01/08/2019

Bagaimana Alur dan Syarat Her 5 Tahunan di Samsat 2019 ?

Pengalaman Saya saat melakukan proses HER 5 TAHUNAN di Kantor bersama Samsat sangat mudah dan cepat. Dimana persyaratan dan alur registrasinya mudah dimengerti. Bahkan saat ini sudah jarang ditemui Calo yang terang-terangan menjajakan jasanya, dan saya sarankan lebh baik memproses sendiri perpanjangan pajak kendaraan daripada memakai jasa orang lain, caranya mudah dan tidak sulit seperti jaman dulu.

Loket Kantor Samsat Kota Blitar
Image: Loket di Kantor Samsat Blitar Kota

Di pembahasan kali ini saya akan memberikan tips melakukan perpanjangan STNK 5 Tahunan di Kantor Samsat. Mulai dari apa saja Syarat berkas yang harus dibawa saat Her, Bagaimana alurnya mulai dari cek fisik Nomor rangka dan Mesin, Loket yang harus dituju untuk pengambilan formulir sampai pembayaran.

Dari pengalaman saya Biaya Perpanjangan STNK 5 Tahunan Motor Honda Beat FI keluaran tahun 2014 hanya habis Rp 378 Ribu ditambah Biaya fotokopi berkas-berkas 10 Ribu Rupiah.

Sampai di Kantor Samsat Blitar Kota pukul 8 sudah buka, lalu mengantri sebentar untuk Cek fisik kendaraan sampai proses mengambil dan mengisi formulir, antri untuk dipanggil melakukan pembayaran di loket sampai penyerahan STNK memakan waktu sekitar 1 Jam lebih meskipun tidak ada antrian panjang.

Mengapa proses perpanjangan STNK untuk Her 5 Tahunan sampai 1 jam lebih meski tidak banyak antrian ?. Menurut saya, lamanya waktu menunggu dipanggil petugas Samsat karena harus dilakukan proses pengecekan persyaratan Her Registrasi, Pemberian nomor Polisi, input data serta penetapan. Jadi proses inilah yang menyebabkan petugasnya harus ekstra teliti.

Syarat dan Berkas Perpanjangan 5 Tahunan STNK


Adapun berkas yang harus dibawa pemohon untuk mengurus Her Registrasi 5 Tahunan di kantor Samsat diantaranya sebagai berikut:

  1. STNK dan BPKB Asli, fotokopi 2 Lembar
  2. KTP Asli Pemilik Kendaraan + Fotokopi 2 lembar
  3. Cek Fisik, berupa Formulir dan Pelayanan Cek Fisik

Loket Cek Fisik Kendaraan
Loket Pendaftaran Cek Fisik Kendaraan

Untuk lebih mudah, di sekitar kantor Samsat umumnya ada jasa Fotokopi berkas, disana selain melakukan proses fotocopy juga akan menata kelengkapan yang dibutuhkan dan dimasukkan dalam satu Map. Biayanya rata-rata antara 7-10 Ribuan saja.

Dan untuk item nomor 3 diatas, yakni Cek formulir cek fisik bisa diambil di loketnya saat pertama kali masuk ke Samsat. Jadi jangan parkir Motor / kendaraan anda di luar kantor, bawa masuk dan langsung parkir di tempat petugas cek fisiknya.

Alur dan urutan HER 5 Tahunan Kendaraan


Di bawah ini pengalaman saya perpanjangan STNK 5 Tahunan di Samsat Blita Kota, adapun untuk di kota lain umumnya sama saja alurnya, mulai dari cek kendaraan sampai penyerahan STNK / BPKB yang sudah jadi.

1. Bawa masuk motor / kendaraan ke parkiran Uji cek fisik

2. Serahkan berkas yang sudah anda persiapkan ke petugas Uji Cek fisik untuk mendapatkan Formulir "Hasil Cek Fisik Kendaraan Bermotor"

3. Isi formulir tersebut, dan serahkan kembali ke petugasnya untuk dilakukan pengecekan data

Berkas dan formulir kelengkapan Her 5 tahunan

4. Isilah formulir Cek Fisik persis seperti yang tertera pada BPKB atau STNK anda dan teliti kembali, seperti Indentitas kendaraan meliputi Merk, Type, Jenis, Tahun pembuatan, Isi Silinder, Nomor BPKB, Warna kendaraan, Kode Lokasi dan lain sebagainya.

5. Untuk cek fisik lebih baik anda berada di dekat kendaraan supaya tahu dimana letak nomor mesin dan rangka yang akan digesek di kertas khusus.

6. Setelah menerima berkas cek fisik, langsung menuju ke Loket 1 dan serahkan berkas tadi ke petugasnya.




7. Di loket 1 tersebut kita akan diberi formulir lagi yang harus diisi, cara mengisi datanya juga harus persis dengan yang tertera di STNK / BPKB.

8. Kumpulkan kembali formulirnya ke Loket 1 untuk dilakukan pengecekan, pendataan, dan penetapan besarnya pajak yang harus dibayar nantinya.

9. Nantinya anda akan dipanggil ke Loket 2, dimana harus membayar notice pajak.

10. Setelah membayar, tunggu lagi dengan sabar untuk dipanggil ulang

11. Di sesi terakhir, anda akan dipanggil lagi di loket 2, dimana STNK  dan TNKB (Plat Nomor) akan diserahkan.

Alur Proses Perpanjangan STNK 5 Tahunan
Alur Perpanjangan STNK 5 Tahunan di Samsat Blitar

Mengapa STNK dan BPKB belum jadi ?

Mungkin ada yang bertanya-tanya mengapa saat proses Mutasi, Balik Nama ataupun Her 5 Tahunan kendaraan bermotor STNK dan BPKB tidak langsung jadi saat itu juga ?

Menurut penjelasan petugasnya, bahan atau prosesnya memang ada keterlambatan. Entah benar atau tidaknya saya tidak tahu, Dan yang penting ada selembar surat dan stempel pengganti saat nanti ada pemeriksaan kelengkapan kendaraan di jalan raya bila diperlukan.

Dari pengalaman saya sewaktu Perpanjangan STNK 5 Tahunan di Samsat Kota Blitar pada Bulan Agustus 2019, STNK dan Plat Nomor belum jadi dan keterlambatan 3 Bulan, sedangkan untuk BPKB terlambat jadi 1 Bulan.

Kesimpulannya, Proses untuk Her kendaraan 5 Tahunan itu mudah bila dilakukan sendiri tanpa jasa Calo serta lebih aman. Bisa jadi kalau anda memakai Calo saat Her, Surat-surat yang anda serahkan bisa disalahgunakan peruntukannya, yakin aman???

Itulah sepenggal pengalaman admin saat 'jalan sendiri' perpanjangan STNK Motor Honda Beat kesayangan di Samsat Blitar. Mulai dari proses cek fisik nomor mesin dan rangka, sampai mengantri di loket pembayaran sampai akhirnya menerima STNK sementara meski belum jadi yang asli beserta BPKB-nya.

1 komentar

di lampung pembuatan plat nomor bisa setahun belum tentu jadi...


Emoticon Emoticon