05/07/2017

Cara Mengatasi WiFi Android yang gampang Putus Nyambung

Cara Mengatasi WiFi Android yang gampang Putus Nyambung

Tentunya anda pengguna Smartphone android akan dibuat jengkel kalau sambungan WiFi yang tadinya sudah terkoneksi tiba-tiba terputus dan sebentar menyambung kembali, begitu seterusnya. Lebih membuat jengkel lagi kalau pas melakukan download aplikasi atau data ternyata terputus di tengah jalan akibat WiFi disconnect padahal sinyal WiFi di layar masih bagus. Sebenarnya apa yang terjadi dan bagaimana mengatasinya?, silahkan simak ulasan admin DetikInfo di bawah ini yuk.

Cara Mengatasi WiFi Android yang gampang Putus Nyambung

Ada beberapa sebab yang bisa mempengaruhi sambungan koneksi WiFi di sistem android, bisa dari smartphone itu sendiri atau bisa juga dari penyedia layanan Hotspot atau modem MiFi yang anda gunakan.

Untuk menemukan penyebab putus nyambungnya WiFi android harus dilakukan dengan beberapa rangkaian troubleshooting, mengapa demikian?, karena bagaimanapun permasalahan koneksi di suatu sistem operasi tidak akan bisa langsung ditemukan penyebabnya tanpa terlebih dahulu melakukan urutan penyelesaian dari yang termudah sampai jenjang selanjutnya, jadi tidak bisa langsung 'mendakwa' sebabnya A atau sebabnya B karena sistem bekerja dengan sangat kompleks apalagi koneksi WiFi bekerja dengan adanya 2 perangkat yang bekerja secara sinkron yaitu smartphone sebagai client dan Modem atau Router WiFi sebagai access point-nya.

Cara mendeteksi dan mengatasi WiFi bermasalah di Android


1. Cek Sinyal Wifi Android

Bila anda mengalami masalah dengan sambungan Wifi di android, silahkan terlebih dahulu periksa kekuatan sinyal yang tertera di layar, pastikan kondisi dan kekuatan sinyal lebih dari 2 bar (garis).



Sinyal WiFi yang hanya menunjukkan satu garis di layar bisa menjadi signal semu yang nantinya bisa menyebabkan koneksi terputus setiap saat dan tidak hanya itu, kondisi sinyal lemah WiFi di smartphone bisa menyerap daya baterai semakin besar karena sistem dan hardware harus selalu menstabilkan koneksi agar tidak terputus.

2. Cek Router / Modem MiFi Hotspot


mengatasi wifi putus nyambung android

Bila anda menggunakan layanan hotspot milik sendiri yang artinya di rumah ada hotspot yang menggunakan MiFi atau Router silahkan cek kondisinya, apakah masih normal atau ada yang bermasalah.

Cara paling mudah untuk merefresh kinerja Hotsopt dari router atau MiFi milik anda adalah dengan melakukan reboot atau merestart ulang. Pastikan juga koneksi data Internet juga masih terhubung agar smartphone client tidak salah sangka kondisi jaringan buruk padahal memang tidak ada kuota datta internet yang terhubung di perangkat hotspot.

3. Reboot android

Bila sudah dipastikan sinyal WiFi bagus dan masih bermasalah dengan koneksi yang tidak stabil atau putus nyambung silahkan coba lakukan reboot/restart.



Tunggu beberapa saat sampai koneksi WiFi terhubung ke Hotspot, jangan coba membuka aplikasi dahulu sampai koneksi benar-benar terhubung.

4. Tutup Aplikasi

Banyak penyebab koneksi WiFi tidak stabil atau bermasalah mengakses data karena banyaknya aplikasi yang berjalan. Coba tutup aplikasi terutama yang menggunakan banyak koneksi data seperti social media atau messenger.

5. Update Sistem

Cobalah memeriksa apakah sistem anda sudah versi terbaru yang disarankan pabrikan ataukah masih bawaan ketika baru beli. Coba lakukan update sistem dengan versi terbaru agar Bug atau beberapa kesalahan jaringan termasuk WiFi juga semakin maksimal kinerjanya.

6. Perhatikan Letak Smartphone

Jangan meletakkan perangkat smartphone di dekat perangkat elektronik lain yang mengeluarkan gelmbang elektromegnetik seperti Televisi, Microwave, Radio dan lain sebagainya karena perangkat tersebut bisa saja mengacaukan signal WiFi ponsel sehingga koneksi terputus atau tidak stabil.

7. Reset Sistem

Bila semua tips diatas belum mampu mengatasi masalah dan juga bila tidak hanya di jaringan hotspot milik anda saja (tempat lain) yang menyebabkan koneksi putus nyambung silahkan coba reset pengaturan sistem ke kondisi awal alias factory reset.

Dengan melakukan langkah-langkah diatas dengan berurutan nantinya bisa dipastikan penyebab dari masalah WiFi android milik anda, Semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments

1 komentar

informasi yang bermanfaat, pengalaman yang terjadi karena HP sudah daerah pedesaan sinyal tidak terjangkau jadi hostpot wifi sering putus dan menyambung kembali


Emoticon Emoticon