27/12/2017

Cara Hilangkan Aplikasi bawaan XIAOMI tanpa Root

Detikinfo.com - Cara nonaktifkan Aplikasi bawaan HP Xiaomi tanpa proses Root. Seperti halnya smartphone produk lain, pabrikan Xiaomi juga menyertakan aplikasi bawaannya atau biasa disebut dengan bloatware. Memang aplikasi bawaan HP satu merek dengan merek lain akan berbeda tergantung kemauan dan tujuan vendornya.

Cara Hilangkan Aplikasi bawaan XIAOMI tanpa Root

Dengan adanya aplikasi bawaan di Xiaomi tentunya pihak pembuatnya ingin ada ciri khas untuk produk miliknya. Namun adakalanya aplikasi bawaan vendor atau Bloatware tersebut banyak yang nganggur alias sia-sia saja keberadaannya.

Dimana para pengguna HP xiaomi sebagian besar menginginkan aplikasi pilihannya sendiri yang diunduh dari play store daripada aplikasi bawaan Xiaomi itu sendiri.

Begitu juga banyak kasus dimana pengguna smartphone Xiaomi yang ingin menonaktifkan aplikasi bawaan pabrik tersebut tidak bisa dilakukan karena tidak ada opsi 'copot' atau uninstall-nya.

Tentu kalau sudah demikian banyak yang membiarkan aplikasi bawaan HP Xiaomi harus nganggur dan tentu saja hanya memenuhi space Memori internal HP saja.

Cara Nonaktifkan Aplikasi bawaan Xiaomi

Tidak seperti HP yang murni dengan sistem Operasi Android yang bernama AndroidOne, dimana tipe tersebut dipasarkan tanpa adanya bloatware di dalamnya, jadi murni dari bawaan sistem android itu sendiri dan mencirikan khas ponsel android sesungguhnya.

Dan untuk aplikasi bloatware itu sendiri sebenarnya tidak bisa dicopot pemasangannya dengan cara normal alias tanpa masuk sebagai super user alias akses root.


Namun karena proses root sangat rentan terhadap keamanan sistem operasi maka admin tidak merekomendasikan melakukan root HP Xiaomi miliknya kecuali sudah tahu resikonya seperti kehilangan garansi ponsel, sistem mati total, banyak virus masuk dan lain sebagainya.

Di bawah ini admin akan memberikan tips bagaimana menonaktifkan aplikasi bawaan HP XIAOMI supaya aktifitasnya di background berhenti serta menghemat asupan kinerja RAM supaya ringan menjalankan aplikasi yang lain, yuk disimak.

Baca Juga


  • Kemudian pasang di HP xiaomi yang ingin dinonaktifkan aplikasinya
  • Silahkan buka aplikasi dan masuk ke opsi recent activities, letaknya di bagian atas sisi layar
  • Kemudian ubah ke opsi All activities dan cari opsi settings, bila ada 2 opsi silahkan pilih warna yang abu-abu
  • Lalu cari opsi Installed apps yang ada keterangannya 'Com.android.settings.settings$ManageAplicationsActivity'
  • Langkah selanjutanya tinggal pilih aplikasi bawaan Xiaomi mana yang ingin anda nonaktifkan, klik saja tombol disable untuk mematikan aplikasi tersebut
  • Bilamana berhasil nantinya ikon aplikasi bawaan HP Xiaomi tidak akan muncul lagi dilayar.

Nah, itulah tips yang bisa admin sajikan kali ini tentang cara menonaktifkan aplikasi bloatware bawaan XIAOMI tanpa proses root, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon