05/02/2018

Penyebab Mobile Legends lemot dan cara mengatasinya

Penyebab HP sering lemot menjalankan Game Mobile Legends - Game android yang terbilang cukup populer yakni Mobile Legends memang menawarkan permainan dan pertarungan yang seru. Game Online ini terbilang sukses di berbagai belahan Dunia dengan semakin banyaknya pengguna Android yang memasang serta menjalankannya. Nah disini admin akan membahas tentang sebab HP Android lemot menjalankan game Mobile Legends dan bagaiman acara mengatasinya, mari simak ulasannya di bawah ini.

Penyebab Mobile Legends lemot

Walau permainan Mobile Legends ini seru namun menjadi tidak asik lagi kalau sedang bertarung sendiri atau dengan team ternyata HP android terasa berat atau bahkan tersendat-sendat alias Lag.

Terlebih lagi kalau kejadian lemot atau permainan Mobile Legends macet-macet tersebut selalu berulang ketika berada di dalam permainan, tentu saja jadi serba salah, ingin melanjutkan karena suka sekali dengan game-nya namun ingin keluar dari game karena terlalu berat dijalankan.

Penyebab game Mobile Legends lemot di HP Android

Nah untuk mengetahui apa saja penyebab dari lemot serta Lag (tersendat-sendat) ketika bermain game Mobile Legends, silahkan simak beberapa penyebabnya berikut ini:

1. Masalah Koneksi Internet

Baca Juga :

Penyebab yang sering terjadi ketika game Mobile Legends tersendat-sendat dan cenderung terputus-putus alur permainannya maka bisa disebabkan oleh jaringan internet di ponsel anddroid anda.

Koneksi internet yang tidak stabil sangat berpengaruh terhadap proses upload dan download data game. Dikarenakan Mobile Legends termasuk game Online yang harus terhubung ke server secara terus menerus maka dibutuhkan koneksi internet yang stabil, baik itu untuk koneksi upload dan download-nya.

Lebih disarankan menggunakan koneksi Wi-Fi agar permainan Mobile Legends lebih stabil, dan untuk pengguna koneksi data melalui kartu selular bisa melakukan cek terhadap tangkapan signal yang ada di ponsel.

Bilamana di HP sinyal minim tentunya akan berpengaruh pada proses transfer datanya serta besarnya Ping ke server Mobile Legends. Carilah tempat yang mempunyai sinyal lebih baik dan cenderung tidak naik turun agar koneksi internet berjalan stabil. Begitu pula pastikan anda menggunakan koneksi minimal 3G atau yang lebih cepat yakni 4G bila HP andda mensupportnya.

2. Kapasitas RAM Kecil

Sebab lain lemotnya permainan Mobile Legends di HP android bisa terjadi karena RAM di ponsel terlampau kecil. Walaupun saat ini ponsel keluaran terbaru banyak menawarkan ukuran kapasitas RAM diatas 1 GB namun banyak sekali pengguna Android yang bermain Mobile Legends masih menggunakan ukuran RAM 1 GB atau dibawahnya.

Jadi sebelum menjalankan permainan Mobile Legends silahkan coba berihkan RAM dari file yang sudah tidak berguna, bisa melalui aplikasi pembersih RAM atau tool bawaan ponsel android.


3. Banyak Aplikasi berjalan di Background

Penyebab lainnya game Mobile Legends terasa berat berjalan di android yakni banyaknya aplikasi yang masih berjalan di background sistem dan belum anda matikan.

Banyaknya aplikasi yang masih running di background akan membebani penggunaan RAM, apalagi kalau kapasitas RAM di ponsel anda hanya 1 GB atau dibawahnya tentu akan terasa berat sekali menjalankan game Mobile Legends ini.

Solusinya, sebelum menjalankan permainan silahkan matikan proses aplikasi yang sedang berjalan agar kapasitas RAM bisa digunakan seccara maksimal oleh aplikasi Mobile Legends.

4. Prosesor dan GPU tidak kuat

Masalah yang tidak bisa dianggap remeh ketika menjalankan game adalah dari spesifikasi hardware CPU Ponsel. Dimana selain RAM juga yang paling berpengaruh ada di kualitas Prosesor serta pengolah grafisnya (GPU).

Untuk ponsel android yang mempunyai Prosesor berkecepatan rendah dengan core yang minim dan juga GPU yang tidak bagus akan sangat berpengaruh pada kinerja aplikasi Mobile Legends.

Game dengan kualitas HD dan tergolong game berat sangat disarankan untuk dijalankan di smartphone dengan Prosesor berspesifikasi tinggi dan juga GPU yang baik. Jadi Bila poin 1 sampai 3 diatas sudah dirasa cukup baik silahkan cek dahulu kapasitas prosesor serta GPU apa yang digunakan oleh ponsel android anda.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi Game Mobile Legends sering lemot atau tersendat-sendat ketika dimainkan di HP android, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon