30/11/2017

Cara Pindah Aplikasi ke Memori MicroSD HP Samsung versi Marshmallow

DetikInfo.com - Cara ubah penyimpanan Aplikasi ke MicroSD HP Samsung Galaxy versi Android Marshmallow. Bagi anda pengguna smartphone dengan android Versi 6.0 seperti Galaxy J2 Prime, J5 Prime, Galaxy J7, A3, j5, S6 dan beberapa tipe lainnya bisa dengan mudah memindah penyimpanan aplikasi dari memori internal ke eksternal seperti MicroSD.

Melakukan pemindahan letak penyimpanan default untuk sebuah aplikasi di andrid biasanya bertujuan untuk menghemat ruang penyimpanan yang ada di memori Internal HP karena letak semua pemasangan aplikasi di internal memori. Rata-rata pemilik android Samsung dengan kapasitas memori ROM yang kecil bisa mengambil alternatif ini agar tidak terjadi error ketika ingin menginstall aplikasi lainnya.

Mungkin saja anda pernah mengalami ketika ingin mengunduh maupun update aplikasi dari play store ada peringatan ruang penyimpanan tidak mencukupi, hal tersebut dikarenakan memri internal sebagai ruang default instalasi aplikasi kurang dari space minimum yang direkomendasikan.

Untuk itulah perlu kiranya memindah sebagian dari aplikasi yang sudah terinstall di HP untuk dipindah ke memori eksternal semisal MicroSD supaya ruang penyimpanan Internal kembali lega dan bisa digunakan memasang aplikasi lainnya.

Baca Juga


Catatan, tidak semua aplikasi bisa dipindah letak instalasinya, apalagi untuk yang bawaan pabrikan atau istilah kerennya Aplikasi 'Bloatware'. Di beberapa aplikasi lain walaupun bukan bawaan Android Samsung juga ada yang tidak bisa dipindah letak instalasi defaultnya tergantung dari masing-masing pengembang atau developernya.

Cara Pindah Aplikasi ke MicroSD di HP Samsung Galaxy


Di bawah ini admin akan memberikan tips bagaimana cara memindah letak instalasi aplikasi dari memori internal ke memori MicroSD pada HP Samsung dengan versi android marshmallow. Untuk beberapa versi lainnya bisa menyesuaikan tata letak menunya dan untuk screenshot kali ini admin menggunakan contoh Samsung galaxy J2 Prime.

1. Masuk ke menu pengaturan di Samsung Galaxy, kemudian cari menu 'Aplikasi' dan masuk kedalamnya

Cara Pindah Aplikasi ke MicroSD di HP Samsung Galaxy

2. Kemudian di daftar aplikasi silahkan pilih aplikasi mana yang ingin dipindah ruang penyimpanannya kemudian sentuh nama aplikasinya sampai muncul halaman Info aplikasi

3. Di ruang info aplikasi tersebut pilih opsi 'penyimpanan'

4. Bila Aplikasi support untuk opsi pemindahan ruang penyimpanan maka akan tampak tombol 'ubah', silahkan tekan tombol tersebut.

memindah letak aplikasi ke microSD hp samsung

5. Nantinya akan muncul jendela popup Ubah lokasi penyimpanan, silahkan pilih 'kartu SD'

6. Setelah itu akn tampil halaman ekspor aplikasi, tekan tombol 'Pindah' untuk melakukan pemindahan letak penyimpanan aplikasi, tunggu sampai proses selesai dan ulangi lagi untuk beberapa aplikasi lain yang ingin anda pindah.

Itulah tips singkat tentang cara memindah lokasi penyimpanan aplikasi di HP Samsung Galaxy versi android Marshmallow, semoga ada manfaatnya untuk pembaca semua.


Emoticon Emoticon