06/08/2019

Cara Mengisi Tinta Canon TS307 Cartridge 745s dan 746s

Pengguna Printer Canon TS 307 Multifungsi dengan fasilitas WiFi atau Bluetooth memungkinkan pencetakan tanpa menggunakan kabel USB alias Wireless. Ada masanya kita harus mengisi ulang tinta hitam atau warna ke dalam cartridge masing-masing saat sudah ada tanda-tanda tinta mau habis agar terus bisa dipakai untuk Print dokumen, gambar ataupun cetak Foto.

tips dan video isi ulang tnta ts307 canon

Untuk tipe Canon TS307 yang tidak dimodifikasi alias tanpa selang tinta infus, mengisi secara manual dengan menyuntikkan tinta ke dalam cartridge mau tidak mau harus dilakukan sendiri agar hemat biaya tanpa ke tukang servis atau membeli cartridge baru yang harganya mahal.

Begitu juga ada beberapa pengguna Printer yang masih belum tahu dimana letak melubangi tempat tinta (cartridge). Bahkan ada yang sudah dilubangi namun terbalik mengisinya karena lupa atau tidak tahu letak lubang menyuntik tinta warna Biru, Merah dan Kuning (Cyan, Magenta, Yellow).

Seperti diketahui, bahwa Cartridge atau wadah tinta yang menyatu dengan Print Head untuk Canon TS307 ada dua jenis yakni PG-745S untuk tinta Hitam dan CL-746S untuk wadah tinta Warnanya.

Baca juga Cara mereset printer canon iP2770 dengan Software menggunakan Komputer / laptop dan Cara Reset Epson L120 dengan aplikasi dan tanpa software.

Cara Mengisi Tinta Canon TS307 Hitam & Warna

tipe cartridge canon ts307 pg745 da 746s
Tipe Fine-cartridge Canon TS307

1. Persiapkan dulu alatnya seperti Tinta, Jarum suntik, Cutter, Tissue, Push Pin atau paku kecil, Korek api.

2. Nyalakan Printer Canon dan buka penutup bagian depan agar cartridge parkir di tengah.

3. Lepas cartridge warna hitam dulu (terserah anda), letaknya ada di bagian kanan, yang kiri tinta warna. Cara melapasnya gampang, pakai telunjuk anda tekan ujung cartridge atas ke arah bawah sampai berbunyi klik, lalu tarik keluar.

4. Lepas stiker yang menempel di cartirdge tinta dengan silet, lepas saja semua.

5. Lubangi bagian agak bawah bertanda seperti bulatan, pakai paku atau push pin untuk melubanginya dengan terlebih dulu memanaskan ujung logam dengan korek api.




6. Setelah berlubang, isi dengan menyuntikkan tinta warna hitam sekitar 3-4ml perlahan saja supaya tidak tumpah.

7. Tutup kembali lubang dengan isolasi atau langsung pakai stiker cartridge bila masuh bisa digunakan. Jangan membiarkan lubang tetap terbuka karena tinta bisa terus menetes dari head karena dorongan gaya gravitasi.

8. Selanjutnya masukkan kembali wadah tinta hitam ke tempatnya dengan benar, dorong dan tekan agak keatas sampai keluar bunyi klik.

letak lubang tinta warna dan hitam canon TS307
Posisi lubang letak tinta Canon

9. Lanjutkan melapas cartridge printer warna, dan lepas stiker yang menempel di atasnya

10. Lubangi cartridge warna dengan jarum atau paku yang dipanaskan, ada 3 tempat yang meski dilubangi yakni sebelah atas 1 dan 2 di bawah.

11. Setelah berlubang, siap untuk diisi dengan tinta sesuai letak warnanya. Untuk warna merah / Pink (Magenta) letaknya ada paling atas, warna biru (CYAN) ada di bawah kiri, dan kuning (yellow) di sebelah kanan bawah (Lihat contoh gambar).

Menyuntik tinta warna ke cartridge canon
Posisi suntik tinta printer Canon

12. Setelah masing-masing terisi, rekatkan kembali stiker / labelnya dengan rapat. Bila sudah rusak, ganti dengan isolasi supaya tinta tidak menetes keluar dari print head.

13. Maukkan kembali cartridge ke tempatnya, dan tutup kembali cover depan printer.

Test hasil Warna Printer Canon TS307


Setelah berhasil mengisi ulang tinta, lanjutkan mencoba mencetak gambar atau tulisan warna agar tahu hasilnya. Admin sarankan mencetak beberapa jenis warna supaya tahu tinta yang kita suntikkan sudah keluar sebagaimana mestinya.

Video Tutorial Isi ulang Tinta Canon TS307



Anda juga bisa menonton video cara mengisi ulang tinta printer canon TS307 di bawah ini supaya lebih jelas. Dan jangan lupa bagikan tips ini ke teman dan semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon