15/01/2018

Benarkah Android Lebih Panas ketika pakai Data Selular daripada Wi-Fi ?

HP Lebih cepat panas manakah, pakai Wi-Fi atau Data Selular? - Mungkin banyak diantara pengguna Smartphone yang merasa Ponsel cepat Panas ketika digunakan untuk Browsing, Membuka aplikasi Social Media, memainkan Game Online dan aktifitas Internet lainnya. Banyak yang tidak sadar bahwasanya ada perbedaan suhu yang dihasilkan ketika menggunakan koneksi Internet via Data Selular dan menggunakan sambungan internet Via WiFi. Benarkah keduanya bisa beda untuk penyebab panas di Ponsel ?

HP Lebih cepat panas manakah, pakai Wi-Fi atau Data Selular

Tidak seperti jaman dulu sebelum Android atau Ponsel pintar, dimana ponsel jaman masih banyak menggunakan koneksi data GPRS, EDGE atau maksimal 3G yang masih beberapa tipe saja dengan sistem operasi Java dan Symbian. Dimana jarang kita temui HP yang terlalu panas suhunya ketika dipegang seperti jamannya smartphone Android saat ini.

Smartphone merupakan gadget canggih yang bekerja sangat kompleks melibatkan berbagai komponen, jalannya jutaan script yang enjalankan sebuah sistem agar bisa dipakai oleh penggunannya.

Berkaitan dengan begitu banyaknya proses sistem dan aplikasi yang harus dikerjakan oleh sebuah smartphone maka secara otomatis kinerja hardware juga semakin keras dan full aktifitas sehingga panas yang ditimbulkan semakin tinggi.

Namun jangan khawatir, dengan teknologi yang semakin canggih saat ini Pabrikan smartphone sudah mengukur secara teliti berapa suhu yang bisa ditoleransi. Jadi anda yang baru saja mempunyai smartphone android dan merasa ponsel cepat panas ketika dipegang karena digunakan untuk aktifitas internet, bersocial media, nonton youtube dan lain sebagainya maka hal itu wajar dan normal.

Beda Koneksi - beda Panas di HP

Bagi anda yang menggunakan smartphone dan selalu membutuhkan sambungan data Internet kemudian terbiasa dengan Koneksi Wi-fi maka ponsel akan lebih dingin suhunya dibanding dengan menggunakan koneksi data dari kartu Selular. Mengapa demikian, simak jawabannya berikut ini.

Baca Juga


1. Menggunakan sambungan Wi-Fi lebih membuat suhu HP dingin dikarenakan jarak antar pemancar ( Hotspot ) dengan perangkat tidaklah jauh. Bahkan secara umum Hotspot (Router WiFi) milik pribadi ada di satu ruangan dengan si pemakai ponsel yang terhubung.

Lain halnya dengan menggunakan data kartu selular, Jauhnya BTS (antena pemancar) sangat berpengaruh sekali dengan panas yang nantinya ditimbulkan. Hardware penala signal di ponsel akan bekerja ekstra untuk menstabilkan dan membuat sinyal tetap terhubung sehingga daya yang digunakan juga semakin besar. Hal ini nantinya juga terkait dengan cepatnya daya baterai ponsel habis daripada memakai sambungan Wi-Fi.

2. Karena berhubungan dengan daya yang digunakan hardware smartphone maka ketika menggunakan sambungan WiFi baterai ponsel akan lebih awet daripada menggunakan data selular.

Seperti yang disebutkan pada poin satu diatas, bahwasanya komponen terkait untuk penstabil signal dan jaringan di dalam Ponsel akan bekerja ekstra untuk melakukan tugasnya menstabilkan sinyal agar bisa selalu terkoneksi, maka dari itu semakin jauh jarak BTS atau antena pemancar dari ponsel anda berada maka semakin cepat pula baterai terkuras habis dan panas yang ditimbulkan semakin tinggi.

3. Kualitas sinyal juga berpengaruh pada kedua sambungan ini, yakni sambungan Wifi dan Data kartu selular. Bila sinyal yang digunakan memakai data selular dan sinyal sangat minim maka ponsel akan lebih cepat panas dan cenderung semakin naik seiring naik turunnya sinyal yang didapat, begitu pula dengan memakai sambungan WiFi.


Namun panas di HP tidak akan begitu tinggi ketika menggunakan sambungan WiFi dibanding dengan memakan data selular untuk terhubung ke internet.

Jadi bagi anda yang berada pada posisi sinyal jelek cenderung hilang atau naik turun maka wajar saja ponsel akan bersuhu lebih panas daripadda ketika anda berada pada posisi sinyal bagus atau full.

Cara menurunkan HP Android terlampau panas

Setelah mengetahui beberapa perbedaan antara sambungan internet menggunakan koneksi data selular dan Sambungan Wi-Fi, silahkan simak juga cara menurunkan panas di Smartphone dengan cepat dan mudah di bawah ini :

1. Pastikan signal yang didapat tidak naik turun alias bagus, bilamana kondisi sinyal buruk matikan terlebih dahulu koneksi data bila panas di ponsel sudah mulai tinggi, tunggu sampai dingin kembali.

2. Matikan Proses aplikasi yang berjalan di background yang tidak terpakai, Dengan mematikan proses aplikasi yang tidak terpakai maka suhu di ponsel tidak akan begitu tinggi.

3. Unistall aplikasi yang tidak perlu akan membuat kinerja prosesor HP anda semakin ringan dan akhirnya suhu ponsel tidak akan terlampau tinggi.

4. Gunakan sambungan WiFi bila tersedia di sekitar anda daripada menggunakan data selular yang akan menguras daya baterai sekaligus membuat ponsel cepat panas.

5. Turunkan kecerahan layar sampai batas minimal yang anda masih bisa nyaman untuk melihatnya. Kontras pencahayaan layar yang terlampau tinggi memerlukan daya baterai yang tinggi dan hardware seperti Chipset dan GPU akan bekerja lebih tinggi sehingga suhu ponsel akan cenderung panas.

6. Bilamana merasa khawatir dengan panas terlampau tinggi di ponsel anda dan ingin mendinginkannya dengan cepat silahkan matikan sementara waktu sambungan data selular, bila sudah dingin nyalakan kembali.

7. Opsi lainnya yaitu dengan menginstall aplikasi penurun suhu ponsel yang banyak tersebar di google play store. Dimana cara kerja aplikasi penuruh suhu hardware HP tersebut secara umum dengan mematikan secara otomatis aplikasi dan proses sistem yang tidak terpakai tanpa ada campur tangan pemilik smartphone. Jadi bagi anda yang tidak suka ribet dan dikhawatirkan dengan HP kesayangan yang cepat panas silahkan install saja aplikasi penurun suhu.

Itulah tips dan ulasan tentang panas di smartphone dan bagaimana pula cara mendinginkannya. Jadi tahu kan apa beda sambungan data selular dan WiFi dalam menghasilkan panas di ponsel?, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon