27/11/2017

HP samsung Sering Restart Sendiri, ini solusi dan penyebabnya!

DetikInfo.com - Mengatasi HP Samsung Galaxy sering restart sendiri. Sebuah Perangkat Elektronik, entah itu di PC maupun Smartphone tidak lepas dari problem sistem didalamnya, dan salah satunya problem Android yang akan admin bahas kali ini yaitu smartphone Samsung yang sering mati dan nyala sendiri sehingga menimbulkan kekhawatiran penggunanya apakah hardware atau softwarenya yang bermasalah.

Mengatasi HP Samsung Galaxy sering restart sendiri

Apakah itu restart di HP android?, banyak sekali pengguna android yang bertanya-tanya apa itu restart dan apa fungsi sebenarnya sehingga ada menu khusus disematkan di sistem.

Restart atau bisa dinamakan reboot di smartphone secara sederhana bisa diartikan memulai kembali sistem, dimana sistem akan dimatikan dan dimulai memuat ulang kembali secara otomatis.

Fungsi restart atau reboot sendiri sangat penting diantaranya melakukan refresh (penyegaran) fungsi hardware dan software yang sedang berjalan, Berfungsi membuang file sampah yang tersimpan di RAM sehingga ketika selesai restart Kapasitas RAM kan kembali Normal, meminimalkan malfungsi di setiap aplikasi dan sistem, menormalkan kembali sistem yang crash dan lain sebagainya.

HP Samsung Android restart sendiri


Namun bila tiba-tiba HP android merestart dirinya sendiri tanpa ada aktifitas menekan tombol power dan memilih opsi restart, tentunya ada yang patut dicurigai dan diccari penyebabnya.

Di bawah ini ada beberapa penyebab dan solusi ketika HP android (dalam pembahasan ini 'HP samsung') tiba-tiba me-reboot dirinya sendiri ketika digunakan membuka aplikasi, game maupun menonton video. mari simak tipsnya :

1. Periksa Aplikasi

Bila HP samsung milik anda sering mati sendiri dan menyala ulang secara otomatis ketika menjalankan suatu aplikasi tertentu maka pemecahannya bisa sangat mudah.

Misal, anda membuka aplikasi Facebook dan seringkali HP samsung restart sendiri namun untuk aplikasi lainnya tidak bermasalah maka tersangkanya adalah aplikasi FB itu sendiri.

Nah, cara mengatasinya silahkan buka smenu setelan (pengaturan), kemudian masuk ke aplikasi dan temukan aplikasi yang sering restart tadinya, sesudah ketemu bersihkan cache dan data, tekan tombol 'clear cache' dan juga 'clear data'. Sesudah itu restart HP anda dan coba mainkan lagi aplikasi yang bermasalah tersebut.

Bila setelah menghapus data dan cache tetap bermasalah, coba copot pemasangan (uninstall) aplikasi dan unduh kembali serta install lagi agar sistem android mengenali ulang aplikasi yang masih fresh.

2. Cek RAM dan Kapasitas Penyimpanan

Bilamana tidak hanya satu aplikasi saja yang bermasalah namun diaplikasi apapun saat anda membukanya namun HP samsung tiba-tiba restart sendiri maka bisa dilakukan pengecekan kapasitas RAM yang terpakai dan juga Ruang penyimpanan Internal.

Banyak kasus dimana RAM yang sudah menipis kapasitasnya karena banyaknya aplikasi yang berjalan di background bisa menyebabkan sistem secara otomatis restart.

Begitu juga ketika ruang penyimpanan internal yang secara default digunakan untuk menyimpan data dan instalasi setiap aplikasi yang terpasang sudah menipis dan kurang dari 400 MB bisa menyebabkan kegagalan jalannya aplikasi sehingga sistem secara otomatis pula mereboot dirinya.

Baca Juga


Space memori yang tersisa biasanya digunakan oleh sistem sebagai Swap maupun temporary memori, sehingga ketika suatu aplikasi berjalan secara terus menerus dan banyak memerlukan ruang temporar namun tidak ada ruang yang mencukupi maka sistem akan memerintahkan untuk reboot otomatis.

Nah, untuk mengatasi HP samsung yang selalu restart sendiri karena minimnya ruang memori dan kapasitas RAM, bisa dilakukan pembersihan file sampah, cache file, junk file dan sejenisnya menggunakan aplikasi cleaner yang banyak ditemui di play store.

Namun bagi anda yang tidak ingin repot membersihkan secara manual file sampah dengan menginstall aplikasi khusus, bisa masuk ke menu pengaturan, kemudian masuk ke opsi Penyimpanan, nah disana ada opsi 'cache', silahkan klik dan hapus cache datanya.

Satu lagi, untuk membuat lega ruang memori internal, silahkan pindah sebagian datanya ke memori eksternal seperti MicroSD dan lain sebagainya.

3. HP Overheat



Salah satu penyebab HP Android sering restart sendiri juga dipengaruhi oleh hardware, salah satunya bila posisi CPU atau prosesor terlalu panas dan cenderung meningkat setiap saat ketika anda gunakan bisa jadi sistem akan mengamankan dirinya sendiri dengan cara reboot atau bahkan bisa shutdown secara otomatis.

Panas pada HP andrid sebenarnya Normal karena kinerjanya yang kompleks, dimana sebuah prosesor harus bekerja ekstra menjalankan aplikasi, sistem, jaringan selular dan data dan lain sebagainya, secara terus menerus bekerja sehingga apabila kapasitas dan kualitas Prosesor serta komponen pendukungnya seperti RAM dan GPU tidak memadai akan terjadi penumpukan perintah yang harus diproses sehingga setiap komponen yang terkait akan mengalami panas.

Bila di HP Android milik anda sering restart sendiri karena HP terasa panas yang tidak normal maka lakukan langkah berikut :

  • Matikan beberapa aplikasi yang berjalan di background, caranya masuk ke menu pengaturan, kemudian masuk ke menu aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin dimatikan prosesnya agar tidak membebani sistem.
  • Pastikan bila anda menggunakan jaringan data Selular pastikan jaringan bagus, karena kualitas jaringan yang buruk akan mempercepat habisnya konsumsi daya baterai dan juga membikin HP cepat panas.
  • Jangan gunakan HP saat sedang melakukan pengisian daya dengan memainkan aplikasi berat seperti menonton video, video call maupun bermain game.
  • Anda juga bisa menginstall aplikasi pendingan HP (android cooler) yang banyak tersebar di play store, dimana fungsi sebenarnya dari aplikasi tersebut untuk mempermudah menonaktifkan aplikasi yang tidak terpakai di background serta mengoptimasi RAM sehingga komponen smartphone bisa lebih dingin.

4. Reset sistem

Bilamana semua opsi diatas sudah dilakukan namun HP android anda tetap restart sendiri maka langkah selanjutnya lakukan factory reset atau mengembalikan pengaturan HP ke settingan pabrikan.

Melakukan reset pengaturan sistem android bisa bermanfaat untuk memulihkan crash, kegagalan sistem dan juga membuang file sampah yang tidak berguna sehingga nantinya smartphone kembali normal.

5. Flashing ulang

Kalau yang satu ini adalah opsi terakhir dan hanya bisa dilakuka oleh orang yang sudah berpengalaman merepair sistem android yaitu dengan melakukan flashing firmware.

Ketika semua opsi mengatasi ponsel yang trouble namun tidak menemukan solusinya, silahkan lakukan flash ulang, bila tidak bisa melakukan sendiri admin sarankan untuk membawanya ke service center terdekat, apalagi kalau HP android masih bergaransi pastinya gratis tanpa ongkos service.

Itulah beberapa tips tentang cara mengatasi HP Samsung Galaxy yang sering restart sendiri, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon