21/01/2018

Installl Aplikasi Selain dari google Play Store, Ini bahayanya!

Installl Aplikasi Selain dari google Play Store, Ini bahayanya!

Bahaya Unduh Aplikasi selain dari Play Store google - Sudah bukan rahasia lagi bahwasanya Smartphone android terkait dengan sebuah Email (GMAIL) dan untuk mengakses Google Play Store diperlukanlah akun tersebut untuk melakukan unduhan serta suatu saat melakukan pembaruan aplikasi dengan versi terbaru secara Otomatis.

Bahaya Unduh Aplikasi selain dari Play Store google

Namun beberapa hal yang jarang diketahui oleh beberapa pemilik smartphone android, dimana pihak google sangat menyarankan untuk melakukan unduhan serta pemasangan aplikasi via antarmuka market aplikasi google play store.

Bukan tidak beralasan ketika google sebagai sang Developer Android menyarankan pengguna perangkat bersistem android tersebut untuk mengunduh setiap aplikasi dari market miliknya yaitu google play store, yang mana pihak google sendiri telah meyakinkan para pengguna smartphone android bahwa dari sisi keamanan dan juga kompatibilitas versi dengan beberapa perangkat android bisa dipertanggungjawabkan keberadaannya.

Banyak sekali saat ini bertebaran berbagai market aplikasi di internet yang menawarkan bentuk mentah dari sebuah file instalasi aplikasi. Dimana file tersebut nantinya berbentuk file APK yang dapat disimpan dan dipasang secara manual. Hal tersebut tidak akan ditemui di market google play store yang mana proses pengunduhan serta instalasi harus dengan antarmuka dari halaman google play store itu sendiri.

Memang ada keuntungan mengunduh aplikasi berupa file APK dari berbagai market APL yang ada di Internet, seperti halnya ketika ingin mengunduh versi tertentu dari sebuah aplikasi bisa memilih dengan leluasa, atau bahkan ingin mengkoleksi file-file aplikasi untuk keperluan tertentu bisa saja hal tersebut dilakukan, namun tidak untuk google play store.

Di balik keuntungan mengunduh dan menginstall file aplikasi dari selain google play store ternyata ada banyak kerugian yang didapat, diantaranya sebagai berikut :

1. Terinfeksi Malware

Banyak developer aplikasi yang 'nakal' melakukan injeksi script virus atau malware dibalik aplikasi yang dibuatnya, sehingga rata-rata para pembuat aplikasi yang ingin berbuat curang tersebut tidak berani melakukan upload aplikasi miliknya ke google play store dan memilih market lain yang tidak banyak syarat keamanan layaknya google play store.

virus di dalam aplikasi

Jadi salah satu yang harus dikhawatirkan ketika ingin melakukan unduhan dan memasang aplikasi dari market-market APL selain play store google sebaiknya waspada karena bisa saja aplikasi yang kita unduh mengandung malware / virus.

Memang tidak seluruh aplikasi di market selain play store bisa membawa malware, tips yang paling jitu ketika ingin sekali mengunduh aplikasi selain dari play store yakni baca dan lihat dahulu berbagai testimoni serta review aplikasi bersangkutan di berbagai forum Android, bilamana banyak yang memberi nilai bagus dan terlihat aman silahkan saja mengunduh aplikasi tersebut.

2. Tidak ada Update

Dengan melakukan instalasi aplikasi file APK dari market selain google play store tentunya kita tidak akan mengetahui apakah ada versi terbaru atau tidak karena file aplikasi yang terinstall tidak terdeteksi oleh server play store.

Padahal untuk semua aplikasi yang terinstall di ponsel android selayaknya selalu dalam kondisi up-todate untuk menjaga performa aplikasi tetap prima.

Baca Juga



3. Terinstall aplikasi mencurigakan


Banyak sekali pengguna HP android yang mengeluhkan adanya aplikasi lain yang turut terinstall sesudah mengunduh dan memasang file apk dari selain play store. Hal tersebut bukan rahasia lagi bahwasanya banyak diantara pengembang aplikasi yang nakal menginjeksi aplikasi dengan aplikasi lain tanpa sepengetahuan si pengguna.

4. HP Sering Muncul Iklan

Banyak juga aplikasi yang terlihat bagus fungsinya namun ternyata adda script iklan yang tiba-tiba muncul walau tidak dalam keadaan membuka aplikasi yang bersangkutan. Jadi iklan tersebut memang sengaja dipasang oleh sang developer Apl untuk tujuan tertentu.

5. Membuat HP Lemot

Efek merugikan lainnya ketika anda suka dengan aplikasi dari selain google play store yakni berakibat ponsel Lemot.

Lemotnya sistem di HP bisa disebabkan adanya malware, virus, ilan yang terus bermunculan tanpa kenal waktu dan lain sebagainya.

6. Boros kuota Data

Sejalan dengan beberapa kerugian diatas ketika kita banyak melakukan pemasangan aplikasi dari selain google play yaitu borosnya kuota data Internet.

Dimana banyak penyebab boros kuota di ponsel seperti seringnya iklan muncul ketika terhubung ke internet, Adanya virus dari aplikasi yang tetap berjalan di background sehingga secara terus menerus melakukan sinkron Online dengan server si pembuat virus dan beberapa penyebab lain.

Itulah beberapa kerugian dan kekurangan menginstall aplikasi bukan dari google play store, jadi lebih baik lakukan saran dari Google dalam mengunduh aplikasi melalui situs resmi market aplikasi google play.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon