21/11/2017

Cara Hemat Daya Baterai Samsung Android Lebih dari 50 Persen

DetikInfo.com - Cara Hemat daya HP samsung Android agar tahan Lama. Seperti perangkat Elektronik lainnya yang menggunakan Baterai sebagai catu dayanya, Smartphone Samsung Android juga tidak luput dari masalah borosnya penggunaan daya baterai. Namun secara umum, Ponsel dengan sistem Operasi Android memang dikenal rakus akan asupan daya baterai sehingga berbagai optimasi di sistem harus dilakukan seccara manual oleh penggunannya agar memperoleh hasil yang maksimal untuk menghemat konsumsi daya baterai.

mengaktifkan mode penghemat baterai samsung

Berjalannya sistem untuk menunjang kinerja berbagai aplikasi yang ada tergantung dari perangkat keras (hardware) dan software ( sistem operasi) yang digunakan.

Perlu diketahui, bahwasanya setiap pengingkatan versi sistem android akan disertai dengan berbagai optimasi seperti semakin hemat konsumsi daya, lebih ringan dijalankan dengan spesifikasi hardware yang setara dengan versi sebelumnya, Lebih responsif, peningkatan keamanan sistem dan sebagainya.

Jangan Salah dengan Kata 'Hemat daya'

Banyak diantara pengguna smartphone android yang salah mengartikan mode penghematan daya baterai, misalnya ada anggapan ketika ada suatu aplikasi yang bisa menekan konsumsi daya baterai sampai seminimal mungkin sehingga memperpanjang pemakaian sampai beberapa jam kelipatannya, dikira saistem akan bekerja seperti mode normal default pabrikan, padahal tidak demikian.

Dalam kondisi Normal seperti yang direkomendasikan Ponsel akan memaksimalkan fungsi semua sistem sesuai kebutuhannya masing-masing. Maksudnya, Bila kita melakukan optimasi penghematan daya, apalagi saat ini dipermudah dengan memakai aplikasi pengoptimal daya baterai, pada dasarnya ada beberapa fungsi sistem dan aplikasi yang akan dimatikan.

Ketika pengguna smartphone Android yang dalam pembahasan ini admin khususkan untuk pengguna HP Samsung, melakukan penghematan daya secara maksimal dari sebuah aplikasi maupun manual maka sebenarnya ada beberapa proses di background yang dinonaktifkan, Jaringan WiFi maupun selular juga bisa nonaktif untuk mode ultra hemat.

Fitur Android mana paling Boros Baterai ?

Sebelum membahas tentang cara menghemat daya baterai HP samsung Android, terlebih dahulu admin akan menjelaskan fitur apa saja yang paling dominan menghabiskan daya baterai Ponsel, diantaranya :

1. Jaringan Data Selular

Anda pemilik HP Samsung yang selalu terhubung ke jaringan internet menggunakan kneksi data selular akan merasakan daya baterai cepat habis daripada menggunakan koneksi Wi-Fi dikarenakan beberapa faktor seperti kualitas jaringan, jauh dekatnya lokasi BTS (antena) pemancar Provider selular dan sebab lainnya, yang mana beberapa efek selain daya baterai cepat habis juga adanya panas berlebih ketika memakai koneksi data selular.

2. Aplikasi di background



Banyaknya aplikasi yang berjalan di balik layar juga berpotensi besar menghabisakan daya baterai dengan cepat.

Semakin banyak aplikasi yang kita install di smartphone maka potensi untuk kehabisan daya juga semakin besar meskipun kita jarang membukanya.

3. Game dan Video

Nah, tanpa banyak yang menyadari bahwa memainkan Game, apalagi permainan dengan kualitas HD bisa sangat cepat menghabiskan daya baterai ponsel kita.

Baca Juga


Begitu juga dengan Video, walau anda memainkan video dari memori sekalipun juga berpotensi besar menghabiskan lebih banyak daya baterai, apalagi bila kita melakukan streaming video langsung melalui jaringan internet menggunakan jaringan data Selular akan lebih cepat lagi menghabiskan daya baterai smartphone.

4. Kecerahan Layar

Untuk yang satu ini juga jarang sekali pengguna smartphone memperhatikan dampaknya. Padahal dengan melakukan pengaturan kecerahan layar seminimal mungkin akan menambah waktu hidup ponsel.

Cara menghemat daya baterai HP Samsung Galaxy

Kita masuk ke pembahasan inti setelah mengetahui apa saja fitur di Smartphone android yang berpotensi besar menghabiskan daya beterai, saatnya membahas cara menghemat Baterai HP Samsung lebih dari 50 Persen bahkn bisa lebih, yuk disimak tipsnya. ( Catatan: untuk pembahasan kali ini admin menggunakan contoh android Samsung galaxy dengan sistem versi Marshmallow )

1. Masuk ke menu Pengaturan >> Pemeliharaan perangkat >> kemudian pada bagian bwah klik ikon opsi Baterai

Cara aktifkan mode hemat baterai samsung

2. Di halaman Baterai tersebut ada beberapa optimasi yang bisa dilakukan dan anda pilih yaitu :

- Sedang : Bila anda memilih opsi ini untuk melakukan penghematan baterai Samsung android maka bisa menambah prosentase daya sebesar kurang lebih 5 jam dari waktu normalnya.

Dimana pemilihan mode hemat baterai di pilihan 'sedang' ini akan melakukan pembatasan keccerahan di batas maksimum 90 persen, membatasi kinerja hardware seperti kecepatan Prosesor, RAM, GPU, interaksi sosial dan lain sebagainya.

mode hemat data daya di HP samsung galaxy

- Maksimum : Dengan menerapkan mode penghematan daya baterai HP Samsung di titik maksimum, maka kita dapat memperpanjang durasi pemakaian batarai sampai 50 persen lebih dari waktu normalnya.

Pemilihan opsi ini sangat tepat sekali digunakan untuk anda yang sedang dalam perjalanan jauh tapi tidak mempunyai cadangan daya seperti halnya Power Bank.

Namun bagi anda yang suka berselancar internet tidak akan cocok dengan opsi penghematan mde maksimum di HP samsung galaxy ini karena pada prinsipnya mode ini akan membatasi kecerahan layar sampai 80 persen, mencegah penggunaan data selular dan WiFi serta membatasi kinerja perangkat seperti Kecepatan CPU, Interaksi visual, mematikan beberapa aplikasi di background dan lain sebagainya.

3. Setelah mengetahui keperluan dari penggunaan ponsel Samsung milik anda maka pilih mode penghematan daya baterai sesuai kebutuhan, menerapkan metode hemat baterai Sedang atau yang maksimum. Terserah anda...

Itulah Tips singkat yang bisa admin bagikan tentang cara menghemat daya baterai HP samsung Galaxy sampai 50 persen lebih, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon