17/02/2012

Mind Management Process

Mind Management Process

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang postingan Mind Management mari kita simak Cuplikan dari Surah Ali Imran ayat 191 dimana Allah berfirman "Orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi seraya berkata, ' Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, Maka peliharalah kami dari siksa neraka'." disini kunci dari ayat ini adalah ," Rabbana ma khalaqta hadza bathila ' ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia.'" yang artinya, setiap yang diciptakan oleh Tuhan baik secara micro atau makro semuanya dalam keadaan sebaik-baiknya penciptaan.

Sebagai Umat yang percaya adanya Penciptaan maka Landasilah seluruh aktivitas kita, cara pandang kita, cara bertindak kita, cara mengambil keputusan bahwa tidak ada yang sia-sia dari ciptaan Allah. Apabila kita berbicara mengenai Mind Management maka tidaklah terbatas pada masalah berfikir saja tapi ada 3 komponen penting yang perlu jadi perhatian dalam kehidupan manusia. mind management dapat kita kategorikan menjadi 3 bagian utama yaitu Thinking Process, Feeling Process dan Action Process. mari sobat, akan saya jabarkan secara singkat mengenai ke-tiga proses diatas.

Yang pertama yaitu Thinking Process atau proses berfikir, mengenai proses berfikir ini saya pernah membahasnya dalam posting terdahulu mengenai Thinking Process 3D, yang mana kita harus memulai belajar berfikir secara Vertikal, Horisontal dan Lateral. materi mengenai Thinking Process dapat sahabat baca pada halaman berikut ini - disini (Thinking Process 3D ).

Sedangkan yang kedua adalah Feeling Process atau proses perasaan. di dalam proses perasaan kta butuh komponen pendukung yaitu Kejururan ( Honesty ), Empati dan Ketulusan ( Sincerity ). ketiga hal tersebut tidak akan bisa berjalan tanpa bergandengan 'tangan' satu dengan yang lain, harus bersinergi dan menjadi jalinan yang kuat agar tercipta Feeling Process yang powerfull. sekarang akan kita cari contoh, Dalam suatu statistik dikatakan bahwa konsumen membeli sebuah produk bukan karena produknya , tetapi karena tertarik dengan si penjualnya. disini dijelaskan bahwa si konsumen 70 % membeli suatu produk karena simpatiknya si penjual kepada konsumen. artinya kita harus mendahulukan 'how to sell your self ' bagaimana kita menjual diri' kepada orang lain baru setelah itu kita menjual produk kita, menjual apa gagasan kita. dan disitulah ada satu kunci yang disebut honesty, kejujuran.Tanpa honesty nilai jual kita di mata masyarakat, di mata konsumen, akan rendah.

Kemudian, masih melanjutkan contoh diatas, bagaimana dengan sisi empati-nya ?. disini ada kata 'empati' yang maknanya lebih dalam daripada 'simpati'. kalau simpati adalah kita merasakan apa yang dirasakan orang lain, bila ada atasan sedih kita ikut bersedih, bila menangis kitapun ikut menangis kalau terharu kitapun akan larut dalam keharuannya. tapi empati sedikit di atasnya, bukan hanya ikut bersedih, terharu dan menangis tetapi ikut memberikan suatu solusi. seorang penjual tak akan cukup mendengarkan keluhan, keingintahuan dan rasa penasarannya si konsumen tetapi memberikan suatu solusi dan masukan yang itu tumbuh dari ketulusan hatinya bukan aksi tipu-tipu. kita berfikir seperti apa yang mereka fikirkan, dengan demikian kita akan dengan mudah menciptakan rasa empati kepada mereka.

Selanjutnya adalah Sincerity, ketulusan. Dalam kaitan contoh diatas yaitu antara penjual dan pembeli maka dibutuhkan ketulusan bagi si penjual untuk meraih nilai ketulusan. Kita tahu bahwa ketulusan atau bisa juga dikatakan ikhlas adalah perbuatan yang hanya Allah-lah yang tahu. walaupun dunia tidak mencatat sejarah ketulusan anda dengan tinta emas, tetapi Tuhan dan para malaikat mencatat perbuatan anda. begitupun juga bila si penjual ( seperti contoh diatas ) tidak ikhlas dan terkesan menyembunyikan hak yang harus diterima konsumen, maka bisa jadi nilai jualnya kurang barokah di sisi Allah.

Dan yang ketiga dari Mind Management adalah Action Process, proses tindakan. Akankah kita sukses kalau kita kurang energik, loyo, lunglai dan kurang semangat ? tentu tidak bukan. Dalam melakukan action proses ada hal yang sangat dan seringkali disepelekan, yaitu membiasakan diri melatih pernafasan kita. suatu hal yang sangat sederhana dan mudah tapi kurang kita perhatikan. kita tahu bahwa yang menjadikan kita energik dan penuh semangat berawal dari pasokan oksigen yang kita terima ke dalam tubuh kita. maka hal pertama yang perlu dilakukan dalam action Process adalah Melatih Pernafasan.

Kemudian yang kedua dalam melatih action process adalah membiasakan diri berjalan dengan cepat dari yang biasa, move faster, bergerak lebih cepat karena selama ini kita berjalan lebih lambat. Kita contoh Rosululloh itu bila berjalan cepat sekali sampai-sampai Ali mengejarnya dengan berlari, Rosululloh sangat dinamis sekali dalam bergerak. jadi biasakan berjalan 20% atau 30% lebih cepat dibanding sebelumnya. bukan berarti berjalan disini tergesa-gesa dan sembrono, tapi berjalan cepat dan fokus terhadap suatu yang ingin dicapai.

Lalu yang terakhir adalah Take a first rapid step ' selalu berusaha mengambil langkah pertama dengan segera '. Untuk hal-hal yang sifatnya menuju kebaikan maka segeralah melakukan start awal dengan segera, jangan menunggu dan bimbang dengan langkah kita, lakukan dengan segera dan fokus. Fastabiqul Khairat, berlomba-lombalah kita dalam hal berbuat kebaikan.

Semoga Ulasan Mind Management Process yang singkat diatas dapat memberikan kita pencerahan dan selalu merencanakan sesuatu dengan management berfikir yang matang dari mulai proses berfikir, proses merasakan dan proses aksi yang kita lakukan. Insya Allah kita lanjutkan lagi postingan Motivasi dengan topik yang lebih menyemangat lagi bagi sobat-sobat semua. Semoga Sukses dan keberkahan selalu menyertai kita semua, aamiin.




Show comments
Hide comments

69 komentar

PERTAMAX........pertamax gag ya..semoga iya..hehehe
artikel yang bagus kang...di tungg kunjungan baliknya :)salam

wahhh...tanda tangan pertama nih abang...hahayyy makasih pertamaxnya bang dwi

Ulasan yg mantaps tentang mind management procces kangmasbro...
Memang yg namanya otak itu adalah pengendali dari tubuh, jika otak sering dilatih dan di manage dg hal yg positf, maka seseorang bisa memiliki proses berpikir yg cepat dan begitu antusias. Mind management procces ini sangat penting dilakukan, terutama bagi merreka yg punya tujuan didalam hidupnya :)

Hmmmmm Postingan kangfarhan yg satu ini tentang mind management procces cukup detail dan bener2 membuka pikiran kita Luaarr Biasaaa kang artikelnya, bisa menambah wawasan serta pengetahuan kita. Maju Terus Kepolisian Indonesia Eiittzzzz....Salah mksdku Maju terus KangFarhan.Salam

Artikel yang begini kang yanggg palingggg aku suka,boleh dikatakan artikel spirit,dan satu lagi kalau bisa sering² bikin artikel yang begini kang...pokoknya mantef dachhh...hahahahyyyy

wah ternyata bisa di nilai dari sisi agama ya gan,
bahasanya agak berat. ato ane yang masih oon.
ane nyorotin yang 70% aja ah,
setuju dengan itu. klo ane beli juga ane liat penjualnya dulu, enak ga, ramah ga, dan bisa memberi info ga. walo aga mahal, ane tetep ke sana. ane orangnnya loyal, klo emang di toko itu enak. wlopun jauh, ane tete kejar. ya bener juga kata agan farhan ini.
makasi ya gan, ane pahamin lagi dah ya...

Suka sekali sama sharingnya kang Farhan. Saya suka hal2 seperti ini dikaitkan dengan Islam.

Melangkah lebih cepat maksudnya mungkin supaya kita tak membuang2 waktu ya. Rasulullah melangkah cepat, tidak tergesa2 (tergesa2 kan 'temannya' setan) supaya tak ada waktunya terbuang. Masya Allah. Ia betul2 teladan.

Terimakasih sharingnya ^__^

NB:
Oya, terimakasih sudah mampir ke blog saya, saya mamanya Affiq (yang mengumpulkan correction pen bekas itu ^__^)

Mantab,,, motivasi base on Alquran
Keep posting yang seperti ini sob, saya suka,,,

wilujeng ngeblog

semoga menjadikan kita semua hamba2 yg selalu memeiliki mind yg positif ya bang... proses tuk menjadi lebih baik dari hari ke hari
makasih bang arie... salam sukses dan penuh barokah bang :)

hahayyy...makasih bang ary... saya paling suka jg post abang yg bab sedekah itu...sampai tiap hari kepikiran terus contoh2 sedekah yg dahsyat itu bang.... menginspirasi banget pokoknya :)

cihuiii...bang komandan dateng nih... saya tunggu lho dengan jamuan istimewa... hahayyyyy

sebenarnya setiap inspirasi dan motivasi selalu terkait dengan keyakinan bang :)... bila sisi baik tentu agama adalah penyokong utamanya bang... saya juga gitu bang, kalo beli sesuatu emang loyal banget, tak cari yg ramah bin santun bin empati pada konsumen...jauhpun dilakoni jalan kaki...heheheh
semangat tuk abang ya

yup setuju sama mamanya afiq... emang berjalan cepat disini bukannya jalan sembrono tapi lebih fokus dan ke arah tujuan bukan jalannya 'setan' yg sembrono...
hehehe... sampai2 stipo difoto segala...sangat bagus curahan hati ibunda yg sangat sayang pada si'afiq'...semoga umi dan ibunya selalu diberkahi...aamiin

saling berbagi ilmu biar barokah di sisi Allah bang... :)
wilujeng juga untuk abang asep ya, semoga selalu dilimpahi sukses dan barokah...aamiin

This comment has been removed by a blog administrator.

Hehehe seru nanti bila suatu saat ia membacanya kang. Salah satu tujuan saya ngeblog adalah mendokumentasikan cerita ttg keluarga saya di blog. Suatu saat ia pasti akan ketawa-ketiwi membaca tingkah2 lucunya saat kecil dan ia (mudah2an) akah mengerti jika saya bersikap tegas bahkan keras kepadanya mengenai perilaku2nya yang kurang berkenan bagi saya - itu krn rasa sayang saya sama dia, krn sy hendak mendidiknya :D

Terimakasih sudah follow blog saya.
Senang berteman dengan kang Farhan
^__^

nice post kang...
bisa dijadikan inovasi & motivasi untuk mnjadi manusia yg lebih baik lagi di mata Allah SWT...
dan lebih mensyukuri apa yg telah Allah berikan kpada hambanya yaitu akal dan pkiran...

Pagi udah refresh otak nih kang, termotivasi banget kang emang kita ada managementnya sebelum melakukan sesuatu harus di pikirkan dulu biar menjadi barokah dan bermanfat bagi semua orang. jadi motivasi nih kang, kang farhan memang cihuy


salam dan suport dari [DS] :ngacir:

nice share, artikel yang bermanfaat
berhasil follow 136, follow balik ya gan :D

hahayyy...kan banyak di seminar2 motivasi bang... :)

makasih bang ardian..semoga tambah semangat tuk menjadi yg lebih baik

hahayyyy...moga tambah motivasinya untuk bang DS yah...hahayyy

okey bang...saya langsung ke TKP abang ya :)

jujur..tulus ikhlas dan empati..kombinasi yang luarbiasa untuk memperoleh predikat hamba ALLAH terbaik dalam pandangan-NYA YANG MAHA MELIHAT DAN MAHA MENGETAHUI :-)

Artikel yang bagus. Mind management prosess dilakukan agar prosses berpikir kita jadi terarah dan positif. Artikel ini membawa pencerahan berpikir bagi pembaca blog Ruang Sharing.

Thanks sobat

nice share kng :D, sangat bermanfaat nih bagi kita semua :D

terima kasih bang hariyanto... semoga kita menjadi hamba2 Allah yg selalu lebih baik kedepannya..aamiin

makasih mbak sweety... semoga sahabat ruangsharing makin tercerahkan dengan mind management yg handal dan bernilai positif

Bang INuzuka@ makasih bang.. :)
Bang Boby@ makasih bang bob :)

Subhanallah, Allah memang menciptakan qt sebaik2 bentuk, maka nikmat yang mana yang pantas kita dustakan?

mantap nih motivasi dari si akang... keren banget. ditunggu motivasi selanjut-ny kang.

pelajaran yg sangat bermakna. salam blogger ^^

lapor kang, blogroll na udah di pasang
hehehe

sakalian absen sore wae lah kang :D

wah bagus nih postingannya sob, bisa jadi motivasi bagi diri saya sob..

oya sob, saya ada hadia buat sobat, silahkan klik link di nama saya sob :)

hahayyy...siap ke TKP tuk cek ricek bang :)

terima kasih bang...saya ke TKP sekarang ya...hahayyy

insya Allah bang...motivasi selanjutnya ditunggu bang...hahayyy

Manteeefffffffffff Kang,, Artikel yang dibikin akang Farhan Keren2 and Mantef2 semua I Like It :D

absen malam disini ya sobat.... :)
salam hangat

merencanakan sesuatu dengan matang dan segera bertidak begitu ada kesempatan tetapi tidak terburu-buru/tergesa-gesa! hikhikhik... mudah2an ga' salah..! jadi malu ma kang Farhan! salam semangat aja deh Kang..!

Berpikir, merasakan dan bertindak (thingking, feeling n action) semua harus bisa berjalan berurutan dan harus balance. Jika berpikir dan merasakan tanpa pernah bertindak atau ga ada bukti sama halnya dengan omong kosong. Bertindak tapi tanpa berpikir dan merasakan maka sama halnya dengan bahasa jawanya "ngawur" (asal - asalan).

Dengan step by step mind management proses maka insya allah apa yang akan menjadi sebuah tujuan atau cita - cita kita akan bisa tercapai. Tentunya rasai khlas menerima sesuatu dan ucapan rasa syukur juga selalu kita panjatkan kepada Allah SWT agar Yang Maha Pencipta semakin mempermudah kita dalam proses untuk mencapai tujuan tersebut.

Artikelnya mantab kang, btw kalau bisa jangan panggil saya pak di kotak komentar KiosBisnis ya kang usia saya masih 20 tahun, belum pantes dipangil bapak. :D

makasih pak...eh bang... :), saya kira abang udah lbih dari saya umrnya...hebat pengembangan bisnisnya... saya salut sama bang adytia... mau saya contoh si abang... semoga keberkahan usahanya semakin lancar ya bang...amiin

:)...selalu bersemangat tuk bertindak melebihi batas kewajaran manusia dan tidak gegabah melakukannya dengan dilandasi ilmu dan ikhtiar pasti menjadikan nilai lebih di mata manusia dan sang Pencipta....
semangat untuk abang ningrat... makasih bang

kalau berkunjung ke blog ini jadi tambah pinter..kareana konten edu nya mantabss-mantabs..

terma kasih bang roedi...selalu semangat berbagi ilmu bang... semangat untuk abang ya :)

wah, kereen banget kang . Akan dicoba untuk diterapkan dah, menajdi pelajaran baru banget kanda

mantab.s seimbang gan. postingy bgus nih, nambah pgtahuan.thanks

Wah abang farhan mantap dah, uda blogger, guru, programmer, hehe ustad pula...artikelnya sangat membangun bang (bukan membangun gedung lo bang)

Info yang menarik nih sob.
sangat bermanfaat..

Happy blogwalking..

d sini lngkap bngt kang...ilmu agma ada, pngtahuan ada, trus akang'y jgo bkin program lg....sukses trus bwat ruangsharing'y kang...

bner bngt kang, slalu brjlan lbih cpat(time is money), pnuh smngt untuk mncpai tujuan qta...^^

thapnya bnyak bnget ea sobat, tp sy akan berusaha smuax, spya management pikiran mnjadi dpat diatur,,,

ah abang ni bisa aja... hehehe... semangat selalu buat abang ya... :)

Ilmu adalah hak milik Allah bang... dan tidak ada yg perlu di tutup2pi.. kalo bisa berbuat sedekah pada sesama..biar barokah bang... :)

semangat untuk abang si'mahasiswa' ya...semoga selalu dilimpahi ilmu yg manfaat biar mak nyus ntar pahalanya...aamiin

selalu berbuat lebih baik dari hari kemarin dan melakukan sesuatu dengan cepat dan cermat bang...:)
semangat dan sukses buat abang ya

Pencerahan yang sangat membantu kawan

Belajar banyak di sini sahabat..mendapat pencerahan yang bermanfaat.

Terima kasih sharenya ini

amin...sharingnya bener bener memotivasi ne om..

This comment has been removed by a blog administrator.

Nice share sob bermanfaat nhe :)
Absen malam

Postingan yang sangat bermanfaat.

Thanks sharingnya sobat :)

Artikel yang mantabss kang, dapat pencerahan dan ilmu baru disini:)

subhallahu...., Kang Farhan ini seorg Motivator ya...??.., Mantap sekali tulisanx Kang., aq baru klo simpati & empaty i2 disini..., ditunggu tulisan2 selanjutx Kang...

Nice share & Happy blogging *smile

Terima kasih bang Rohis... semoga tambah keberkahannya bang...
happy blogging dan semangat selalu untuk abang

Mantep bangets kang...padat ilmu...memotivasi ane nih secara pribadi....


Emoticon Emoticon