02/02/2018

Cara Cek Speed Internet via Mesin Pencari Google

Cara Speed Test koneksi internet melalui mesin pencari - Mungkin saat ini masih banyak yang mengukur kecepatan koneksi internet di Ponsel maupun di perangkat PC/Laptop menggunakan sebuah aplikasi maupun mengunjungi situs pengukur kecepatan seperti Speedtest Net dan lain sebagainya. Namun tahukah pembaca kalau di google juga telah menyiapkan tool speed test koneksi internet dengan antarmuka mesin pencari miliknya.

Cara Cek Speed Internet via Mesin Pencari Google

Seperti diketahui bahwasanya kecepatan koneksi internet diukur dalam satuan Mbps, semakin tinggi nilai yang didapat maka semakin cepat pula koneksi internetnya. Ada 2 jenis kecepatan internet untuk menentukan baik tidaknya koneksi yang didapat yaitu menguji speed Download alias Unduhan dan juga speed Upload alias unggahan.

Tentunya bagi anda yang suka melakukan download game, music, video ataupun file-file lainnya via koneksi internet memerlukan kecepatan download yang tinggi supaya proses unduhan cepat selesai dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Begitu pula untuk nilai speed upload juga diperlukan untuk mengunggah data ke server atau situs tertentu sehingga semakin cepat dan besar koneksi internet untuk nilai Upload maka semakin cepat pula anda mengunggah berkas.

Suatu contoh misal anda senang menguggah video di youtube, tentunya nilai speed upload koneksi internet anda harusnya lebih besar agar cepat selesai proses unggahannya. Begitu pula utuk anda yang suka memainkan atau melihat video streaming dari internet akan memerlukan nilai speed Download yang jauh lebih besar agar streaming tidak terputus-putus.

Baca Juga


Speed test Internet di google search

Bagi anda yang terbiasa melakukan test kecepatan koneksi internet via aplikasi semisal dari speedtest.net tentunya akan merasa loading halaman utamanya terasa lambat disebabkan adanya iklan yang harus dimuat terlebih dahulu.

Namun beda dengan fitur speed test internet yang disediakan oleh google, dimana anda akan menggunakannya layaknya akan mencari sesuatu di mesin pencari dan langsung bisa dijalankan tanpa iklan sekaligus sangat ringan.

Cara mengukur kecepatan internet via mesin pencari google

Nah, daripada bertanya-tanya apakah google benar-benar menyediakan fasilitas pengukur kecepatan internet via mesin pencari, silahkan simak tipsnya di bawah ini:


1. Silahkan buka Browser di Ponsel atau di laptop juga bisa, Untuk prakteknya kali ini admin menggunakan Browser Google chrome dari HP android.

2. Setelah browser terbuka, silahkan masuk ke situs google.com atau google.co.id terserah yang penting masuk ke mesin pencari google..hehe

speed test google di search engine

3. Kemudian di kotak pencarian ketik kata kunci 'speed test google' (tanpa tanda petik) kemudian tekan cari atau enter

4. Nantinya hasil pencarian paling atas akan terlihat tool 'Uji kecepatan internet', silahkan klik tombol 'jalankan uji kecepatan' untuk memulai pengukuran speed koneksi internet yang anda miliki.

5. Tunggu beberapa saat sampai proses pengujian kecepatan selesai dilakukan

speed download upload internet di google search

6. Setelah selesai, anda akan disuguhi halaman hasil speed test yaitu nilai kecepatan Download dan juga nilai kecepatan Unggahan dalam satuan Mbps.

Tips: Untuk mengetahui kecepatan internet di perangkat anda, sebaiknya jangan ada aktifitas internet dahulu di perangkat yang terhubung dengan koneksi internet anda agar kecepatan yang diuji benar-benar mendekati paling presisi.

Itulah tips mudah mengukur kecepatan internet di smartphone dan juga perangkat komputer/laptop melalui tool search engine google, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon