02/12/2017

Beberapa Fitur dan Aplikasi Penyebab HP Android Panas

DetikInfo.com - Fitur dan Aplikasi HP Android yang sering Menyebabkan Panas. Seperti halnya beberpaa perangkat elektronik lainnya, Smartphone Android memang dikenal canggih namun sering menimbulkan panas tidak seperti Ponsel bersistem Java maupun symbian. Berjalannya sistem dan aplikasi yang kompleks memang menjadi pemicu panasnya hardware karena kinerjanya yang harus ekstra untuk menjaga kinerja tetap Normal dan stabil.

Fitur dan Aplikasi HP Android yang sering Menyebabkan Panas

Bagi sebagian pengguna yang masih awam tentang seluk beluk Hardware dan sistem Android tentunya ada kekhawatiran tersendiri dengan panas yang ada di HP miliknya, apalagi kalau sebelumnya masih menggunakan ponsel dengan sistem Java yang hampir tidak pernah ada rasa panas ketika HP digenggam.

Nah, bagi pembaca situs DetikInfo kini admin akanmemberikan info apa saja fitur serta aplikasi penyebab timbulnya panas pada perangkat Android. Walaupun Panas di HP android adalah suatu yang normal dan hampir semua perangkat android lebih mempunyai suhu panas dari perangkat sistem lainnya.

Namun dengan mengetahui beberapa fitur serta aplikasi apa saja yang bisa memicu suhu panas berlebih di HP android maka bisa dengan bijak melakukan pengaturan sedemikian rupa supaya ponsel tetap dalam kondisi tempertur suhu yang bisa ditoleransi keamanannya.

Aplikasi dan fitur penyebab panas di HP android


Di bawah ini beberapa diantaranya aplikasi serta fitur yang bisa mempercepat timbulnya suhu panas berlebih pada HP android, yuk simak..

Sinyal HP

Lemahnya sinyal selular di HP android selain menguras banyak daya baterai juga berpotensi besar meningkatkan temperatur suhu.

Baca Juga


Ketika sinyal yang didapat naik turun dan terlalu lemah disertai penggunaan koneksi jaringan data internet maka suhu akan cenderung semakin panas daripada saat sinyal stabil dan bagus.

Jadi bila anda merasa ponsel android panasnya tidak seperti biasanya, silahkan cek terlebih dahulu kndisi kekuatan sinyal yang didapat. Agar tidak terlampau panas, dalam kondisi minim sinyal lebih baik jangan menyalakan dahulu sambungan data selular, tunggu sampai sinyal yang didapat stabil baru nyalakan koneksi datanya.

Fitur koneksi data selular

Banyak pengguna android yang menyadari kalau penggunaan konksi jaringan WiFi dan Jaringan data selular sangat terasa bedanya sebagai pemicu panas.



Koneksi jaringan dengan menggunakan Fitur FiWi akan lebih dingin di Ponsel daripada menggunakan Jaringan data selular. Begitu juga ketika mengaktifkan mode 3G maupun 4G akan lebih menambah temperatur suhu ponsel daripada yang hanya menggunakan kualitas jaringan selular 2G.

Background process

Tanpa kita sadari, penggunaan dan settingan default dari smartphone ketika menginstall aplikasi seperti social media, antivirus, cleaner dan sebagainya yang terjadi setelah kita menutup aplikasinya dan beralih ke aplikasi yang lain ternyata masih ada proses dari aplikasi tersebut yang berjalan di latar belakang sistem tanpa kita ketahui.

Berjalannya aplikasi tertentu seperti Facebook, twitter, IG, WhatsApp, Line dan lain sebagainya di background system memang diperlukan untuk mejaga sinkron data aplikasi dengan server yang bersangkutan. Oleh sebab itu bila proses yang sedang berjalan tersebut dihentikan secara paksa dengan opsi 'force close' maka aplikasi akan terhenti karena sinkron data serta beberapa hal yang terkait dengan jalannya proses aplikasi sudah dihentikan paksa oleh penggunanya.

Terkadang melakukan Force close sangat bermanfaat untuk menurunkan kinerja Prosesor, RAM dan menghemat kuota data internet serta menurunkan suhu HP yang terlampau panas. Namun hal tersebut tidak perlu dilakukan apabila smartphone mempunyai spek hardware yang cukup bagus, kuota data masih banyak, serta panas pada ponsel tidak terlampau tinggi.

Aplikasi Video dan streaming

Aplikasi streaming serta pemutar Video juga sangat berpotensi menaikkan suhu panas pada smartphone Android. Misal ketika kita memainkan video dari youtube dengan kualitas HD tentunya akan berbeda potensi panas yang ditimbulkan dengan video dengan kualitas rendah karena di perangkat android selain prosesor dan RAM juga ada yang namanya GPU atau kartu grafis yang bekerja ekstra menghasilkan kualitas gambar di layar dengan resolusi yang diminta oleh aplikasi.

Begitu juga bila anda punya koleksi Film di memori dan memutarnya via aplikasi player android, ketika movie dimainkan maka seluruh komponen yang bertugas untuk memaksimalkan tampilan layar serta suara di android akan bekerja extra sehingga semakin lama durasinya semakin tinggi pula temperatur suhu ponsel.

Game HD

Sudah bukan rahasia lagi kalau game dengan kualitas grafis yang halus dan detail menjadi tren maniak game saat ini. Game-game android dengan kualitas HD sangat cepat meningkatkan suhu panas dalam dapur pacu Android.

Apalagi untuk ponsel dengan hardware yang pas-pasan dan dipaksa menjalankan game berat, pastinya prosesor, RAM maupun GPU akan berat kinerjanya sehingga panas yang ditimbulkan semakin tinggi pula.

Fitur GPS

Fitur pelacakan geolokasi ini juga besar potensinya untuk meningkatkan suhu dapur pacu HP android kita. Dimana seluluh komponen yang berkaitan dengan kinerja GPS akan melaksanakan fungsinya menjaga agar proses sistem tetap menunjukkan keakuratan data lokasi secara realtime kepada penggunanya.

Walhasil, ketika anda menggunakan aplikasi Maps dan juga menyalakan GPS untuk mendapat titik koordinat yang akurat maka temperatur HP akan semakin cepat naik. Menurut pengalaman admin sendiri, ketika melakukan perjalanan jauh dengan memanfaatkan Maps dan fitur GPS di android ternyata panasnya tidak tanggung-tanggung, sampai admin sendiri sebenarnya takut juga kalau HP rusak..hehe.

Itulah beberapa info mengenai beberapa fitur serta aplikasi di HP android yang bisa memicu panas berlebih pada komponen didalamnya yang bisa admin jabarkan kali ini, semoga bermamfaat.


Emoticon Emoticon