kecil seusia 3 tahun keatas. Aplikasi dan game yang diberi rating 3+ rata-rata bisa kita lihat pada game-game anak seperti memasak, game puzzle boneka, serta game lain yang dalam koridor seusia dini.



Jadi dalam rating ini beberapa adegan kekerasan yang masih dalam konteks fantasi dan komikal masih bisa diterima namun untuk bahasa yang buruk tidak dapat diterima.

2. Tanda Rating 7+

Di dalam aplikasi atau game yang mana konten didalamnya berisi beberapa adegan ataupun suara yang menakutkan bagi anak usia dini. Namun kekerasan masih bersifat ringan dan tidak realistis serta masih diizinkan

Baca Juga


3. Tanda Rating 12+

Dalam rating ini beberapa karakter kekerasan dan fantasi Non grafis yang melibatkan karakter hewan maupun manusia masih diizinkan, begitu juga untuk Ketelanjangan non grafis, simulasi perjudian masih diizinkan. Namun untuk kata kasar seksual tidak diizinkan di dalam konten game ataupun aplikasi.

4. Tanda Rating 16+

di tingkat game atau aplikasi yang menunjukkan rating ini berarti diijinkannya aktivitas konten seksual, makian, kekerasan nyata, penggunaan tembakau serta obat-obatan, dan juga menggambarkan aktivitas kriminal.

5. Tanda Rating 18+

Nah, untuk yng satu ini tentu tidak cocok ratingnya bagi anak-anak, dimana rating 18+ Mengizinkan konten dengan kekerasan grafis yang mana didalamnya termasuk penggabaran dengan sedikit motif atau diarahkan ke karakter yang tidak berdaya.

Begitu juga untuk adegan kekerasan seksual (grafis maupun non grafis), tindakan Pujian terhadap obat terlarang dan sikap diskriminatif masih diijinkan.

Intinya, bagi anda para orang tua sebaiknya selektif dan mengawasi buah hati dalam menjalankan setiap Game atau aplikasi yang beredar di play store agar aman dan sesuai rating menurut Umurnya.

Itulah pembahasan tentang arti dari tanda rating yang ada di aplikasi dan game di google play store, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon