16/02/2018

Inilah Fitur terbaru MIUI 9 Xiaomi yang wajib diketahui!

Fitur baru MIUI 9 HP Xiaomi - Kali ini admin Detikinfo akan membahas tentang apa saja fitur terbaru di MIUI 9, tips menggunakan MIUI 9 dan apa saja kesamaannya dengan fitur yang ada di MIUI 8. Jadi nantinya para pengguna HP Xiaomi akan tahu apa saja kesamaan dan perbedaan antara menggunakan UI MIUI 8 dan MIUI 9, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Inilah Fitur terbaru MIUI 9 Xiaomi

Seperti diketahui bahwasanya update User Interface di suatu perangkat semisal HP Xiaomi yang menggunakan MIUI bertujuan meningkatkan kinerja dan juga fitur di sistem Operasi android agar penggunannya bisa menikmati pengalaman baru menggunakan gadget dengan versi UI yang lebih tinggi.

MIUI 9 sendiri diklaim oleh pihak Xiaomi sebagai user interface khas Xiaomi yang mempunyai kinerja bagus, kecepatan membuka aplikasi, lebih responsif dan juga improve performa sistem yang lebih handal dibanding versi MIUI sebelumnya.

Fitur MIUI 9

Di bawha ini admin sajikan beberapa fitur yang ada di HP Xiaomi yang menggunakan MIUI 9 sebagai User Interfacenya, silahkan disimak.

DND dan Silent Mode
Walau fitur ini sudh ada di versi MIUI 8 namun untuk di MIUI 9 sudah lebih ditingkatkan lagi performa dan cara pengoperasian yang lebih mudah. Begitu juga ada fitur DND dan silent mode bisa dilakukan pengaturan timer didalamnya.

tips menggunakan Silent & DND Mode

Untuk menggunakan fitur ini di MIUI 9 cukup mudah yakni dengan menekan tombol Volume pada posisi home screen, setelah tanda volume tertera di layar silahkan tarik kebawah, kemudian Aktifkan mode silent maupun DND dan atur waktu berapa lama DND dan silent mode tersebut dilakukan.

Shortcut Key & Gesture

Di Xiaomi dengan MIUI 9 kita bisa mengatur jalan pintas atau penggunaan shortcut untuk aplikasi, semisal kita ingin membuka kamera bisa menggunakan tombol volume, power atau hanya mengetuk bagian layar. Jadi cara ini nantinya bis amempermudah pengguna Xiaomi untuk mengakses fitur semisal kamera tanpa harus menekan icon kamera di layar ponsel.

Cara Mengaktifkannya sebagai berikut:

  • Masuk ke menu settings, kemudian masuk ke opsi 'Additional settings'
  • kemudian cari Buttons seteah itu aktifkan
  • Langkah selnjutnya kembali ke Additional settings dan cari opsi Key and Gesture shortcut, masuk kedalamnya
  • Nah disana silahkan lakukan beberapa pilihan shortcut untuk aplikasi yang anda sukai.

Home Screen Editor

Untuk fitur ini sebenarnya juga ada di beberapa versi MIUI Xiaomi sebelumnya, gunanya untuk mengatur tata letak icon atau shortcut aplikasi di layar muka (home screen) dan juga mengatur model widget icon.

Recent Apps

Tombol Recent Apps juga sudah ada di MIUI 8, namun untuk versi xiaomi dengan MIUI 9 performa dan desainnya semakin ditingkatkan.

Cara penggunaannya-pun cukup mudah yakni tekan tombol reccent apps, geser kebawah untuk proses lock maupun membuka kunci recent apps.

Taplus



Fitur ini nantinya akan memberikan kita pilihan ketika ada link URL dari pesan yang terkirim dan apa yang harus kita lakukan. Pengguna Xiaomi akan diberikan pilihan untuk membuka Link tersebut masuk menggunakan browser apa atau ingin melakukan edit link langsung juga bisa. Caranya masuk ke Settings >> MIUI Lab >> Taplus

Quick Card

Dengan fitur ini pengguna MIUI 9 bisa mencari aplikasi dengan cara mengetikkan kata tertentu. Begitu juga kita bisa mencari gambar, foto, video atau dokumen dengan mengetikkan kata di fitur ini.

Tadinya fitur Quick card diberi nama Smart Assistant, dan untuk membuka atau mengaktifkannnya hanya dengan menggerser layar di home screen ke kiri atau kekanan dan setelah itu fitur Quick card akan muncul.

Security App

Fitur yang lebih fresh ditawarkan pihak Xiaomi untuk security App MIUI 9 daripada di versi MIUI 8. Dengan fitur ini kita bisa melakukan Autostart di aplikasi dan juga melakukan penggantian baterai restrictions di setiap aplikasi.

Cara mengakses fitur Security apps yaitu masuk ke menu settings > App >> battery >> Automated task.

Split Screen

Split screen sudah diperkenalkan sistem android semenjak versi Nougat keatas. Dan untuk lebih menyempurnakan fitur tersebut maka User Interface MIUI 9 meningkatkan performanya ketika pengguna ingin membuka 2 aplikasi dalam satu layar sekaligus. Jadi kita tidak perlu membuka dan tutup aplikasi ketika ingin membuka app lainnya, langsung buka saja 2 aplikasi dalam satu layar.

PIP (Picture in Picture) Mode

Fitur ini sangat bermanfaat untuk anda yang ingin menonton video atau streaming namun tetap bbisa melakukan aktifitas lain di aplikasi seperti membuka youtube sambil berkirim WA, BBM, Facebook-an dan lain sebagainya.

Cara mengaktifkan PIP mode:

Masuk ke menu Settings >> Sistem Apps >> Mi Video >> User Experience Program >> Enable Pictures in picture.

Itulah beberapa perubahan dan fitur baru yang ada di Xiaomi dnegan MIUI 9, semoga bermanfaat bagi pembaca detikinfo.com


Emoticon Emoticon