Mengapa tulisan Resep dokter sulit dibaca ?

Mengapa tulisan Resep dokter sulit dibaca ?, Mungkin anda yang pernah tahu atau juga pernah ke klinik dokter pasti mendapati tulisan yang bisa dibilang amburadul dalam menu resep obat yang telah dokter berikan kepada pasien. Namun itu bukanlah alasan karena dokternya tidak bisa menulis atau tulisannya memang jelek. Ada alasan khusus mengapa setiap kali menuliskan resep kepada pasiennya si Dokter menggunakan tulisan yang memang sulit dibaca.


Bagi sesama dokter atau orang yang sudah mengetahui rumus dan kunci membaca coretan tangan dokter di menu resep obat tentu bukanlah hal yang sulit layaknya membaca tulisan pada umumnya. Bagi yang bertanya-tanya mengapa harus seperti itu tulisannya ?, Sebenarnya tidak ada undang-undang khusus di dalam dunia kedokteran yang mengharuskan dokter menulis resep memakai tulisn yang menurut orang awam 'jelek' alias tidak bisa terbaca.

Tulisan yang terkesan amburadul memang sengaja ditorehkan agar pasien tidak bisa dengan mudah membaca isi resep sebelum diserahkan ke apoteker farmasi atau apotek. Di kuliah sebelum menjadi farmasis aada mata pelajaran yang membahas tentang Simulasi Resep. Dimana dalam mata pelajaran tersebut siswa mempelajari cara membaca resep, Menyediakan obat dan juga memberi KIE atau Komunikasi, Informasi dan Edukasi kepada pasien.

Tulisan dokter yang ditulis menyerupai rumput tersebut di dalam ilmu penulisan bisa disebut sebagai stenografi. Dimana hanya berupa simbol-simbol khusus untuk mempercepat penulisan dan hanya orang yang menguasai stenografilah yang bisa membacanya. Nah, sudah tahu kan mengapa dokter menulis dengan tulisan yang sulit dibaca ?. Semoga sedikit ulasan diataas bermanfaat dan menambah wawasan kita.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site