17/01/2018

Menarik Pesan Terkirim di WhatsApp Gagal, Ternyata Ini Penyebabnya!

Tips Menarik Pesan terkirim di Aplikasi WA - Sudah tidak diragukan lagi kalau salah satu aplikasi messenger milik Google yaitu WhatsApp menjadi yang terpopuler untuk saat ini. Kemudahan melakukan chatting Perorangan, ngobrol dengan Goup, melakukan penggilan Suara maupun Video mudah dilakukan dengan User Interface yang mudah dimengerti awam sekalipun.

cara hapus pesan terkirim di Whatsapp

Perihal Melakukan penarikan pesan yang terlanjur terkirim memang sudah lebih dahulu ada di Aplikasi BBM, dimana ketika suatu waktu ada kesalahan kirim pesan atau memang ada sesuatu sebab yang menyebabkan kita harus menghapus pesan tersebut secara permanen agar tidak terbaca lagi oleh si penerima maka dilakukanlah penarikan pesan.

Di aplikasi WhatsApp sendiri memang baru-baru ini melakukan update fitur tarik pesan terkirim. Namun belum banyak penggunanya yang tahu cara melakukan penarikan pesan terkirim, bahkan ada yang bertanya-tanya mengapa isi chatting yang terlanjur terkirim tersebut tidak bisa dihapus di perangkat si penerima, malah yang terhapus hanya yang ada di Ponsel milik si pengirim saja.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan aplikasi WA, ada sebab-sebab tertentu yang menjadikan pesan terkirim di WA tersebut tidak bisa terhapus dari halaman chatting penerima pesan.

Lalu apa saja penyebabnya, silahkan simak jawabannya berikut ini:

1. Pihak WhatsApp sendiri memberikan aturan kalau pesan chatting yang kita kirim bisa dihapus atau ditarik secara permanen dari aplikasi WA penerima apabila tidak melebihi waktu 7 Menit semenjak chat tersebut terkirim.
Jadi bilamana pesan yang kita kirim sudah lebih dari 7 Menit atau bahkan sudah berjam-jam maka opsi untuk menghapus atau tarik pesan di perangkat penerima tidak akan bisa dilakukan, yang adda hanya opsi untuk menghapus pesan dari halaman inbox kita saja.

2. Versi Ponsel penerima pesan WhatsApp tidak mendukung fitur tarik pesan karena belum melakukan update aplikasi ke veri terbaru.

Untuk kasus ini memang tidak ada cara lain menarik pesan terkirim karena secara otomatis di Aplikasi WA pengirim tidak akan ada opsi untuk menghapus pesan dari semua perangkat (penerima dan pengirim).

Cara menarik pesan terkirim di WhatApp

Setelah mengetahui penyebab pesan terkirim tidak bisa ditarik, mungkin saja ada diantara para pembaca yang belum tahu bagaimana cara menarik atau hapus pesan yang terlanjur terkirim di aplikasi WhatsApp. Untuk lebih jela bagaimana cara melakukannya silahkan simak tipsnya di bawah ini.

1. Pertama kali pastikan aplikasi WA milik anda sudah versi terbaru, bila belum yakin silahkan kunjungi google play store dan cek apakah sudah versi terbaru atau masih perlu melakukan update.



2. Begitu pula untuk Aplikasi WhatsApp penerima pesan harus juga pada versi terbaru. Jadi walau nantinya sebelum 7 menit pesan ingin ditarik namun tidak bisa dilakukan maka bisa dipastikan versi WhatsApp penerima inbox tersebut belum ada fitur tarik pesan alias versi lawas.

jadi tidak etis kalau kita menanyakan apakah WhatsApp yang kita kirimi pesan tersebut versi terbaru atau bukan, asalkan tidak ada opsi tarik pesan di pesan yang kita kirim maka versi WA penerima pastinya masih belum update. Boleh juga sih kalau ingin tanya ke orangnya..hehe

3. Nah, misal untuk menghapus pesan di pesn yang baru saja anda kirim, silahkan pencet (tekan) 2 detik isi inbox yang ingin ditarik

Menarik Pesan Terkirim di WhatsApp Gagal

4. Nantinya di bagian atas akan muncul kotak icon tong sampah, silahkan pencet ikon tersebut

5. seharusnya ada 3 pilihan opsi yang tersedia yaitu :

  • Hapus Untuk saya : yang artinya isi pesan yang anda pilih tersebut hanya hilang dari kotak inbox anda saja, tidak untuk si penerima
  • Hapus Untuk Semua Orang : Pilihlah opsi ini untuk menghapus pesan dari kotak inbox penerima dan juga milik anda (pengirim).
  • Batal : Fungsinya untuk membatalkan aksi penghapusan.

6. Bilamana Opsi yang ditunjukkan hanya 2 saja dan tidak adda opsi 'hapus untuk semua orang' maka pesan yang terlanjur tekirim memang sudah tidak bisa dihapus lagi dengan sebab yang sudah admin jelaskan diatas.

Itulah beberapa tips dan ulasan tentang sebab gagalnya menghapus pesan terkirim di aplikasi WhatsApp, semoga bermanfaat untuk pembaca semua.


Emoticon Emoticon