23/11/2017

Cara Simpan data Inbox WA ke Google Drive Otomatis

DetikInfo..com - Cara backup chatting WhatsApp di Google Drive. Barangkali ada sebagian pengguna aplikasi WhatsApp (WA) yang suatu waktu kehilangan data inbox setelah melakukan install ulang WA, padahal data chattingan tersebut isinya sangat penting. Nah, sebelum mengalami kehilangan data chattingan WhatsApp tentunya jalan terbaik adalah dengan melakukan pencadangan (backUp) data yang nantinya bila ada trouble dengan aplikasi WA-nya bisa dikembalikan lagi seperti sedia kala.

Cara Simpan data Inbox WA ke Google Drive

Pada artikel sebelumnya, admin telah membahas beberapa pengaturan di aplikasi WhatsApp seperti Cara ganti Nada Dering dan Pesan WA dan juga ada fitur terbaru WhatsApp layaknya Aplikasi BBM yaitu cara Tarik Pesan Terkirim di WA yang bisa sobat baca.

Kembali lagi ke pembahasan tentang pencadangan Data Chat di aplikasi WhatsApp, dimana setiap percakapan di Inbox WA bisa dibackup agar suatu saat nanti bisa dikembalikan dalam keadaan utuh.

Pencadangan data Inbox di whatsApp sendiri bisa dilakukan secara otomatis tanpa memerlukan tindakan backup secara manual dari penggunanya. Proses backup melalui penyimpanan cloud milik google yang sudah sangat dikenal pengguna Internet yaitu google Drive.

Dengan melakukan backup data Inbox WA ke google drive maka kemungkinan kehilangan simpanan data bisa diminimalisir daripada menyimpannya ke perangkat keras seperti memori Card atau flash Drive yang rawan rusak. Oleh sebab itu pihak pengembang WhatsApp yaitu Google telah menempatkan fitur pencadangan data chat WA dengan menggunakan akun google Drive.

Cara backup Chat WhatsApp di Google Drive


Nah, langsung saja admin akan memberikan tips mudah cara melakukan pencadangan data chat aplikasi WhatsApp ke google drive, silahkan simak tipsnya di bawha ini.

1. Buka aplikasi WA dan pastikan koneksi Internet sudah terhubung

2. Masuk ke opsi Menu, letaknya di bagian pojok kanan atas, kemudian masuk ke Opsi 'Setelan'

cara setting pencadangan data chat whatsapp

3. Di menu setelan WA tersebut pilih opsi 'Chatting' > 'cadangan chat'

4. Di halaman cadangan chat tersebut tugas anda adalah memilih akun google Drive untuk melakukan backup. Silahkan klik pada pilihan 'akun'

mengaktifkan backup chat WA ke google drive

5. Di tampilan yang terbuka akan tampak akun google milik anda, bila ingin mengubah atau menambah akun google lain untuk proses penyimpanan bisa melakukan klik pada opsi 'tambahkan akun'



6. Setelah memilih akun GMAIL atau google milik anda, saatnya melakukan setting jadwal pencadangan chat, silahkan klik pada opsi 'Cadangkan ke google Drive'

menjadwalkan backup chat WA ke gooogle drive

7. Di jadwal backup anda bisa memilih opsi backup otomatis sesuai yang anda inginkan, seperti Bulanan, Mingguan, Harian, atau hanya saat anda mengetuk tombol 'cadangkan'. Dan bila ingin menonaktifkan pencadangan bisa memilih opsi 'jangan pernah'

8. Kemudian setting pula jaringan data yang diijinkan ketika ingin melakukan proses pencadangan otomatis, silahkan klik opsi 'Cadangkan melalui', kemudian pilih Wi-Fi atau bisa juga backup di jaringan WiFi dan Daa selular, semua terserah pilihan anda.

Itulah tips aplikasi WA yang bisa admin bagikan kali ini, Bila ada kesulitan tentang cara melakukan pengaturan pencadangan data chat di WA silahkan bertanya melalui kolom komentar di bawah artikel ini, terima kasih.


Emoticon Emoticon