15/03/2012

Polemik Biometric Scan Retina E-KTP

Polemik Biometric Scan Retina E-KTP

Assalaamu'alaikum sobat. setelah hari demi hari Ruang Sharing posting tentang dunia motivasi, tutorial dan Software . maka sedikit sisipan di post saya agar tidak selalu monoton itu-itu saja disini saya akan sedikit mengurai tentang Polemik biometric scan retina E-KTP. Sudah menjadi rumor sekarang ini di negara kita tercinta bahwa Pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi untuk meng-goal-kan dan mensukseskan program 'satu identitas untuk satu warga'. Kita tentunya sebagai warga negara yang baik dan patuh akan hukum tentu saja menyambut baik program Pemerintah untuk menyukseskan E-KTP tersebut.

Dibalik kebijaksanaan Pemerintah yang begitu gencarnya, dibarengi pula tiupan rumor dan polemik di masyarakat umumnya dan di kalangan akademisi pada khususnya. Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang Polemik scan retina pada proses pembuatan E-KTP, saya akan sedikit mengurai keuntungan dari pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan sistem Elektronik tersebut. Di bawah ini salah satu keuntungan yang akan dicapai Pemerintah dalam Program E-KTP :
  • 1. Keakuratan data penduduk dijamin hampir 99%
  • 2. Satu Warga akan mempunyai satu tanda pengenal Nasional dan tidak akan dapat melakukan double data di wilayah lain.
  • 3. Terjaganya tingkat keakurasian Sensus penduduk , yang kita tahu bahwa saat ini pembengkakan jumlah penduduk dalam nilai kuantitas di data sangat bertolak belakang dengan data di lapangan. karena satu individu bisa mendapatkan lebih dari satu kartu identitas. di E-KTP hal itu dapat mudah diminimalisir.
  • 4. Dengan satu tanda pengenal yang ditanamkan sebuah chip , maka identitas seseorang akan dengan mudah diketahui dimanapun dan bagaimanapun keadaannya, asalkan Biometric kepala dan jari tangan masih utuh.
Ternyata, di balik segala keutungan diatas dibarengi pula dengan kekhawatiran banyak pihak tentang identitas kita yang tertanam dalam database E-KTP. di bawah ini sebagai paparan singkat kehawatiran publik akan hal tersebut :
  • 1. Bahwa scan biometric retina ternyata akan menyimpan banyak informasi dari setiap individu. di negara-negara maju scan retina semakin gencar ditolak, tentu dengan alasan keamanan identitas unik individu. menurut pakar biometric, bahwa scan retina selain untuk mengetahui sisi unik individu juga akan merekam tentang sifat dan perilaku seseorang. 
  • 2. Bisa dibayangkan, bahwa bila rekam biometric tersebut jatuh ke tangan rival ataupun orang yang tidak suka dengan kita maka dengan mudah rival tersebut menjatuhkan kita, karena dia sudah tahu sifat dan kelemahan kita.
  • 3. Dari sisi Database yang sulit sekali pemerintah bisa menjamin keamanan datanya, yang suatu saat lintas data dari satu jaringan ke jaringan lain bisa jatuh ke tangan orang yang tidak berkepentingan.
  • 4. Hal yang paling ditakutkan adalah ulah para Cracker nakal yang makin hari ulahnya makin meresahkan dunia digital saat ini.
  • 5. Dikhawatirkan jatuhnya data tersebut ke tangan 'rival' Negara kita. Mungkin sobat sudah mendengar bahwa agen Super seperti Mossad dan CIA akan melakukan segala cara untuk menjatuhkan seseorang dengan cara halus melalui transfer biometrik pejabat-pejabat di pemerintahan yang menjadi agen mereka. tentu hal ini tidak dapat kita sepelekan.
Prinsip Kerja Scan Retina
Mungkin sebagian dari kita ada yang pesimis ataupun tetap optimis dengan adanya program e-KTP tersebut. Akan tetapi yang ingin saya kedepankan dalam postingan ini bukannya sisi negatifnya, tetapi sejauh mana kita tahu tentang keuntungan dan kerugian program rekam biometric tersebut. Mungkin sebagian saudara-saudara kita yang masih awam dengan adanya sistem canggih ini akan merasa 'kagum' dan 'wah' serta salut pada kecanggihan pemerintah. kalau kita disini ? sobat-sobat semua yang notabene sudah mengenyam pelajaran bio dan teknologi akan merasa hal ini menjadi suatu kebanggaan dan kekhawatiran tersendiri.

Kesimpulannya, Sudah saatnya kita sebagai warga yang baik harus berprasangka baik kepada pemerintah. tidak ada gunanya selalu pesimis dan apatis tentang segala keputusan yang diambil pemimpin-pemimpin kita. tentunya dengan sejuta harapan bagi warga seperti kita-kita ini, agar kedepannya Indonesia menjadi negara yang Rohmatan lil 'alamiina, Negara yang penuh di Rohmati Allah. aamiin.

Semoga paparan singkat diatas tidak menjadikan kita saling menuding siapa dan apa yang salah, tapi lebih dari itu kita mencari solusi yang tepat kedepannya. karena sistem Biometric retina sudah banyak ditinggalkan oleh negara-negara maju dengan berbagai macam polemiknya. sekian dan wassalam.


Show comments
Hide comments

64 komentar

wah lengkap sekali informasinya kang farhan

izin nyimak dan happy blogging :}

pastinya ada yang setuju dan tidak setuju, kalau saya pribadi sih setuju aja jika diberlakukannya..

yang tidak setuju mungkin yang dalam kesehariannya selalu bertransaksi online... misalnya urusan bank, saham dll...

wah gan saya kira terlalu jauh kalau berpikiran mengenai datayang akan di pakai oleh rival. la wong teknologi indonesia belum begitu maju sampai kepikiran kesana. ya bener kata agan lah, kita positif thinkin ja ya ma pemerintah.

setuju banget dengan akang..
ga semua penjabat pemerintahan itu nakal..
tp sayang nya di daerah saya proses pembuatannya lama kang,udah 2 blan belum juga selesai e-ktp saya..
hehehe

hahaha...maka dari itu bang...post yg diatas kan judulnya polemik...hehhe..tapi karena kata abang kalo indonesia teknologinya kurang maju malah dapet dimanfaatin dan ditembus oleh craccer dong bang... :)
kita husnudzon sama pemerintah bang...setujuuu

bener bang...tidak setiap individu selalu kita kaitkan dengan hal2 negatif... diatas cuma wacana ilmiah ditinjau dari segi positif dan negatif aja... :)

Informasinya sangat akurat dan bermanfaat nih ..Thanks ya sobat. Saya jadi tahu ttg hal ini.

Jika dihubungkan dg pencurian data, ya tentu kita akan was² kang. Jangankan scan retina yg super canggih, akun Facebook saja sudah bisa utk menjatuhkan seseorang. Karena update status seseorang itu biasanya berkenaan dg suasana hatinya saat itu. Bahkan bbrp orang tidak malu mengumpat dan mengeksplore emosionalnya dalam status.

Kalau dihubungkan dg tugas intelejen, kita orang awam sepertinya ga nyampe deh mikirnya. Bila diinginkan, intelejen bisa saja merubah data seseorang via database dan menginput dia sebagai buron seperti di pilem² itu kang. Tanpa kesalahan apapun, kita bisa saja dianggap sebagai penjahat nasional bahkan international. Bukankah skr lagi musim cari kambing hitam di antara pejabat negara kita??? hehehehehe.... (ngomong apaan sih ini)... wkwkwkw

Positif thinking saja seperti pesan ending di postingan. Jika semua kita takuti, kita bisa jadi seorang paranoid nantinya. Manteps kang... maju terus pantat mundur :D:D

setuju bang arieee... maka di ending postingan saya berpesan kepada sobat2 saya agar selalu berprasangka baik kepada pemimpin kita... agar kedepannya negara ini menjadi lebih baik..tidak ada gunanya cuma mengumpat pemerintah tetapi kita sebagai warga tidak turut andil dalam menumbuhkan rasa optimis pemimpin kita...sip bang arie... :)

saya mah berdoa saja semoga sukses kdepannya program ini, tetep optimis dan percaya sama pemerintahan kita kang.


salam hangat dan [DS]

Saya juga ragu akan keamanan database-nya.
Jangan jauh-jauh dech,,, kita semua sudah tahu banyak situs-situs pemerintahan termasus situs kepolisian ada yang nge-hack. Ini menunjukkan bahwa tenaga IT di pemerintahan masih LEMAH.,,

Wilujeng ngeblog

Itulah bang negara kita...semoga para IT yg baik2 di negeri ini tidak berpindah tangan ke luar negeri..hehehe
sip kang asep... menuju indonesia lebih maju..harapan kita lho :)

wah baru tau info beginian, brarti wktu ane di scan matanya rahasia ane dah ketahuan dong kang....hehe :P

saya malah baru tau kalau ada sisi buruknya juga. hmmm, gpp dah ketauan identitas sy coz gak terkenal sih n bukan pejabat juga... xxiixixixixixi.

but, ambil sisi positifny juga terlebih WNI jgn sampai mempunyai kartu identitas sampai 2 bahkan lebih.

btw, makasih y kang atas infonya. berguna sekali. salam blogger n happy blogging^^

hahaha...emang itu kok yang ingin diketahui pemerintah terhadap warganya...hehehee

Wah, teori konspirasi nih. He he he. yah, semoga Allah subhanahu wata'ala memberi kita semua takdir baik. Amin.
Salam lebih hangat.

Perlu juga diangkat molemik seperti ini agar pemerintah juga lebih berhati2 ya sob :)

Mengerikan sekali...
Yups banyak 'cerita' di retina mata kita
bahaya sekali kalau dibuat 'iseng'

(sumber : nonton film)
ckckckc

Kelihatannya sepele Biometrik yang diterapkan dalam e-Ktp,
namun ternyata efeknya sangat banyak sekali, apalagi bila jatuh di tangan yang tidak berhak,
namah ilmu disini kang, nice share....

Assalamu alaikum wr.wb...ada award untuk sobat,,,,silahkan diambi yaa sobat....

hmm begitu yah kang, bermanfaat banget nih kang. Sebelumnya ane belum tau ternyata bisa sampai sifat dll ssampai ketahuan dalam scan retina. Semoga aja data2 nya aman yah, kan di Indonesia banyak hackernya siapa tau keamanan Indonesia akan semakin kuat dibanding negara lain ^.^

tapi dengan adanya sistim itulah E-KTP itulah yang sudah berlaku kita tidak bisa menolak lagi, dan harus melakukannya jarena itu adalah peraturan negara istilahnya,, dan semoga aja kedepannya akan terjadi yang lebih baik nya

happy blogging sob

prasangka buruk hanya akan membawa kita menjadi sulit berkembang, jd ya percaya aja deh ama pemerintah ... sapa tahu negri ini akan menjadi lebih baik .... poat bagus, kang

Buat kang farhan yang tersayang..maafkan atas ketidak hadiran diriku selama ini yang selalu menghilang dikeheningan dunia maya..ikikikikiikikikk...mantef kang artikelnya,pemerintah lagi bikin terobosan baru lagi tuh bang,moga aza rekeningnya ga ikutan baru lagi..hahahyyyy.

wah nice info sobat... izin nyimak ya :)
Nambah2 pengetahuan nih kang :)
Maaf baru mampir

lengkap sekali informasinya gan... ternyata ada sisi negatifnya juga yah . . . saya nggak kepikiran kesitu gan. makasih telah berbagi... nambah pengetahuan nih :D

Beri peluang kepada pemerintah untuk membenahi "dirinya". Selama ini data penduduk Indonesia kan gak bisa mendekati valid. Berprasangka yang baik itu akan membuat lebih baik.

saya setuju dengan bang isman... kita harus mendorong pemerintah tuk bisa berbenah... seperti ending postingan saya...hehehe
salam bang isman

ikut! ambil sisi positifny saja demi Indonesia tercinta ;)

Yang namanya teknologi semakin hari kian berkembang mas. Termasuk yang namanya KTP yang sekarang menjadi e-KTP. Dibalik perkembangan tersebut pasti menyimpan apa yang namanya kelebihan dan kekurangan. Dan sekarang tinggal bagaimana cara kita untuk menyikapinya. Tapi saya pribadi lebih mendukung pemerintah kang, kalau ga begitu akun KTP aspal akan semakin merajelela. Ga masalah kalau digunakan tujuan positif tapi rata2 yang mengaspalkan KTP sering untuk tindak kriminal kang. Jadi dalam hal ini saya dukung dan percaya sama pemerintah wae kang untuk perubahan yang lebih baik.

wahhhh bener sakali tuh kata bang dari KiosBisnis...

aku sih ikut2 aja dah... malas ambil pusing...yang penting gmana caranya bangsa ini berkmbang..

bicara tentang program e-ktp,sebagai warganegara yg baik(he2,narsis dikit gpp ya gan)sy spenuhnya mendukung langkah yg dilakukan oleh pemerintah,cuman yg jadi permasalahan disini,seberapa konsistenkah pemerintah mengoptimalkan program tersebut?bukannya offensif neh gan,sejauh ne...jujur..ngeliat carut marutnya pemerintahan di negara kita,sy ga yakin ntu program bakal berhasil terwujud dengan sempurna,benahi dulu sistem yang ada,baru jalankan program...bukannya pesimis loh gan..saya juga pengen kok negara kita tercinta ne berkembang lebih baik..mudah2n sj ntu program bukan sekedar tameng yang digunakan oleh oknum2 tuyul berdasi untuk kembali membobol rupiah negara kita secara "legal"..hehehe...

Oooo begitu ya...samapai sejauh itu ya kemempuan scan mata...saya mah pedagang herbal rival saya ya pedagang juga...ok kang infonya mantap...salam sukses

Hmm...memang segala sesuatu pasti ada pro dan kontra ya...

hmm, bingung jg ya, semakin maju teknologi, tp semakin canggih jg kejahatan yg timbul.

BTW, pa kabar kang?
maaf baru bs berkunjung

ya sudahlah. yang terpenting kita sudah menjadi warga yang baik. apa yang di minta pemerintah kita lakukan, demi kemaslatan bersama.

-----------------------------------
http://riky8022.berkahherbal.com
-----------------------------------

selelu saja memberikan tulisan yang berbobot, soal scen retina saya baru tahu betapa penting informasi yang didapat dari scen retina. dan saya baru tahu lagi bahwa negara2 maju sudah meninggalkan hal tersebut. pelajaran baru buat saya kang farhan. mkasih :)

hahayyy...sangat setuju bang... kita harus optimis dan mendorong ke arah yg lebih baik bagi pemerintah.... pro dan kontra adalah pemicu pemerintah untuk menjadi yg lebih baik... setuju dan semangat tuk bangsa kita ... :)

di daerah sy belum ada pembuatan e kTP sobat...

Intan udah pernah ikutan daftar E-KTP namun kenapa lama slesai pembuatan card KTP nya ya mas

ampe skg belom intan dapetin tuh KTP

kujungan pertama nih di blog sobat salam persahabatan sobat

kalau scan retina mata bisa ketahuan sifat unik ya tp sifat seperti apa itu bang

Izin membaca dan menyimak artikel di dunia sharing Kang..
Maaf baru bisa berkunjung lagi nih kang..

kembali berkunjung untuk menyambung silaturohim kang... ^^

salam sukses n blogger ;)

Keren juga kemajuan teknologi kita, jika ini diterapkan insya'allah sgala penduplikat akan teratasi, tp agaimana dengan orang buta ya bang...

Waduh ternyata efek sampingnya serem banget.. masa iya ampe bisa merekam informasi sedetil ini. tapi btw ane kok belum disuruh buat e-ktp ya? blum ada info ini dari rt/rw atau kelurahan...

ane setuju kang,, walaupun pemerintahan terkadang bikin mumet,, kita tetep harus positif,, semoga wakil rakyat suatu saat memang bener bener melayani rakyatnya dengan ikhlas

Wah ..
info mantap bang, saya setuju bgt sama kang Farhan, Saya sih belum bisa bikin KTP, masih Kecil sih, SMP aja belum lulus waakakakaka ..

harus berfikir positif biar pemerintah ndak pesimis sama rakyatnya...hehehe...betul kan bang???? :)

hahahahyyyy... masih kecil yg penting ilmunya mak nyus kan dik...hahayyyy

wah klo masalah teknologi smacam ini hrus yg benar-benar ahli untuk mengatasinya

ber_+ thinking terus...eh...malah pemerintah terus bohongi rakyatnya...

Satu hal lagi selain masalah sekuritas yang perlu dicermati yaitu masalah databasenya sendiri. Karena saya liat proyek EKTP belum membangun data center.
Jadi E-KTP seperti KTP yang diperbaharui saja dengan tambahan finger print, scan retina,dll. Kalau datacenter belum dibangun ya kayaknya sama saja dengan yang lama.
Smoga ini menjadi perhatian pemerintah kita.

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

semoga aja semua baik-baik saja sob,,,semua ada sisi positif dan negatif..

Moga aja yg baik2 nya yg lebih buanyak daripada buruk2nya

Informasinya menarik, nice post.

Senang saya membacanya kang, dan baru tau kalau scan retina itu bisa mengidentifikasi data pribadi dan kebiasaan seseorg... thanks kang!

Salam Tokotua Forex

Coba bahas tentang menghapus nik ektp biometri ..syarat dan caranya gi mana..soalnya saya ad masalah pembuatan ektp baru di krnakan doble data alias biometri..dan sya mau hapus yang di kalimantan dan mau buat yng di jawa..tolong jika ad yng tau infonya dong..syaratnya ..caranya..gi mana


Emoticon Emoticon