22/11/2017

Cara Membatasi Ijin Game dan Aplikasi HP si Kecil sesuai batasan Umur

DetikInfo.com - Cara aktifkan Kontrol Orang Tua untuk Game dan Aplikasi dari Play Store. Saat ini sudah ribuan game maupun aplikasi yang bertebaran di google Play dan secara leluasa bisa diunduh dan dipasang oleh siapa saja pengguna Smartphone Android tanpa terkecuali anak yang masih di bawah umur sekalipun. Itulah yang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Orang Tua si Buah hati yang selalu asik bermain dengan Androidnya.

cara batasi anak menginstall game dan aplikasi android

Kekhawatiran para Orang Tua kepada Anak Kecilnya juga beralasan karena beberapa konten aplikasi dan Game yang ada saat ini ratingnya tidak cocok untuk Pendidikan maupun kepribadian anak.

Sebelumnya Admin juga pernah membahas tentang beberapa label rating yang disematkan di setiap aplikasi maupun game yang ada di google Play, dimana fungsinya tentu untuk memberitahu si pengguna Android tentang rating yang menjelaskan isi kontennya, apakah sudah cocok dengan batasan umur atau belum.
Namun sekali lagi Orang Tua menjadi terbatas dalam pengawasan terhadap perilaku buah hatinya bilamana si kecil sudah bisa membuka sendiri aplikasi Play store untuk membuka beberapa konten aplikasi maupun game dari Google play, kemudian mengunduh dan memasangnya di HP yang dibuat mainan si kecil.

Keterbatasan Orang Tua untuk selalu mengawasi si buah hati sebenarnya bisa diatasi dengan memanfaatkan fitur canggih yang sudah disediakan oleh aplikasi Play store itu sendiri yang bernama fitur 'Kontrol orang Tua'. Nah apa fungsi dan bagaimana cara mengaktifkannya ?

Baca Juga


Manfaat Fitur 'Kontrol Orang Tua'

Fungsi dari fitur 'kontrol Orang Tua' yang ada di setiap aplikasi Play store bertujuan untuk membatasi ruang gerak si anak untuk bisa mengakses aplikasi dan game yang tidak sesuai dengan batasan umur.

Ketika fitur tersebut diaktifkan maka secara otomatis ketika si Buah hati melakukan pencarian game maupun aplikasi maka mesin pencari di google play akan membatasi konten yang ditampilkan agar tidak memunculkan aplikasi maupun game yang diluar batas rating yang sudah ditentukan sebelumnya oleh Orang Tua si Kecil.

Intinya Bila anda selaku Orang Tua yang khawatir dengan dampak Buruk aplikasi dan game yang diunduh si kecil dari Google play maka wajib bagi orang Tua untuk terlebih dahulu melakukan setting fitur Kontrol Orang Tua di aplikasi Play store HP Android si kecil.



Cara mengaktifkan batasan Aplikasi & Game di Play Store

Lanjut ke pembahasan utama, di bawah ini adalah tips udah mengaktifkan kontrol aplikasi dan game mana saja yang bisa diinstall dan sesuai dengan umur si Anak, silahkan disimak.

1. Pertama kali buka aplikasi Play Store atau google play

menu setelan kontrol orang tua play store

2. Kemudian masuk ke opsi menu, letaknya ada di pojok kiri atas, setelah itu masuk ke opsi 'setelan'

3. Kemudian di bagian Kontrol Pengguna, silahkan tap (masuk) ke opsi 'kontrol orang Tua'

4. Di halaman yang terbuka, sentuh slider yang masih nonaktif dan akan muncul pembuatan PIN sebagai akses keamanan agar si buah hati tidak bisa mengubah setelan nantinya.

cara aktifkan kontrol orang tua game dan aplikasi

5. Setelah membuat PIN dan tanda slider fitur kontrol orang tua aktif, silahkan klik pada opsi 'Aplikasi & Game'

6. DI halaman yang terbuka, silahkan sesuaikan rating aplikasi atau game sesuai dengan batasan umur anak, misal anak anda masih berumur 5 tahun maka sebaiknya pilih rating bertanda 3+

7. Setelah memilih rating yang cocok dengan usia anak anda, klik tombol simpan dan Ponsel sudah siap digunakan oleh si kecil lagi tanpa ada kekhawatiran lagi bila suatu saat si kecil membuka aplikasi atau game yang tidak sesuai dengan umurnya.

Itulah tips singkat tentang cara membatasi si kecil menginstall aplikasi dan game dari google play, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon