01/01/2018

Apa itu MIUI di HP XIAOMI dan apa Fungsinya?

DetikInfo.com - Pengertian MIUI di HP XIAOMI Android. Banyak pengguna smartphone XIOMI yang bertanya-tanya apa itu MIUI dan apa kegunaannya. Mengapa pula Produk Xiaomi selalu dikatikan dengan kata-kata MIUI di beberapa artikel situs yang membahas tentang android. Agar lebih tahu apa itu MIUI maka admin akan menjelaskan secara singkat, padat dan tentu mudah untuk dipahami khusus untuk pembaca Detik Info semua.

Pengertian MIUI di HP XIAOMI Android

Pengertian MIUI XIAOMI

MIUI kepanjangannya Mobile Internet User Interface, di Indonesia sendiri banyak yang menyebutnya sebagai Xiaomi User Interface. Dimana perangkat Lunak MIUI dikembangkan oleh vendor Tiongkok yakni pihak Xiaomi sendiri untuk melengkapi User Interface dari sistem android yang berjalan di produk mereka.

Seperti diketahui Bahwasanya sistem Android 'Murni' tidak menyertakan tampilan layaknya di beberapa merek smartphone yang membawa tema-nya masing-masing. Samsung, OPPO, Coolpad, Asus dan tipe lainnya masing-masing membawa tema User Interface sendiri-sendiri untuk ciri khas dan juga mempermudah penggunanya untuk berinteraksi dengan perangkat selular produk mereka. Bila anda ingin melihat bagaimana tampilan android sebenarnya mudah sekali menemukannya yakni di AndroidOne yang saat ini sudah banyak diproduksi oleh beberapa vendor smartphone dengan harga murah.

Simak pula :

Kembali mengenai MIUI, mungkin anda pernah suatu saat memegang HP Android merek samsung yang terkenal dengan tema TouchWis-nya, kemudian anda meminjam HP teman merek Xiaomi dengan MIUI didalamnya, meskipun nantinya mempunyai versi android yang sama namun anda pasti tidak akan menemukan urutan tampilan dan menu di kedua ponsel tersebut yang sama karena memang masing-masing pabrikan memberikan 'sentuhan' yang berbeda pada tata letak dan juga tampilan yang ada.

MIUI sendiri dibangun dengan Bahasa pemrograman Java, C dan juga C++ berjenis kernel Monolitic, dimana kernel tersebut adalah hasil modifikasi dari Kernel Linux. MIUI mempunyai Lisensi Publik Umum GNU v3 dan juga Lisensi Apache 2.0.



MIUI China dan MIUI Global

Ada 2 versi MIUI untuk smartphone Xiaomi saat ini, dimana untuk di wilayah pengemmbangnya yakni Tiongkok, MIUI yang digunakan adalah MIUI china, yang mana di dalam HP Android yang beredar di china tidak ada layanan produk milik google, yang artinya di dataran china memang layanan google terlarang untuk dipakai sebagai layanan default untuk ponsel produk mereka dan pengguna Xiaomi di china dalam paket ponsel yang dimiliki tidak disertakan didalamnya play store, GMAIL, Facebook, Instagram, WA atau semua produk milik google.

Namun untuk daerah di luar China seperti Taiwan, India, Singapura, Indonesia, Malaysia dan lain sebagainya didalam smartphone Xiaomi sudah disertakan ROM Global yang didalamnya ada MIUI global yang berisi bloatware yang umum dimiliki android seperti GMAIL, Play Store, Facebook, Gaoogle Maps dan lain sebagainya.

Versi MIUI

Dalam perkembangannya, beberapa Versi MIUI bisa kita jumpai di beberapa smartphone mulai dari jamannya Ponsel android OS Froyo sampai Oreo sekalipun. Dimana untuk versi pertama alias Rilis awal MIUI Versi 1 sudah dijalankan di produk Xiaomi dengan versi android Froyo, kemudian berturut-turut ada MIUI V3 di android 2.3, MIUI V4 di android 4.0-4.1, MIUI V5 di android 4.1-4.4, MIUI 6 di android 4.42-5.0.2, MIUI 7 yang berjalan di android Xiaomi 4.4.4-6.0, MIUI 8 untuk xiaomi android versi 4.4.4-Nougat dan juga Xiaomi dengan MIUI 9 terbaru yang bisa berjalan pada OS Android versi 4.4.4-7.1.2

Dalam pengembangan versi yang lebih tinggi, MIUI semakin stabil dengan berbagai penambalan kekurangan yang ada. Begitu juga untuk slogannya bisa kita kenali dari beberapa Versi yang ada seperti 'Yours by design' untuk MIUI 7, 'Simplify your Life' untuk MIUI 8, dan juga 'Lightning fast untuk MIUI 9.

Kesimpulannya, jadi walaupun HP Xiaomi berjalan di sistem operasi android namun antarmuka perangkat untuk interaksi dengan penggunanya (User Interface) menggunakan perangkat lunak lain yang bernama MIUI.

Itulah informasi tentang pengertian MIUI untuk HP XIAOMI yang bisa admin sajikan kali ini, semoga bermanfaat untuk pembaca semua, terima kasih.


Emoticon Emoticon