18/02/2018

Mengatasi Kesalahan Otentikasi Wi-Fi di HP Samsung dan merek lain

Penyebab dan cara mengatasi Wifi tidak terhubung karena kesalahan Otentikasi - Bagi pengguna HP samsung khususnya dan pengguna HP Android merek lain mungkin pernah mengalami melakukan koneksi ke hotspot namun tidak juga terhubung dan di pengaturan WiFi ada tulisan 'terjadi kesalahan Otentikasi', apa sebenarnya yang terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?, silahkan simak ulasannya berikut ini.

mengatasi wifi android gagal terhubung hotspot

Banyak kejadian misalnya pengguna android ingin melakukan sambungan Wi-Fi dari hotspot, entah itu Hotspot cafe, warung kopi, atau hotspot umum di ruang terbuka, dimana sebelumnya bisa terhubung dan sewaktu kembali mendatangi tempat tersebut dan ingin konek kembali WiFi HP android ke hotspot ternyata tidak terhubung juga.

Setelah melakukan pengecekan ke pengaturan WiFi di ponsel ternyata padda nama Hotspot yang pernah terhubung sebelumnya ada tulisan 'terjadi kesalahan otentikasi'. Apa yang terjadi dan bagaimana caranya agar WiFi HP android bisa terkoneksi kembali ke hotspot tersebut?

Ada beberapa sebab dan cara menangani kesalahan otentikasi yang terjadi ketika HP Samsung anda tidak bisa terkoneksi ulang ke hotspot yang sebelumnya bisa terhubung. Untuk mengetahuinya silahkan simak tipsny di bawah ini.

Hotspot Berganti Password

Banyak sekali tempat-tempat umum maupun pusat perbelanjaan yang mengamankan hotpsot WiFi di areanya menggunakan kata sandi dan selalu diubah setiap saat, entah sehari sekali, seminggu sekali atau beberapa waktu sesuai selera pemiliknya.
Melakukan penggantian sandi Hotspot WiFi bis menjamin keamanan dan menekan kebocoran WiFi dipergunakan oleh orang lain di sekitar area tersebut.

Pergantian kata sandi oleh penyedia hotspot akan berdampak pada ponsel yang pernah terhubung sebelumnya, dimana nantinya HP yang pernah terhubung ke hotspot dan ingin terhubung lagi setelah pergantian password akan terjadi kesalahan otentikasi.

Solusinya, Bilamana terjadi kesalahan otentikasi di HP Samsung anda maupun ponsel android tipe lain, silahkan lakukan tips di bawah ini:

1. Masuk ke menu pengaturan di ponsel anda

mengatasi otentifikasi salah di WiFi hp android

2. kemudian masuk ke opsi 'Koneksi', lalu masuk pula ke 'Wi-Fi

3. langkah selanjutnya, pada nama Hotspot yang bermasalah dan ada error otentikasi-nya silahkan tekan beberapa saat sekitar 2 detik dan akan muncul popup di layar

4. Pilih 'Lupa jaringan'

5. Kemudian pada nama hotspot tersebut silahkan klik ulang dan masukkan sandi baru yang sama dengan kata sandi Hotspot tersebut.



Kesalahan Sistem

Ada juga permasalahan Wi-Fi HP android gagal terhubung ke Hotspot karena sistem yang sedang bermasalah, seperti Proses sibuk, RAM sudah minim dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mencoba melakukan restart atau memuat ulang sistem ponsel agar fresh kembali.

Hotspot Limit user

Tidak hanya ponsel anda yang menyebabkan masalah WiFi tidak bisa terhubung, bisa saja hal tersebut dikarenakan Router pemilik hotspot memang melakukan pembatasan jumlah client atau User yang terhubung.

Untuk solusi masalah ini tidak lain anda harus menunggu user lain yang telah disconnect atau meninggalkan area hotspot agar bisa anda tempati alamat IP-nya.

Itulah beberapa pembahasan dan tips cara mengatasi WiFi HP android terjadi kesalahan otentikasi, semoga bermanfaat untuk para pembaca DetikInfo semuanya.


Emoticon Emoticon