21/02/2018

Cara memunculkan Kontak WhatsApp yang tidak terdeteksi

Cara munculkan kontak WA hilang tidak terbaca - Aplikasi permesanan dan panggilan Online terpopuler di Dunia milik google ini memang terbukti membuat penggunannya setia, Tidak bisa dipungkiri kalau WhatsApp terkenal ringan dijalankan dan juga hemat kuota data internet.

cara memunculkan kontak hilang di WA

Meskipun mudah digunakan, ada saja problem yang terjadi di sebagian penggunanya seperti problem kontak HP tidak bisa terlihat. Walaupun kontak sudah dipastikan ada di buku telepon namun bolak-balik membuka WhatsApp dan ingin berkirim pesan ternyata nomor yang dituju tidak terdeteksi sebagai pengguna WA. Pertanyaannya, apa yang terjadi ddan bagaimana cara mengatasi kontak hilang di WA tersebut?

Beberapa penyebab yang sering terjadi oleh hilangnya nomor kontak WhatsApp bisa karena Aplikasi bermasalah, sistem android yang error, Sistem sibuk karena kekurangan kapasitas RAM, Izin aplikasi kontak tidak diaktifkan dan beberapa sebab lainnya.

Cara memunculkan kontak WA yang hilang

Di bawah ini admin ulas apa saja penyebab kntak WhatsApp tiba-tiba hilang meskipun nomor masih ada di buku telepon, Untuk lebih jelasnya langsung simak ulasannya berikut ini:

1. Kontak belum diperbarui

Nomor kontak yang baru anda simpan kemungkinan belum terdeteksi oleh aplikasi. Bisa saja ketika anda baru saja mengubah SimCard dengan kartu selular yang baru yang berisi kontak, tentunya akan membutuhkan pembaruan ulang agar aplikasi WhatsApp bisa mendeteksi nomor di dalam kartu tersebut.

Walaupun pada kinerjanya aplikasi WA sudah melakukan hal tersebut secara otomatis tapi bagi sebagian pemilik ponsel tidak gagal dalam pembaruan otomatis kontak agar terdeteksi di aplikasi WA.
Nah, untuk itu coba langkah memperbarui kontak di WA seperti berikut ini:

- Buka aplikasi WhatsApp

memperbarui kontak di WhatsApp

- Kemudian klik pada ikon tulis pesan, ikon ada di bawah kanan (lihat contoh gambar)

- langkah selanjutnya klik pada opsi menu yang ada di pojok kanan atas (tanda titik tiga)

- kemudian pilih opsi 'perbarui'

- Tunggu sampai proses selesai dan coba lihat kembali apakah kontak teman yang punya WA sudah muncul atau belum. Pastikan juga koneksi internet menyala untuk proses update konta tersebut.

2. Izin aplikasi Kontak WA

Salah satu sebab tidak tampilnya nomor telepon yang sudah tersimpan dan terkait dengan whatsApp diantaranya belum aktif-nya izin aplikasi kontak android.

Seperti diketahui, setiap aplikasi selalu mempunyai izin akses yang harus disetujui oleh pengguna smartphone. Seperti halnya aplikasi WA, dimana ada beberapa ijin aplikasi untuk mengakses sistem seperti ijin kamera, Kontak, izin lokasi, izin penyimpanan, Microfon, SMS dan juga izin telepon.



Nah, untuk permasalahan tidak munculnya kontak di aplikasi WA bisa disebabkan oleh belum aktifnya izin kontak. Untuk mengaktifkannya bisa anda simak caranya berikut ini:

- Buka menu pengaturan di HP android

- Kemudian masuk ke menu Aplikasi atau manager aplikasi

ijin aplikasi kontak di WA

- Selanjutnya pilih aplikasi WhatsApp dan coba lihat apakah izin aplikasi kontak sudah aktif, bila belum silahkan aktifkan 'kontak' dengan menggeser slider di sampingnya.

- Setelah itu coba buka aplikasi WA dan perbarui Kontak seperti tips nomor 1 diatas

3. Kapasitas RAM minim

Untuk Smartphone dengan spesifikasi minim dan kapasitas RAM pas-pasan tentunya akan membuat kinerja aplikasi terhambat dan bahkan sering mengalami error.

Untuk itu coba cek terlebih dahulu apakah banyak aplikasi yang masih berjalan di background yang berlum tertutup sempurna. Hapus juga cache data di WhatsApp agar aplikasi kembali ringan dan tidak membebani kinerja prosesor dan juga RAM.

4. Aplikasi WhatsApp Error

Ketika ketiga cara diatas tidak mampu mengatasi masalah hilangnya nomor telepon teman di WA, ada kemungkinan aplikasi Error. Untuk itu coba copot atau hapus WhatsApp dan ulangi mengunduh serta menginstall-nya kembali.

Dengan begitu aplikasi akan fresh dan WA akan kembali mendeteksi nomor-nomor telepon yang sudah anda simpan di dalam ponsel.

Untuk yang mengalami nomor kontak tidak terdeteksi di WA hanya sesekali dan terkadang muncul kadang hilang, coba lakukan saja restart ulang ponsel agar sistem kembali fresh. Cek juga koneksi data internet untuk menjamin lancarnya pembaruan kontak yang baru anda simpan di buku telepon HP secara otomatis.

Itulah tips yang bisa admin sajikan untuk pembaca setia Detikinfo.com, semoga tips memunculkan kontak di WA yang hilang diatas bermanfaat, terima kasih.


Emoticon Emoticon