09/01/2018

3 Cara Jadikan HP OPPO Modem Laptop / PC

Tips Menjadikan HP OPPO untuk Modem Internet Laptop. Jaman sekarang sudah jamannya Koneksi internet, dimana setiap perangkat smartphone dan Laptop sudah bisa terhubung ke jaringan Internet melalui Wi-Fi, Koneksi data selular, Kabel data, Bluetooth dan jaringan kabel. Nah, saat ini admin akan membagikan tips khusus bagi pemilik HP OPPO tentang cara berbagi koneksi Internet ke perangkat Laptop atau Komputer PC dengan berbagai tipe sambungan yang telah ada di perangkat android.

Tips Menjadikan HP OPPO untuk Modem Internet Laptop

Metode menghubungkan koneksi internet di Laptop menggunakan koneksi data dari Ponsel android bisa dilakukan dengan 3 Opsi yang bisa dipilih sesuai selera seperti melalui Tethering Wi-Fi atau biasa disebut Hotspot, melalui koneksi kabel data (Tethering USB) ataupun bisa melalui koneksi jaringan Bluetooth.

Anda yang menggunakan HP android OPPO bisa memilih salah satu dari ketiga Opsi tersebut bila suatu saat ketika ingin berinternet di Laptop namun tidak ppunya Modem khusus buat perangkat Komputer Jinjing tersebut. Maka opsi yang bisa dipilih yakni Kabel Data USB, Bluetooth dan Hotspot Selular.

Ada beberapa kekurangan dan keuntungan menggunakan ketiga jenis koneksi tersebut diantaranya :

a. Untuk koneksi melalui Kabel USB kelebihannya yaitu Ponsel tidak akan pernah kehabisan daya baterai berapapun lamanya dipakai karena selain memberikan koneksi internet dari Smartphone ke Laptop juga sekaligus secara terus-menerus melakukan pengisian daya via kabel tersebut.

Begitu juga kelebihan lain menggunakan kabel data USB yakni koneksi data akan lebih stabil disebabkan hantaran data langsung ditransfer via Kabel, beda dengan mode Wireless.

Untuk kekurangannya hanya sebatas anda tidak bisa leluasa membawa ponsel yang sedang terhubung ke laptop tersebut menjauh karena terbatas ukuran panjang kabel data. Selain itu memang tidak setiap saat anda juga membawa kabel data kapanpun dan dimanapun kecuali memang alat charger yang saat ini kabel data bisa terpisah dari bodinya anda bawa sekaligus untuk digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan.

b. Menggunakan Koneksi Hotspot Wi-Fi (Tethering WiFi) mempunyai keuntungan lebih dinamis dalam penggunaan ponsel, Jadi smartphone android masih bisa digunakan dari jarak agak jauh dari Laptop asal tidak terlampau jauh sehingga memperlemah sinyak Wi-Fi ke Laptop.

Keuntungan lainnya, dengan memanfaatkan koneksi Hotspot selular maka pengguna selain laptop seperti smartphone yang lainnya bisa terhubung secara bersamaan. jadi satu HP android bisa dibagi koneksi internetnya ke beberapa perangkat Laptop atau selular sekaligus.

Kekurangan menggunakan koneksi Hotspot WiFi selular yaitu semakin anda menjauh dari perangkat Laptop atau smartphone yang terhubung maka sinyal semakin melemah dan akibatnya kecepatan transfer data juga makin berkurang. Begitu pula bisa andda menggunakan Hotspot Android seara bersamaan terhubung ke perangkat lain maka kecepatan masing-masing perangkat yang terhubung juga semakin berkurang karena adanya bagi-bagi jatah koneksi.

c. Untuk tethering internet via Bluetooth memang jarang sekali digunakan masa sekarang walau saat ini semua smartphone android masih menyediakan menunya. Saya rasa keuntungannya hanya sebatas apabila perangkat laptop atau smartphone yang ingin terhubung tidak memiliki koneksi Wi-Fi maupun tidak bisa digunakan via sambungan kabel USB, entah karena WiFi laptop rusak atau bermasalah dengan sistemnya.
Kekurangan menggunakan koneksi Tthering Bluetooth tentu saja nilai transfer datanya yang sangat kecil yang pastinya anda tidak akan sabar untuk berselancar internet.

Tips Jadikan HP OPPO Modem WiFi

Via Hotspot Selular

Cara ini adalah tips paling banyak digunakan saat ini oleh beberapa pengguna smartphone android dan memang keuntungannya koneksi bisa digunakan beramai-ramai untuk Laptop, PC, Tablet atau smartphone. Untuk mengetahui cara mengaktifkan Hotspot OPPO silahkan simak tipsnya berikut ini.

1. Masuk ke menu pengaturan atau setelan kemudian masuk ke opsi 'sambungan Nirkabel lainnya'

penambatan HP OPPO via hotspot wifi

2. Lalu masuk ke opsi 'Hotspot Pribadi', di tampilan yang terbuka silahkan aktifkan atau geser slider supaya Hotspot Wi-Fi HP OPPO anda menyala.

3. Untuk keamanan Hotspot HP OPPO bisa dilakukan dengan masuk ke opsi 'pengaturan Nama dan kata sandi', lalu Ubah nama Hotspot atau biasa dikenal sebagai SSID sesuai yang anda kehendaki, kemudian masukkan juga kata sandi yang anda inginkan agar tidak semua orang yang mendeteksi keberadaan Hotspot OPPO anda terhubung dengan mudah.

Catatan : Untuk metode diatas menggunakan contoh HP OPPO dengan android versi Lolipop v5.1.1, jadi anda yang menggunakan OPPO versi android lainnya bisa menyesuaikan tata letak menunya saja.

Via Kabel Data USB

Bilamana anda ingin menghemat pemakaian daya baterai ketika HP OPPO digunakan sebagai modem WiFi maka opsi berbagi koneksi internet ke Laptop bisa melalui kabel USB sekaligus melakukan charging daya. Bagaimana caranya, bisa disimak pada tips berikut ini.



1. Tancapkan kabel Data USB bawaan HP OPPO anda kemudian masuk ke Opsi Pengaturan atau Setelan

sharing intenet OPPO Via Kabel Data USB

2. Lalu masuk ke opsi Sambungan Nirkabel lainnya dan masuk pula ke opsi Penambatan USB. Perlu diingat, bila opsi Penambatan yang tampil di layar HP OPPO anda terlihat samar alias tidak bisa disentuh berarti koneksi kabel data dari HP ke Laptop bermasalah, tancapkan ulang atau coba dengan Kabel data yang lain.

3. Kemudian geser slider 'penambatan USB' agar aktif, nantinya di perangkat Laptop akan mendeteksi secara otomatis koneksi jaringan dari HP OPPO dan bila berhasil terhubung maka di bagian Pojok layar Laptop bagian kanan bawah (posisi defaultnya) akan tampak Network connected atau ada tulisan Internet Connected.

Via Penambatan Bluetooth

Bilamana kedua opsi diatas yaitu Tethering WiFi maupun via penambatan USB tidak anda sukai atau ada problem lain silahkan gunakan opsi menggunakan sambugan Bluetooth untuk berbagi data internet dari HP OPPO ke Laptop. Untuk caranya bisa anda lihat di bawah ini.

1. Seperti biasanya, masuk ke menu pengaturan, kemudian masuk ke Opsi 'sambungan nirkabel lainnya'

Via Penambatan Bluetooth OPPO

2. Di halaman opsi tersebut aktifkan Opsi 'Penambatan Bluetooth'

3. Langkah selanjutnya, Buka menu Bluetooth di Laptop kemudian aktifkan, lalu klik 'add Bluetooth or other device'.

4. Nantinya perangkat Blutooth laptop akan melakukan scanning dan bila sudah menemukan nama perangkat dari bluetooth OPPO anda silahkan klik untuk melakukan pairing agar terhubung.

5. Bila berhasil terhubung maka anda sudah bisa menggunakannya untuk berselancar internet walaupun kecepatan koneksi tidak secepat menggunakan kabel data USB maupun Hotspot Wi-Fi.

Itulah beberapa tips tentang cara membuat HP OPPO sebagai Modem internet untuk perangkat Laptop atau smartphone, semoga tips admin diatas bermanfaat untuk pembaca semua.


Emoticon Emoticon