17/02/2018

Selalu Gagal memutar Video di HP OPPO? berikut tips mengatasinya!

Cara mengatasi tidak bisa memutar Video di HP OPPO - Mungkin saja anda pengguna OPPO smartphone pernah mengalami gagal memotr video streaming atau Online, gagal membuka video yang tersimpan di kartu Memori atau video di kartu memori tidak bisa terbaca, atau bahkan tidak bisa memainkan beberapa file video di browser?, Nah untuk menjawab semua pertanyaan itu admin akan membahasnya khusus untuk pembaca Detikinfo semua.

Cara mengatasi tidak bisa memutar Video di HP OPPO

Kendala tidak bisa terbukanya file video ketika ingin diputar di HP OPPO tentunya juga dialami oleh ponsel android tipe lain. Namun admin akan fokus pada pembahasan untuk HP OPPO saja agar materinya tidak kemana-mana...hehe

Mungkin saja saat ini anda mengalami kejadian tidak bisa memutar file berupa video, yang mana ada beberapa sebab yang menjadikan hal tersebut terjadi seperti sistem error, codec video format tidak tersedia, atau memang masalah hardware di ponsel OPPO. Untuk itu mari kita beddah satu persatu agar fokus ke permasalahannya.

Penyebab Video error diputar di HP OPPO

Adapun beberapa penyebab dan cara mengatasi video error tidak bisa diputar di HP OPPO papun tipenya, entah itu OPPO F5, OPPO F1, OPPO F3 dan sebagainya bisa anda simak pada tips berikut ini:

Jaringan Data

Bilamana anda melakukan streaming atau ingin menonton video Online seperti di Youtube, iFlix, Netflix dan lain sebagainya kemudian mengalami video tidak dapat diputar bisa karena transfer data internet di ponsel yang tidak stabil.

Untuk itu cob cek terlebih dahulu cakupan sinyal di ponsel dan juga kecepatan transfer rate data internet di HP OPPO anda, siapa tahu kendala gagal memainkan video online hanya karena jaringan data internet yang sedang bermasalah.
Hardware bermasalah

Bilamana video di HP OPPO tidak dapat diputar dalam mode online maupun file yang tersimpan bisa juga karena kendala hardware seperti GPU, perangkat audio, memori internal/eksternal, prosesor maupun RAM yang minim.

Walaupun jarang terjadi, kerusakan pada salah satu perangkat saja bisa menyebabkan file video di HP OPPO tidak bisa terbuka kalau salah satu perangkat keras tersebut bermasalah.

Dan pada permasalahan hardware biasanya kesalahan akan ditampilkan berupa popup di layar bagian mana yang sedang mengalami masalah. Silahkan dilihat pemberitahuan yang muncul di layar supaya tahu pasti bagian mana yang bermasalah.

Codec Video tidak support

Sering juga terjadi Video tidak bisa diputar di HP OPPO karena hilangnya file codec video yang diperlukan.

Codec sendiri adalah suatu file script encoder dan decoder untuk mengenali jenis file dan menjalankan file tersebut sesuai jenis yang disupportnya. Semisal ada video berformat MP4 tidak bisa diputar namun untuk 3GP bisa dijalankan maka bisa dipastikan di aplikasi pemutar video belum ada file codec untuk MP4 dan jalan keluarnya harus menginstall file tersebut.

Untuk masalah codec yang hilang ini solusinya anda bisa mencoba mengunduh aplikasi pemutar video lain dari play store dan baca terlebih dahulu format apa saja yang bisa disupport aplikasi player tersebut. Semakin banyak codec video dna audio yang disupport oleh aplikasi player tentunya semakin baik.

Crash Applikasi player

Ada juga penyebab file video tidak bisa diputar di HP OPPO anda yakni karena crash di aplikasi player-nya.

Kejadian crash aplikasi sering terjadi disebabkan banyaknya file cache, temporary file dan file sampah yang memenuhi ruang penyimpanan internal ponsel.

Cara mengatasinya coba lakukan penghapusan data cache dan juga bersihkan RAM supaya sistem dan aplikasi player berjalan semakin ringan.

Flash Player Error



Unutk memainkan video Online maupun streaming via aplikasi browser di HP OPPO umumnya memerlukan flash player yang include bawaan browser. Bilamana codec dan flash player bawaan browser bermasalah bisa menyebabkan file video tidak dapat diputar.

Cara mengatasi video error dimainkan di browser HP OPPO bisa dengan melakukan update browser maupun menghapus terlebih dahulu file cache dan file data dari browser tersebut.

Cara menghapus cache di aplikasi browser sama dengan aplikasi lain yakni masuk ke menu settings, kemudian masuk ke aplikasi dan pilih browsernya lalu tekan tombol hapus cache.

Masalah ruang penyimpanan

Ada juga penyebab video tidak bisa diputar di HP OPPO yakni karena masalah memori internal yang hampir habis dan bisa karena kartu memori eksternal MicroSD anda bermasalah.

Memeori internal umumnya juga untuk menyimpan beberapa file temporar yang diperlukan player video ketika dijalankan, apabila internal memori minim kapasitasnya dan terjadi kegagalan baca tulis oleh sistem maka bisa berakibat aplikasi crash maupun gagal melakukan fungsinya secara normal.

Bilamana anda banyak menyimpan file video di kartu memori MicroSD dan file video didalamnya gagal untuk dimainkan padahal file tersebut masih bagus dan bisa diputar di perangkat misalnya komputer / laptop maka pastikan ukuran file video dan juga class memori anda mensupport kecepatan transfer data.

Saran admin, kalau memilih kartu memori MicroSD pilihlah yang class 10 karena trasfer rate datanya lebih tinggi dan mengurangi kinerja prosesor dalam proses baca tulisnya.

Itulah beberapa penyebab dan tips mengatasi video Player di HP OPPO tidak bisa diputar, semoga bermanfaat untuk pembaca setia detikinfo.com


Emoticon Emoticon