22/02/2018

Cara Mengatasi Gagal Kirim Foto di WhatsApp

Penyebab dan cara mengatasi WA tidak dapat kirim foto - Sebagai aplikasi messenger paling populer saat ini WhatsApp selalu meningkatkan performa aplikasi miliknya dengan selalu mempersiapkan update secara terus menerus untuk mengatasi problem di dalam aplikasinya. Meskipun dari pengalaman admin selama memakai WA tidak ada masalah, terkadang ada sebagian pengguna lain yang mengalami trouble semisal tidak bisa berkirim foto, gagal kirim video dan lain sebagainya.

Penyebab dan cara mengatasi WA tidak dapat kirim foto

Sebagai aplikasi chatting, tentunya pengguna WhatsApp seringkali memanfaatkan aplikasi ini untuk berkirim file foto maupun video disela inbox format teks. Kecepatan server WA untuk mengupload dan mendownload image maupun video tergolong cepat daripada pesaingnya seperti BBM, Line dan lain sebagainya.

Untuk masalah tidak terkirimnya file foto ketika melakukan chatting di WhatsApp bisa terjadi karena beberapa sebab. Bukan hanya karena jaringan data internet yang bermasalah, namun juga bisa disebabkan masalah sistem, ruang penyimpanan, banyaknya file sampah dan beberapa sebab lainnya.

Mengatasi WA gagal kirim foto

Untuk anda pengguna aplikasi WhatsApp dan saat ini mengalami masalah tidak bisa berkirim foto bisa anda coba tips yang akan admin sajikan di bawah ini, yuk disimak:

Jaringan Data Internet

Penyebab yang sering terjadi ketika ingin berkirim pesan berupa file foto namun selalu gagal terkirim, maka langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah mengecek jaringan data internet di ponsel.
Ada cara mudah memastikan koneksi data internet stabil agar WA tidak sering gagal berkirim pesan foto ataupun video coba cara berikut ini:

1. Pastikan kekuatan sinyal selular, apabila sinyal terlalu lemah maka akan berakibat sering terputusnya jaringan data.

2. Setelah yakin koneksi data terhubung dan sinyal baik, coba buka browser dan lakukan pencarian atau membuka situs kesukaan anda. Bilamana dalam membuka situs tertentu lancar, berarti koneksi internet bagus.

3. Langkah selanjutnya coba buka kembali Aplikasi whatsApp dan ulangi berkirim foto.

Izin aplikasi

Ketika sinyal dan kekuatan jaringan internet bagus nnamun tetap saja WA gagal berkirim foto atau video, bisa juga disebabkan izin aplikasi WhatsApp belum bisa mengakses file di penyimpanan memori.

Nah, untuk mengatasi izin aplikasi untuk berkirim foto ataupun video, silahkan simak tippsnya di bawah ini:



1. Buka pengaturan di ponsel android anda

2. Kemudian masuk ke menu aplikasi, atau namanya manager aplikasi (tergantung tipe ponsel)

3. Setelah masuk ke menu aplikasi, silahkan cari nama aplikasi WhatsApp dan masuk ke dalamnya

4. Geser layar agak kebawah dan temukan opsi 'izin aplikasi'

5. Disana akan terlihat beberapa izin aplikasi yang berguna untuk memberikan hak akses WA terhadap beberapa file termasuk penyimpanan, kontak, kamera, microfone dan lain sebagainya. Silahkan aktifkan atau geser slider 'penyimpanan'

izin aplikasi whatsapp

6. Setelah itu keluar dari menu pengaturan dan coba buka aplikasi WhatsApp lalu ulangi berkirim foto.

Memori penyimpanan Penuh

Bilamana kedua tips diata sudah anda lakukan dan selalu gagal mengirim file foto maupun video, bisa dikarenakan ruang memori internal maupun eksternal di ponsel android sudah sangat minim.

Perlu diketahui, bahwasanya setiap kita berkirim foto via WhatsApp, nantinya file foto akan terduplikasi dan juga tersimpan di folder khusus WhatsApp. Oleh sebab itu, coba cek terlebih dahulu space ruang penyimpanan, apakah masih banyak space tersisa ataukah sudah menipis.

Coba pindah beberapa file ke memori eksternal terlebih dahulu agar memori internal longgar kembali dan ulangi berkirim file foto atau video.

Aplikasi WA error

Setelah ketiga cara diatas sudah dilakukan dan masih saja mengalami error ketika berkirim foto dan video, ada kemungkinan aplikasi WhatsApp mengalami problem.

Untuk itu, coba lakukan pencopotan (uninstall) aplikasi, kemudian restart HP. Setelah itu buka aplikasi play store dan unduh kembali WhatsApp. Pasang aplikasi, lakukan login ulang ke nomor akun WhatsApp anda dan ulangi berkirim file foto.

Dengan beberapa urutan mengatasi masalah tidak bisa terkirimnya file foto atau video di WhatsApp diatas semoga bisa mengatasi problem yang pembaca alami, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon