06/02/2018

Video Call WhatsApp Terputus-putus? simak cara mengatasiya!

Cara mengatasi Vodeo Call WA tidak lancar - Aplikasi chatting dan panggilan Online WhatsApp memang menjadi aplikasi paling populer saat ini dengan pengguna sampai mencapai angka Miliar di statistik google Play store. Walau terkenal Ringan dijalankan dan ramah Kuota, namun untuk sebagian penggunanya pasti pernah mengalami panggilan Video (Video Call) tersendat-sendat, putus nyambung dan beberapa masalah tidak lancarnya sambungan video call. Apa sebenarnya yang terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Video Call WhatsApp Terputus-putus

Hal paling menjengkelkan bagi pengguna WA yang suka melakukan sambungan video call yaitu ketika sudah terhubung namun tiba-tiba terputus atau suara serta tampilan gambar tidak sinkron. Apalagi kalau ada urusan penting dan ingin sekali melakukan proses video call WA namun bermasalah ketika digunakan tentunya lengkap sudah kejengkelan penggunannya.

Ada beberapa sebab mengapa sambungan panggilan video di WhatsApp tidak lancar bahkan sering terputus. Penyebabnya bisa dari sisi Aplikasi, Jaringan dan juga hardware Ponsel yang digunakan. Jadi kita harus selidik dahulu apa sebenarnya penyebabnya dengan melakukan urutan yang tepat agar cara mengatasi problem Video call macet-macet tersebut bisa tuntas dan bisa digunakan dengan normal lagi.

Penyebab dan ccara mengatasi WA tidak lancar

Di bawah ini admin akan membahas penyebab dan juga cara mengatasi video call di WhatsApp yang suka putus nyambung supaya bisa lancar kembali, mari simak tipsnya.

1. Jaringan Internet

Sebuah aplikasi Online akan sangat tergantung pada jaringan Internet dan juga kecepatan koneksinya. Begitu juga dengan aplikasi WA, dimana proses perpesanan, panggilan Online maupun video Call juga memerlukan keccepatan internet yang memadai dan disarankan pengembangnya agar proses kirim data ke server WhatsApp bisa lancar.

Perlu diketahui, bahwasanya jumlah data yang dikirim via Internet di aplikasi WA untuk Pesan, panggilan dan juga video Call berbeda besarnya. Dimana untuk melakukan chatting (berkirim pesan) akan membutuhkan lebih sedikit data internet dibanding digunakan untuk panggilan online. Begitu juga panggilan suara WA juga lebih sedikit data dibanding ketika menggunakannya untuk panggilan video.
Karena kita ingin menggunakan WA untuk panggilan video maka asumsinya kebutuhan data internet dan juga kecepatannya juga harus lebih tinggi. Ketika koneksi internet di HP lambat maka proses untuk upload dan unduhan file suara serta video dari server WA juga akan terhambat dan akhirnya file suara dan video yang terkirim di Ponsel akan lama prosesnya.

Jadi untuk anda yang terkendala masalah WA yang sering terputus, tidak lancar suara dan video tersendat-sendat sebaiknya periksa terlebih dahulu koneksi internet di ponsel.

Bilamana, andda menggunakan kartu selular untuk terhubung ke Internet maka minimal kualitas jaringan harus 3G dnegan cakupan sinyal yang bagus pula. Untuk yang hanya tercover area sinyal Edge jangan harap bisa melakukan video call di WA dengan lancar dan jangan dipaksakan karena malah bikin jengkel..hehe

2. Kapasitas RAM minim

Walaupun aplikasi whatsApp sangat efisien penggunaan space RAM jangan dianggap Sepele, karena RAM yang terlalu penuh dan cenderung kurang space-nya bisa menyebabkan aplikasi tidak merespon dengan normal ketika berjalan.

Ketika anda melakukan panggilan video di WA, maka RAM HP akan bekerja ekstra untuk melayani proses hardware lain seperti prosesor dan juga pengolah grafisnya.

Jadi solusi kedua setelah mengecek koneksi internet yaitu lakukan pembersihan RAM dari aplikasi dan proses yang tidak terpakai. Semisal anda baru saja membuka beberapa aplikasi, pastinya app tersebut masih berjalan di background tanpa anda sadari, silahkan matikan semua aplikasi yang baru dibuka.



Menutup semua aplikasi yang baru dibuka biasanya dilakukan via tombol yang ada di fisik layar, semisal HP Samsung tombol pembersih aplikasi yang berjalan berada di sebelah kiri, dan untuk ponsel android secara umum bisa membersihkannya dari tombol tool yang sudah disediakan oleh ponsel.

Kesimpulannya, sebelum membuka WA dan melakukan video call sebaiknya bersihkan dahulu semua aplikasi yang berjalan agar tertutup sempurna, setelah itu baru lakukan panggilan video.

3. Sistem sibuk

Adakalanya koneksi internet lancar dan spesifikasi ponsel dari sisi RAM juga masih banyak spacenya namun tetap bermasalah dengan sambungan video call di WA, Hal tersebut bisa terjadi karena ada proses di sistem yang sedang bermasalah dalam menangani alur aplikasi.

Solusinya, coba lakukan restart atau memuat ulang sistem android, matikan dan nyalakan kembali ponsel anda supaya sistem kembali fresh dan coba sekali lagi melakukan video call whatsApp.

4. Koneksi HP klien lambat

Bila ponsel serta sambungan internet di HP kita lancar dan optimal namun tetap saja panggilan video WA tersndat-sendat bisa juga disebabkan HP klien atau lawan bicara kita yang sedag bermasalah.

Bila lawan bicara kita di WA koneksi internetnya tidak stabil maka sebaik apapun koneksi internet di HP kita tentunya juga tidak akan sinkron dengan server WhatsApp.

Jadi bila terjadi hal demikian sebaiknya putuskan dahulu video call dan tanyakan via chat apakah koneksinya sudah bagus atau belum agar nantinya kita tahu ponsel siapa yang sedang bermasalah.

Selain tips diatas, ada satu lagi tips untuk membuat koneksi panggilan video di WhatsApp lancar yaitu anda dan lawan bicara sama-sama menggunakan koneksi Wi-Fi untuk terhubung ke internet. Mengapa demikian?, karena dari sisi kestabilan koneksi WiFi lebih bagus daripada menggunakan koneksi data kartu selular.

itulah beberapa penyebab dan tips mengatasi sambungan video Call whatsApp putus nyambung yang bisa admin bagikan di sesi kali ini, semoga bermanfaa.


Emoticon Emoticon