21/01/2019

Mereset Ulang Epson L120 dengan dan Tanpa Software Resetter

Produk printer Epson L120 L360 atau L310 yang sudah dilengkapi tabung tinta Pengisian tanpa harus modifikasi dengan selang infus menjadi keuntungan tersendiri bagi pemakainya. Namun demikian, suatu saat bisa terjadi error saat ingin mencetak dengan ditandai salah satunya lampu hijau dan orange berkedip-kedip (blinking) dengan notifikasi error pada layar komputer.

proses reset printer epson l120 l310 l360

Trouble printer yang mengalami lampu indikator blink atau berkedip bergantian tersebut menjadi hal yang biasa dan sebagai pertanda kalau printer Epson minta reset ulang.

Mengapa printer harus direset?, Pada saat tertentu, ketika kita sering melakukan proses cetak (printing) sebenarnya modul di cartridge tinta Epson akan melakukan penghitungan. Saat mencapai batas atau limit yang telah ditentukan oleh pabrikannya, maka disarankan agar penggunanya mengganti cartridge tinta dengan yang baru dan original.

Namun prinsip ekonomo sebagai konsumen pastinya akan berfikir ulang kalau ingin mengganti cartridge dengan yang baru, karena harganya yang mahal dan hampir sama dengan harga printer baru. Nah, Oleh sebab itu, maka ada cara untuk mengakali supaya printer Epson bisa digunakan kembali tanpa beli cartridge baru yakni dengan meresetnya.

2 Cara Reset Printer Epson L120


Adapun cara mereset printer Epson ada dua cara, yaitu dengan cara manual atau sementara dan ada yang lebih permanen hasilnya yakn melalui aplikasi resetter khusus. Keduanya akan admin bahas di sesi kali ini, mari kita simak.

Reset Epson L120 manual (Sementara)


Efek mereset printer dengan cara manual tanpa menggunakan software aplikasi yaitu tidak akan bertahan lama, bahkan saat anda sudah berhasil melakukan cetak dokumen beberapa kali, bisa saja akan printer minta reset lagi. Namun cara ini sangat jitu kalau dalam keadaan darurat ingin menyelesaikan tugas mencetak.

  1. Langkah pertama, matikan printer dengan mencabut kabel powernya, tunggu 1- 3 menit. Kemudian colokkan kembali.
  2. Setelah itu nyalakan kembali printer dan tunggu sampai suara putaran mesinnya terdiam
  3. Kemudian Tekan Tombo POWER dan RESUME, tahan keduanya lebih kurang 5 detik-an, lalu lepaskan keduanya.
  4. Tekan lagi tombol RESUME 5 detik dan lepaskan lagi
  5. Biarkan printer spooling sampai berhenti berputar dan nantinya indikator led orange akan hilang, printer siap digunakan.

Reset Epson L120 dengan Software


Cara ini sangat direkomendasikan bila anda tidak ingin bolak-balik reset manual, yaitu dengan menggunakan software resetter epson, sekali direset bisa digunakan untuk jangka waktu lama.



  • Admin sarankan mematikan antivirus terlebih dahulu, karena beberapa antivirus mendeteksi aplikasi resetter epson sebagai virus meskipun bukan (False alarm).
  • Saatnya menjalankan file 'Adjprogcracked.exe', tunggu sampai halaman Epson Adjustment program terbuka.
program reset epson l120

  • Pilih model printer yang akan direset, yakni L120. Lalu pada beberapa daftar yang tampil klik pada opsi 'waste ink pad counter', klik OK
  • Setelah itu centang opsi 'Main Pad counter', klik tombol check
proses reset l120 epson

  • lanjutkan centang lagi opsi Main pad counter dan klik Initialization
  • Tunggu proses berlangsung, dan bila berhasil maka di layar akan terlihat notifikasi untuk mematikan printer.
berhasil mereset printer epson

  • Silahkan tekan tombol power untuk mematikan Epson L120 dan nyalakan kembali, printer siap digunakan.

Setelah dilakukan reset ulang dengan software, maka indikator warna orange tidak lagi muncul dan kita tidak perllu lagi beli cartridge baru untuk mengatasi problem tersebut.


Emoticon Emoticon